10 Cara Menghidupkan HP Mati Total Tanpa Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Selasa, 14 Mei 2024 11:45
10 Cara Menghidupkan HP Mati Total Tanpa Perlu Dibawa Ke Tukang Servis
Gak perlu ke ahlinya, kamu bisa memperbaiki sendiri HP yang mati total.

Ada banyak cara untuk menghidupkan HP yang dalam kondisi mati total. Biasanya, buat orang yang tidak tahu, akan terburu-buru untuk dibawa ke tukang servis. Sebenarnya tidak salah, namun jika sebenarnya persoalannya sepele, akan lebih baik jika bisa dibenerin sendiri.

HP sudah menjadi salah satu komoditi primer di zaman sekarang. Padahal, dulunya HP hanya gadget sekunder yang tidak perlu semua orang punya. Maka dari itu, orang bisa gampang panik jika HP mereka tiba-tiba rusak atau tidak bisa dinyalakan.

Ada banyak penyebab mengapa HP bisa mati total, baik karena software maupun hardware. Banyak alasannya, banyak juga cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara untuk menghidupkan HP mati total yang bisa kamu lakukan di rumah.

1 dari 6 halaman

Penyebab HP Mati Total

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com

Namun, sebelumnya, mari kita ketui terlebih dahulu beberapa penyebab HP bisa mati total. Seperti disebutkan sebelumnya, penyebabnya bisa karena masalah software maupun hardware. Berikut ini deretan penyebabnya:

- Terdapat bug dalam sistem operasi

- HP sudah tua

- Overheat

- Terkena virus

- Salah instal aplikasi maupun software

- Salah tindakan saat service

- Ada kerusakan fisik (komponen)

- Baterai habis atau rusak

- Konektor pada baterai bermasalah

- IC Power HP rusak

- Charger tidak kompatibel

2 dari 6 halaman

Cara Menghidupkan HP Mati Total

Recovery Mode

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan HP yang mati total yaitu dengan recovery mode. Dengan masuk ke dalam recovery mode, nantinya kamu akan menghapus file data dan cache. Berikut ini caranya:

1. Tekan dan tahan tombol power dan volume bersamaan.

2. Kemudian masuk ke menu Recovery Mode.

3. Pilih opsi Wipe.

4. Setelah itu Wipe Data dan Wipe Cache.

5. Setelah itu kalian bisa mengikuti proses yang muncul di layar.

6. Lalu matikan HP melalui Recovery Mode. Tunggu beberapa detik, nyalakan lagi.

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com

Factory Reset

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan HP mati total adalah dengan factory reset. Cara ini bisa kamu lakukan di recovery mode. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke recovery mode.

2. Pastikan HP kamu memiliki daya.

3. Pilih opsi " Factory Reset"

4. Pilih Yes, lalu " Delete All User Data"

5. Pilih opsi " Reboot System Now"

3 dari 6 halaman

Charge Baterai

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan HP yang mati total yaitu dengan mengisi atau charge baterai. Bisa jadi HP-mu mati total dan tidak bisa dihidupkan karena baterainya habis. Isi daya baterai selama beberapa menit akan ada daya di HP-mu. Jangan lupa untuk menggunakan charger original baik itu kepalanya maupun kabel yang digunakan.

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com

Gunakan Baterai Lain

Jika HP-mu baterainya bisa dilepas, maka kamu bisa menggunakan baterai lain untuk menghidupkannya. Bisa jadi yang bermasalah bukan perangkat HP, melainkan baterainya. Ini menjadi salah satu kelebihan HP yang baterainya bisa dilepas pasang.

4 dari 6 halaman

Pakai Charger Desktop

Kelebihan selanjutnya dari HP yang bisa dilepas baterainya adalah kamu bisa menggunakan charger desktop untuk mengisinya. Charger desktop sempat ngetren banget di periode 2000-an karena bisa menyala warna-warni saat digunakan. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal melepas baterai lalu pasang pada charger desktop kemudian colokkan pada stop kontak.

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com/Mehaniq

Flashing Sistem HP

Cara selanjutnya untuk menghidupkan HP mati total adalah dengan flashing. Cara ini dugunakan ketika HP gagal untuk menjalankan sistem operasi. Kamu bakal membutuhkan laptop atau komputer untuk melakukan cara ini. Kamu juga membutuhkan file sistem operasi karena nantinya akan digunakan untuk mengganti OS pada HP yang mati total.

5 dari 6 halaman

Hard Restart

Cara ketujuh untuk menghidupkan HP yang mati total yaitu dengan hard restart atau memaksa restart. Untuk melakukan cara ini, pastikan HP memiliki daya terlebih dahulu. Tekan volume bawah dan tombol secara bersamaan selama 10 detik sampai HP booting ulang.

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com

Cek Port Pengisian Daya

HP yang mati total bisa jadi karena por pengisian daya yang bermasalah. Bisa jadi port pengisian daya rusak atau kotor. Kalau kotor, kamu bisa membersihkannya dengan cotton bud atau sikat halus.

6 dari 6 halaman

Keringkan HP

Jika HP mati total karena basah atau tidak sengaja masuk ke dalam air, maka kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu. HP bisa saja langsung mati total karena basah dan air masuk ke dalam komponen HP. Diamkan HP selama beberapa saat atau kamu bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya. Atau, kamu bisa memasukkannya ke dalam beras.

cara hidupkan hp mati total© shutterstock.com

Ganti LCD

Tidak selalu layar yang tiba-tiba jadi hitam karena HP mati total, bisa jadi karena LCD yang bermasalah. Sebenarnya HP-mu masih bisa beroperasi hanya saja layar hanya hitam. Kalau sudah begini, kamu sebaiknya mengganti LCD.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan HP yang mati total. Semoga HP kalian segera menyala ya Diazens.

Beri Komentar