4 Cara Mudah Menghapus History di Youtube, Jejak Digital Auto Tersapu Bersih

Reporter : Yoyok
Kamis, 27 Juni 2024 15:24
4 Cara Mudah Menghapus History di Youtube, Jejak Digital Auto Tersapu Bersih
Tidak sedikit orang-orang yang tidak ingin history Youtube-nya ketahuan. Tidak perlu khawatir, kamu bisa dengan mudah menghapus history Youtube lho.

Ada beberapa caara dalam menghapus history Youtube agar tidak ketahuan. Di zaman yang serba internet seperti sekarang ini, bukan hal yang mengagetkan lagi jika seseorang sudah lama berhenti menonton televisi. Hal ini dikarenakan di internet banyak informasi berbentuk audio visual yang banyak orang bilang kualitasnya lebih baik dari yang ada di televisi.

Platform Youtube menjadi salah satu tempat orang-orang menonton video berbagai tema. Di Youtube, kamu bisa menonton seseroang yang ssedang cerita tentang pengalaman horornya, selebriti yang tengah me-review makanan, dan abnyak sekali konten lainnya.

Youtube memiliki fitur history di mana jejak pencarian apa saja yang kamu tonton akan terekam atau tersimpan. Nyatanya, banyak orang di luar sana yang tidak ingin history Youtube-nya ketahuan. Namun, tidak sedikit juga yang tidak tahu untuk menghapus history Youtube tersebut.

Ada beberapa cara dalam menghapus history Youtube yang perlu kamu ketahui. menghapus history Youtube bisa kamu lakukan via PC maupun HP. Yuk disimak guys.

1 dari 3 halaman

Keuntungan Menghapus History Youtube

cara hapus history youtube© shutterstock.com

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, sebaiknya kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekuarangan menghapus history Youtube. Menghapus history Youtube tidak hanya untuk menghilangkan " jejak" aja lho, nantinya juga akan berdampak pada video-video yang bakal direkomendasikan. Berikut ini adalah deretan keuntungan menghapus history Youtube.

1. Privasi yang Lebih Baik: Menghapus riwayat tontonan dan pencarian dapat membantu melindungi privasi, terutama jika kamu berbagi perangkat dengan orang lain atau menggunakan device publik. Tentu ini akan sangat dibutuhkan untuk mereka yang tidak ingin ketahuan history Youtube-nya.

2. Rekomendasi yang Lebih Relevan: Dengan menghapus history tontonan, kamu bisa mengatur ulang rekomendasi video yang diberikan oleh YouTube. Ini bisa berguna jika kamu merasa rekomendasi yang diberikan tidak sesuai dengan minat dan keinginan saat ini.

3. Mengurangi Iklan yang Dipersonalisasi: YouTube dan Google menggunakan fitur history untuk menayangkan iklan yang lebih relevan. Menghapus history dapat mengurangi personalisasi iklan tersebut.

4. Memperbaiki Kinerja: Menghapus history secara berkala dapat membantu memperbaiki kinerja aplikasi YouTube, apalagi jika kamu memiliki history yang sangat panjang yang bisa memperlambat aplikasi.

5. Menghindari Jejak Digital: Menghapus history membantu mengurangi jejak digital, yang bisa berguna jika kamu ingin menjaga aktivitas online lebih anonim alias tidak diketahui.

6. Mengatur Konten untuk Anak-anak: Jika kamu menggunakan YouTube untuk anak-anak, menghapus history dapat membantu memastikan konten yang direkomendasikan tetap sesuai untuk usia si kecil.

2 dari 3 halaman

Kerugian Menghapus History Youtube

cara hapus history youtube© shutterstock.com

Jika ada keuntungan, tentu ada kerugian. Ada banyak hal yang merugikan ketika kamu menghapus history Youtube. Berikut ini adalah deretan kerugian menghapus history Youtube.

1.Personalisasi Berkurang: YouTube menggunakan history untuk merekomendasikan video yang mungkin kamu sukai. Dengan menghapus riwayat, rekomendasi yang diberikan akan menjadi kurang relevan dan personal.

2. History Pencarian Hilang: Semua pencarian yang telah kamu lakukan juga akan dihapus, yang berarti nantinya kamu harus mengetik ulang kata kunci yang sebelumnya telah dicari.

3. History Tontonan Hilang: Video yang pernah kamu tonton tidak lagi akan muncul dalam daftar " Riwayat Tontonan" , yang bisa menyulitkan jika ingin menemukan kembali video tersebut.

4. Pengaruh pada Algoritma: Algoritma YouTube mempelajari preferensimu dari history tontonan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Menghapus history akan membuat algoritma harus memulai dari awal lagi untuk mempelajari preferensimu.

5. Kehilangan Bookmark Alami: Kadang-kadang, pengguna menggunakan history tontonan sebagai cara untuk menandai video yang ingin ditonton lagi nanti. Dengan menghapus riwayat, " bookmark" alami ini juga akan menghilang.

3 dari 3 halaman

Cara Menghapus History Youtube

cara hapus history youtube© unsplash.com/Szabo Viktor

Kita seudah mengetahui beberapa keuntungan dan lerugian ketika menghapus history Youtube. Nah, sekarang kita masuk ke menu utama yaitu cara menghapus history Youtube. Dalam menghapus history Youtube, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan.

Cara Menghapus History Youtube Satu-satu

1. Buka situs Youtube di PC.

2. Di bagian kiri, klik opsi History. Nantinya akan muncul deretan video yang sudah kamu tonton.

3. Di tiap video tersebut terdapat ikon silang atau X yang berada di samping kanan. Dengan meng-klik ikon tersebut, kamu sudah menghapus video tersebut dari history-mu.

Cara Menghapus History Youtube secara Keseluruhan

1. Buka situs Youtube di PC.

2. Di bagian kiri, klik opsi History. Nantinya akan muncul deretan video yang sudah kamu tonton.

3. Di bagian kanan layar terdapat opsi Clear all watch history. Pilih opsi ini untuk mengahpus seluruh history yang ada di akun Youtube milikmu.

Cara Menghapus History Youtube dengan Mode Pause

1. Buka situs Youtube di PC.

2. Di bagian kiri, klik opsi History. Nantinya akan muncul deretan video yang sudah kamu tonton.

3. Di bagian kanan, terdapat opsi Pause watch history. Klik opsi tersebut.

4. Opsi Pause watch history nantinya akan membuat Youtube tidak akan menyimpan atau mereka history tontonanmu. jadinya, kamu tidak akan meninggalkan jejak saat menonton video di Youtube.

Cara Menghapus History Youtube secara Otomatis

1. Buka situs Youtube di PC.

2. Di bagian kiri, klik opsi History. Nantinya akan muncul deretan video yang sudah kamu tonton.

3. Di bagian kanan terdapat opsi Manage all history. Klik opsi Manage all history tersebut dan nantinya kamu akan diarahkan ke tab baru yaitu Youtube History.

4. Klik opsi Auto-delet yang ada di bagian tengah.

5. Klik jangka waktu pengapusan secara otomatis, seperti contoh dua bulan sekali. Nantinya history Youtube-mu akan terhapus secara otomatis setiap dua bulan sekali.

Itulah beberapa cara dalam menghapus history Youtube yang bisa kamu coba. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar