6 Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di Berbagai Aplikasi Pada HP Android dan iPhone

Reporter : Yoyok
Sabtu, 13 Juli 2024 16:19
6 Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di Berbagai Aplikasi Pada HP Android dan iPhone
Olahraga lari atau berjalan kini tengah digemari. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi langkah kaki saat berjalan.

Ada beberapa cara dalam melacak lanhgkah kaki di HP lewat aplikasi olahraga. Seperti kita semua sadari, semua orang kini sudah melek akan kesehatan diri sendiri. Tidak sedikit mereka yang latihan beberapa olahraga sekaligus agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

Salah satu olahraga yang kini sedang digemari adalah lari. Bahkan, olahraga sederhana satu ini bisa dipamerkan di media sosial dan semuanya saling beradu jarak lari lho. Ada juga joki Strava yang nantinya akan membantumu mencapai jarak tertentu di aplikasi lari tersebut, tanpa perlu bersusah payah.

Pada aplikasi olahraga atau lari seperti Strava, nantinya akan dihitung jarak yang sudah kamu tempuh, kecepatan, hingga jumlah langkah kaki. Apa pentingnya mengetahui jumlah langkah kaki? Penting banget lho Diazens. Berikut ini adalah cara melacak langkah jalan kaki dengan menggunakan aplikasi di HP.

1 dari 4 halaman

Manfaat Mengetahui Jumlah Langkah Kaki saat Lari

Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di HP© unsplash.com/Ev

Seperti disebutkan sebelumnya, mengetahui jumlah langkah kaki saat berolahraga lari itu banyak manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengetahui jumlah langkah kaki saat berlari.

1. Memantau Aktivitas Fisik: Mengetahui jumlah langkah membantumu dalam memantau seberapa aktif kamu sepanjang hari dan memastikanmu mencapai target aktivitas fisik harian yang direkomendasikan, seperti 5.000 langkah per hari.

2. Mengelola Berat Badan: Mengetahui jumlah langkah dapat membantumu mengontrol kalori yang terbakar dan memantau program penurunan atau pemeliharaan berat badan.

3. Motivasi dan Target Pribadi: Mengatur dan mencapai target langkah harian dapat memberikan motivasi tambahan untuk tetap aktif dan meningkatkan tingkat kebugaran.

4. Pemantauan Progres Latihan: Mengetahui jumlah langkah memungkinkanmu untuk melacak perkembangan latihan dari waktu ke waktu dan melihat peningkatan dalam kebugaran dan stamina.

5. Menilai Efisiensi Lari: Data jumlah langkah dapat digunakan untuk menganalisis gaya lari dan efisiensi. Misalnya, pelari dapat mengevaluasi langkah per menit untuk memastikan mereka berlari dengan efisiensi optimal.

6. Mengurangi Risiko Cedera: Dengan memantau langkah dan gaya lari, bisa mengenali pola yang mungkin menyebabkan cedera dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai.

7. Mengatur Intensitas Latihan: Mengetahui jumlah langkah dan jarak yang ditempuh membantumu mengatur intensitas latihan, memastikan tidak terlalu berlebihan dan memberi waktu untuk pemulihan yang cukup.

8. Keseimbangan dan Koordinasi: Mengikuti jumlah langkah dapat membantu memperhatikan keseimbangan dan koordinasi tubuh, yang penting untuk mencegah jatuh dan cedera, terutama pada orang tua.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Aplikasi Pelacak Langkah Kaki

Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di HP© unsplash.com/Gabin Vallet

Sebelum membahas lebih jauh lagi, pertama-tama kamu perlu untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi pelacak langkah kaki. Kamu tidak bisa menggunakannya dengan cara ditinggalkan lho. Berikut ini caranya.

1. Pertama-tama, aktifkan terlebih dahulu aplikasi pelacak langkah kaki yang digunakan.

2. Setelah itu, Simpan HP dalam saku yang posisinya berada di atas pinggang. kamu bisa menggunakan sling bag yang diposisikan di atas pinggang.

3. Sekarang, cobalah untuk berjalan, maka HP akan menghitung langkah kamu yang kamu buat.

4. Hasil aplikasi akan lebih akurat dan data yang dikumpulkan akan lebih banyak ketika kamu menggunakan perangkat pendukung lin, seperti halnya smartwatch.

3 dari 4 halaman

Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di Berbagai Aplikasi HP

Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di HP© unsplash.com/Fitsum Admasu

Ada beberapa aplikasi olahraga atau lari yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi atau melacak jumlah langkah kaki saat berjalan. Cara-cara berikut bisa diterapkan untuk kamu pengguna HP Android atau iPhone.

Google Fit

1. Buka Aplikasi Google Fit atau jika belum ada instal terlebih dahulu lewat Google Play Store.

2. Buka aplikasi tersebut lalu ikuti petunjuk untuk membuat profil.

3. Google Fit nantinya akan secara otomatis mulai melacak langkah kakimu menggunakan sensor gerak di HP.

Apple Health

1. Untuyk para pengguna iPhone, buka aplikasi Health yang berada di layar utama.

2. Pilih tab Summary.

3. Aplikasi Health nantinya akan secara otomatis melacak langkah kaki menggunakan sensor bawaan iPhone.

4. Kamu bisa menambahkan lebih banyak data dengan menghubungkan perangkat atau aplikasi lain yang mendukung HealthKit, seperti halnya Apple Watch.

4 dari 4 halaman

Cara Melacak Langkah Jalan Kaki di HP© unsplash.com/Jozsef Hocza

Samsung Health

1. Download dan Instal aplikasi Samsung Health di Google Play Store. Aplikasi satu ini khusus untuk para pengguna HP Samsung.

2. Buka aplikasi dan buat profil atau masuk dengan akun Samsung yang sudah kamu miliki.

3. nantinya aplikasi Samsung Health akan secara otomatis melacak atau menghitung langkah kakimu saat berlari.

Strava

1. Pertama-tama, instal aplikasinya di Play Store maupun App Store.

2. Lalukan pendaftarn atau sign up. Nantinya kamu akan diminta nama, jenis kelamin, serta tanggal lahir.

3. Klik ikon roda gigi yang berada di pojok kanan atas menu profil. Di sini kamu bisa mengatur segala aktivitas di Strava, baik itu aplikasi atau perangkat yang terkoneksi, notifikasi, dan pengaturan privasi.

4. Setelah Strava sudah kamu sesuaikan, maka kamu bisa olahraga. Layar HP akan menampilan GPS Signal Acquired yang terdiri dari waktu (Time), kecepatan rata-rata (Average Speed), serta jarak (Distance).

5. Tidak hanya olahraga lari, kamu bisa menggunakan aplikasi Strava untuk bersepeda atau berenang.

MyFitnessPal

1. Instal aplikasi di Google Play Store atau App Play Store.

2. Buka aplikasi tersebut dan buat akun.

3. Kamu bisa menghubungkan MyFitnessPal dengan Google Fit atau Apple Health untuk melacak langkah kaki.

4. Tidak hanya berguna untuk melacak langkah kaki, MyFitnessPal juga bisa digunakan untuk menghitung kalori, tracker untuk minum air putih, serta berbagai fungsi kesehatan lainnya.

Itulah beberapa cara langkah jalan kaki di HP lewat berbagai aplikasi. Semoga mulai hari ini Diazens jadi makin sehat ya.

Beri Komentar