4 Cara Ampuh Kembalikan Data Memori Internal di HP

Reporter : Yoyok
Senin, 15 Juli 2024 15:05
4 Cara Ampuh Kembalikan Data Memori Internal di HP
Sering kali kita secara tidak sengaja menghapus data penting di memori internal. Namun, kalian tidak perlu khawatir, ada banyak cara mengatasinya.

Ada beberapa cara untuk kembalikan data di memori internal HP. Hp sudah menjadi salah satu gadget atau perangkat dengan jutaa penggunanya di dunia. Baik yang muda dan tua, pekerja swasta atau negeri, semua menggunakan HP yang dapat membantu segala aktivitas sehari-hari.

Tidak jarang HP digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan penting. Contohnya seperti mengerjakan laporan tahunan, menyimpan dokumen perusahaan, hingga meeting online lewat HP. Jangan kaget jika memori internal maupun eksternal pada HP akan penuh dengan file pekerjaan.

Tetapi, tidak sedikit juga yang teledor atau ceroboh ketika menyimpan file penting tersebut di memori internal. Sering kali file tersebut terhapus atau hilang di memori internal.

Mengenai masalah ini, sebenarnya bisa banget untuk diatasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus dari memori internal HP. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembalikan data di memori internal HP.

1 dari 5 halaman

Cara Kembalikan Data Memori Internal di HP via Recycle Bin

cara kembalikan data memori internal© shutterstock.com

Cara pertama yaitu kamu bisa menggunakan fitur Recycle Bin di HP. Tidak hanya PC atau laptop, HP juga memiliki fitur Recycle Bin.

Fungsi fitur Recycle Bin di HP juga sama saja dengan yang di laptop. Berikut ini adalah cara kembalikan data memori internal via Recycle Bin:

1. Buka Gallery di HP, lalu pilih folder Deleted Items di bagian paling bawah.

2. Buka folder tersebut dan cari foto atau video yang datanya ingin kamu pulihkan. Cara ini bisa dilakukan untuk file yang berbentuk foto atau video.

3. Cara kedua yaitu pertama-tama buka File Manager di HP. Cari folder dengan ikon yang berbentuk tempat sampah.

4. Buka folder tersebut dan cari file yang ingin kamu pulihkan. Cara ini bisa dilakukan untuk file yang berbntuk dokumen seperti PDF atau Word sekalipun.

2 dari 5 halaman

Cara Kembalikan Data Memori Internal di HP via Aplikasi Recovery

cara kembalikan data memori internal© shutterstock.com

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Recovery. Sesuai dengan namanya, aplikasi Recovery berfungsi untuk mengembalikan file yang terhapus di memori internal HP.

Ada banyak aplikasi Recovery yang bisa kamu gunakan, seperti Dr.Fone - Data Recovery, EaseUS MobiSaver, DiskDigger Photo Recovery, dan lain sebagainya. Ada juga software Recovery yang juga bisa kamu gunakan, seperti Tenorshare UltData atau Recuva.

3 dari 5 halaman

Cara Kembalikan Data Memori Internal di HP via ADB

cara kembalikan data memori internal© shutterstock.com

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan ADB atau Android Debug Bridge. Android Debug Bridge merupakan fitur yang berfungsi sebagai command line. Nantinya kamu akan menggunakan command prompt di komputer untuk memulihkan file yang hilang di memori internal.

Berikut ini adalah tata cara mengembalikan data di memori internal HP dengan ADB:

1. Buka Settings, lalu pilih opsi About phone.

2. Klik Build number bebeapa kalik hingga Developer Mode aktif.

3. Ketika sudah aktif, aktifkan USB Debugging di opsi Developer options.

4. Instal ADB di situs resmi Android Developer.

5. Sambungkan HP ke laptop atau PC menggunakan kabel data.

6. Gunakan perintah " adb pull" untuk meng-copy data dari HP ke komputer. File yang terhapus pun juga bisa kamu copy.

4 dari 5 halaman

Cara Kembalikan Data Memori Internal di HP via Fitur Backup

cara kembalikan data memori internal© shutterstock.com

Ada satu fitur yang diciptakan untuk mengatasi kehilangan data pada HP, yaitu backup. Fitur backup ini digunakan untuk menyimpan atau meng-copy data-data yang ada di HP. Tentu saja fungisnya agar data masih tetap aman ketika hilang atau terhapus. Kamu bisa melakukan backup data di memori internal.

Beberapa aplikasi besar seperti Google dan WhatsApp memiliki fitur backup sendiri. Beberapa brand HP juga memiliki fitur backup sendiri yang bisa kamu manfaatkan.

Tapi ingat, cara ini dapat dilakukan ketika kamu sudah melakukan backup data di memori internal sebelumnya. Jika belum pernah, maka cara ini tidak bisa dilakukan.

5 dari 5 halaman

Tips Mencegah Data Memori Internal yang Hilang

cara kembalikan data memori internal© shutterstock.com

Kehilangan data di memorin internal memang bisa bikin kepala pusing tujuh keliling. Apalagi jika yang hilang adalah file penting untuk pekerjaan atau milik perusahaan.

Maka dari itu, daripada memulihkan, lebih baik untuk mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mencegah kehilangan data di memori internal HP.

Rajin Melakukan Backup Data

Melakukan backup data secara rutin adalah cara terbaik untuk mencegah kehilangan data. Kamu bisa melakukan backup data di Google Drive atau aplikasi backup lainnya.

Gunakan Penyimpanan Cloud

Simpan data penting di layanan cloud yang dapat diakses dari berbagai perangkat. Ada beberapa layanan cloud yang bisa kamu manfaatkan, seperti Google Photos, Dropbox, OneDrive, atau iCloud.

Gunakan Kartu SD Eksternal

Jika memungkinkan, simpan data penting di kartu SD yang bisa dengan mudah di-backup dan dipulihkan.

Hati-Hati dengan Aplikasi yang Tidak Terpercaya

Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya yang dapat merusak atau menghapus data di HP. Gunakan hanya aplikasi dari Google Play Store atau sumber terpercaya lainnya.

Hindari Rooting atau Jailbreaking

Rooting atau jailbreaking HP dapat membuka kerentanan keamanan dan menyebabkan kehilangan data. Jika perlu dilakukan, pastikan kamu memahami risikonya dan melakukan backup penuh terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara dalam mengembalikan data memori internal yang hilang di HP. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar