Cara Mudah Menghapus Cache Instagram di HP Android dan iPhone

Reporter : Yoyok
Kamis, 30 Mei 2024 13:50
Cara Mudah Menghapus Cache Instagram di HP Android dan iPhone
Instargam yang sering digunakan tentu akan menghasilkan cache. Di sini akan dijabarkan cara menghapus cache pada Instagram di HP.

Masih banyak orang yang belum tahu cara menghapus cache pada aplikasi Instagram di HP. Seperti kita semua ketahui, Instagram telah menjadi salah satu media sosial berpengaruh di dunia karena penggunanya mencapai ratusan juta di seluruh dunia.

Ada banyak fitur di Instagram yang menarik untuk diaplikasikan. Seperti halnya story IG, Reels, highlight, hingga explore sekalipun. maka dari itu, jangan kaget jika seseorang bisa bertah berjam-jam scroll timeline Instagram.

Aplikasi yang sering digunakan atau dijalankan secara otomatis akan menghasilkan cache. Cache ini jika dibiarkan menumpuk akan mempengaruhi terhadap kinerja HP. Bisa jadi HP akan makin lemot atau error. Instagram yang sering digunakan secara otomatis juga akan menghasilkan cache.

Di sini akan dijabarkan cara menghapus cache Instagram, baik di HP Android maupun iPhone. Yuk disimak Diazens.

1 dari 5 halaman

Apa itu Cache Instagram?

cara hapus cache instagram© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita kenalan dulu dengan cache. Cache merupakan mekanisme penyimpanan sementara yang digunakan untuk mempercepat akses ke data yang sering diakses atau digunakan. Dalam konteks komputer dan teknologi informasi, cache dapat merujuk ke berbagai bentuk penyimpanan sementara yang ada pada berbagai level sistem, baik hardware maupun software.

Cache Instagram merujuk pada data sementara yang disimpan oleh aplikasi Instagram di perangkat pengguna. Cache ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan mempercepat waktu muat konten seperti gambar, video, dan profil yang sering diakses. Dengan menyimpan data sementara ini, Instagram dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengunduh ulang konten dari internet setiap kali pengguna membuka aplikasi atau mengunjungi kembali halaman yang sama.

2 dari 5 halaman

Manfaat Cache Instagram

cara hapus cache instagram© shutterstock.com

Cache ada untuk mempercepat kierja sebuah aplikasi. Kinerja Instagram di HP juga bisa berfungsi normal dan cepat karena adanya cache. Berikut ini adalah fungsi cache Instagram:

Peningkatan Kinerja

Cache memungkinkan aplikasi untuk memuat konten lebih cepat, karena data yang sering diakses sudah tersimpan di perangkat dan tidak perlu diunduh ulang dari server setiap kali.

Penghematan Data dan Bandwidth

Dengan menggunakan cache, Instagram dapat mengurangi jumlah data yang harus diunduh dari internet, yang sangat berguna bagi pengguna dengan kuota data terbatas atau koneksi internet lambat.

Pengalaman User yang Lebih Baik

Aplikasi yang lebih responsif dan cepat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, membuat pengguna lebih nyaman saat menjelajahi konten di Instagram.

3 dari 5 halaman

Cara Kerja Cache Instagram

cara hapus cache instagram© shutterstock.com

Berikut ini akan dijabarkan cara kerja atau fungsi cache Instagram, yaitu:

Penyimpanan Gambar dan Video

Saat kamu melihat foto atau video di Instagram, aplikasi menyimpan salinan file tersebut di cache. Ketika kamu mengunjungi kembali halaman atau profil yang sama, file tersebut dapat dimuat dari cache alih-alih mengunduh ulang dari server.

Penyimpanan Data Profil

Informasi profil seperti nama pengguna, foto profil, dan bio juga disimpan di cache untuk mempercepat akses saat kamu melihat profil seseorang.

Penyimpanan Data Aplikasi Lainnya

Data lain seperti feed berita, cerita (stories), dan pesan langsung (DM) juga dapat disimpan di cache untuk mempercepat akses dan pengiriman pesan.

Cache dalam sebuah aplikasi memang sangat penting. Namun, jika dibiarkan menumpuk, maka HP bisa saja lemot atau bug di mana-mana. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengelola keberadaan cache, apalagi Instagram. Berikut ini akan diuraikan cara menghapus cache Instagram di HP.

4 dari 5 halaman

Cara Menghapus Cache Instagram di HP Android

cara hapus cache instagram© shutterstock.com

Untuk menghapus cache Instagram, caranya berbeda antara HP Android dan iPhone. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan di HP Android:

1. Buka menu Settings di HP Android kamu.

2. Klik opsi Apps atau Apps & Notifications.

3. Cari Instagram pada daftar aplikasi yang terinstal di HP tersebut.

4. Setelah ketemu, klik lalu pilih opsi Storage.

5. Klik Delete Cache.

5 dari 5 halaman

Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone

cara hapus cache instagram© shutterstock.com/Tatiana Diuvbanova

Cara di atas tidak bisa kamu lakukan di iPhone. iPhone memiliki caranya sendiri dalam mengelola cache aplikasi. Berikut ini adalah cara menghapus cache Instagram di iPhone:

1. Klik ikon aplikasi Instagram di perangkat iOS pengguna dan tahan aplikasi hingga muncul menu.

2. Klik Delete App pada menu tersebut.

3. Klik Delete.

4. klik Delete App.

Itulah cara-cara menghapus cache Instagram yang bisa kamu lakukan di HP Android dan juga iPhone. Semoga habis ini scroll-scroll Instagram jadi gak lemot lagi ya.

Beri Komentar