Cara Mudah Menghapus Akun WA di HP yang Hilang, Chat Rahasia Gak Bakal Kebongkar deh

Reporter : Yoyok
Selasa, 28 Mei 2024 15:24
Cara Mudah Menghapus Akun WA di HP yang Hilang, Chat Rahasia Gak Bakal Kebongkar deh
HP yang hilang sering kali bikin panik. Yang bikin panik adalah data atau chat yang terbilang rahasia. Begini cara menghapus akun WA di HP yang hilang.

Buat kamu yang suka lupa meletakkan barang, kamu perlu mengetahui cara menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang. Whatsapp atau WA kini sudah menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan banyak orang di seluruh dunia. Di Indonesia, penggunanya bahkan sudah sampai jutaan lho. Kamu dan orang sekitarmu tentu menggunakan WA untuk menjalin komunikasi.

Tidak jarang WA digunakan orang-orang untuk menjalin komunikasi rahasia atau bahkan menyimpan file penting, seperti dokumen pekerjaan atau sebagainya. Maka dar itu, kalau sampai HP hilang, tentu urusannya bisa panjang. Data-data yang ada di WA tentu perlu kamu amankan, bagaimana pun caranya.

Ternyata, kamu bisa lho menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang. Gak percaya? Berikut ini adalah beberapa cara menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang.

1 dari 4 halaman

Efek Kebocoran Data WA

cara hapus akun wa di hp yang hilang© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ketahui terlebih dahulu sebara fatal jika data pada WA bocor atau diketahui pihak yang tidak bertanggungjawab. Seperti sudah dibahas sebelumnya, WA telah menjadi alat komunikasi semua orang karena praktis dan mudah digunakan. Tidak jarang WA menjadi alat komunikasi berbagai hal penting dan tidak boleh bocor. Bisa jadi jika bocor akan disalahgunakan oleh seseorang. Berikut ini adalah beberapa dampak jika data pada WA bocor:

Pelanggaran Privasi

Informasi pribadi seperti pesan, foto, video, dan dokumen dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Data kontak, termasuk nomor telepon teman, keluarga, dan rekan kerja, juga bisa terekspos.

Penipuan dan Phishing

Informasi yang bocor dapat digunakan oleh penipu untuk melakukan serangan phishing, di mana mereka mengirimkan pesan palsu yang tampak sah untuk mencuri informasi lebih lanjut atau uang. Pelaku bisa berpura-pura menjadi kontak tepercaya dan meminta informasi sensitif atau uang.

Kompromi Keamanan Akun Lain

Data yang bocor dapat berisi informasi login atau petunjuk yang dapat digunakan untuk mengakses akun lain yang menggunakan informasi yang sama atau serupa. Ini bisa termasuk email, media sosial, dan layanan online lainnya.

Pencurian Identitas

Informasi pribadi yang bocor dapat digunakan untuk mencuri identitas seseorang, membuat akun palsu, atau melakukan aktivitas penipuan atas nama orang tersebut. Ini bisa berdampak pada reputasi dan menyebabkan kerugian finansial.

Kerugian Finansial

Informasi keuangan yang bocor, seperti detail kartu kredit atau data perbankan, dapat digunakan untuk melakukan transaksi ilegal. Pengguna mungkin mengalami kerugian finansial langsung dari pencurian dana.

Keamanan Perusahaan Terancam

Jika data perusahaan yang dikomunikasikan melalui WA bocor, ini bisa menyebabkan kerugian bisnis, termasuk kebocoran rahasia dagang, rencana strategis, dan informasi sensitif lainnya. Hal ini juga dapat merusak reputasi perusahaan dan menurunkan kepercayaan pelanggan.

Gangguan Psikologis

Pengguna mungkin mengalami stres, kecemasan, dan perasaan tidak aman setelah mengetahui bahwa informasi pribadi mereka telah bocor. Dampak psikologis ini bisa mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional pengguna.

HP yang hilang bisa menyebabkan kebocoran data yang tersimpa, termasuk di akun WA. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang.

2 dari 4 halaman

Blokir SIM Card

cara hapus akun wa di hp yang hilang© shutterstock.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang adalah dengan memblokir SIM card. Untuk melakukan hal ini, kamu perlu menghubungi operator seluler dari nomor yang digunakan untuk akun WA. Minta operator untuk memblokir nomor yang hilang bersamaan dengan HP.

Jika SIM card atau kartu SIM tersebut sudah diblokir, nantinya tidak bisa dilakukan verifikasi akun pada WA. Hal ini dikarenakan nomor HP telah diblokir jadinya tidak bisa menerima panggilan atau SMS sebagai proses verifikasi.

Namun, pengguna masih tetap bisa menggunakan WA lewat wifi. Maka dari itu, segera pulihkan SIM card baru dengan nomor yang sama secepatnya.

3 dari 4 halaman

Menonaktifkan Akun WA

cara hapus akun wa di hp yang hilang© shutterstock.com

Cara selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan akun WA. Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan subjek " Lost/Stolen: Please deactivate may account" atau dalam bahasa Indonesia seperti " Hilang / Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya" .

Nantinya, dalam email tersebut, kamu perlu mencantumkan nomor HP dalam format internasional menggunakan +62 di awalan nomor. Setelah itu, tunggu konfirmasi dari pihak WhatsApp untuk memastikan akun telah dinonaktifkan. Nantinya, setelah akun dinonaktifkan, semua kontak WA tetap bisa melihat profil serta melakukan chat selama 30 hari ke depan. Jika tidak kamu pulihkan dalam 30 hari tersebut, akun WA kamu akan terhapus permanen beserta semua data yang ada di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Cara Login Akun WA dengan SIM Card Baru

cara hapus akun wa di hp yang hilang© shutterstock.com

Sebelumnya disarankan bahwa sebaiknya segera menonaktifkan atau memblokir SIM card di nomor yang hilang. Lalu, segera urus SIM card baru dengan nomor yang sama.

Setelah kamu mendapatkan SIM card baru dengan nomor lama, kamu bisa login ke akun WhatsApp-mu. Namun, sebelum melkakukan ini, pastikan data WA sudah kamu backup di Google Drive, iCloud, atau OneDrive sebelum HP hilang. Lalu, tetap amankan akun dengan mengaktifkan PIN two-factor authentication (2FA).

Itulah cara untuk menghapus atau logout akun WA di HP yang hilang. Semoga data-data Diazens di WA HP yang hilang gak kebongkar ya.

Beri Komentar