Cara Melihat Aplikasi Menguras Baterai, Dijamin Bikin Baterai Lebih Awet

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 Januari 2024 13:30
Cara Melihat Aplikasi Menguras Baterai, Dijamin Bikin Baterai Lebih Awet
Apa sih penyebab dan bagaimana cara melihat aplikasi menguras baterai? Lalu apa tips agar aplikasi tidak menguras baterai? Yuk simak penjelasannya di bawah ini, Diazens.

Terkadang baterai di ponsel kamu akan lebih cepat habis dibandingkan biasanya. Apabila ponsel kamu mati ketika kamu sedang sangat membutuhkannya, maka hal itu akan membuat sangat frustasi dan menjengkelkan. Untuk itu kamu perlu tahu penyebab dan cara melihat aplikasi menguras baterai agar kamu tidak perlu khawatir ponselmu akan mati secara tiba-tiba.

Beberapa aplikasi mungkin saja akan menghabiskan baterai pada ponsel kamu karena aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan daya yang besar. Kamu bisa meminimalisir untuk menghemat baterai dengan menggunakan beberapa tips agar aplikasi tidak menguras begitu banyak baterai.

Lantas, apa penyebab aplikasi menguras baterai? Bagaimana cara melihat aplikasi yang menguras baterai dan tips agar aplikasi tidak menguras baterai? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang aplikasi yang bisa menguras baterai ponsel kamu dengan cepat.

1 dari 6 halaman

Penyebab Aplikasi Menguras Baterai

Aplikasi Menguras Baterai

Terdapat beberapa penyebab aplikasi menguras baterai ponsel kamu dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu mengetahuinya agar bisa meminimalisir penyebabnya agar baterai pada ponsel kamu menjadi tidak cepat habis.

Berikut adalah penyebab aplikasi menguras baterai:

Layanan lokasi

Aplikasi apapun yang menggunakan layanan lokasi akan sangat menguras baterai. Ponsel kamu memiliki kemampuan untuk mengetahui lokasi dengan GPS, namun jika kamu menggunakan navigasi terlalu lama maka baterai kamu akan lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

Background activity

Beberapa aplikasi akan terus bekerja untuk mengumpulkan informasi, memberi pemberitahuan tepat waktu, mengumpulkan data, dan masih banyak lagi. Namun jika terus membiarkan aplikasi terus melakukan sesuatu di background, maka sama saja dengan menguras baterai.

Terlalu banyak notifikasi

Aplikasi yang terus menerus mengirimkan notifikasi akan sangat menguras baterai ponsel kamu karena memberikan notification push yang menyebabkan kamu akan lebih sering menggunakan ponsel.

2 dari 6 halaman

Widgets

Widgets sangat disukai karena memungkinkan kamu untuk mengakses dan berinteraksi kecil dengan informasi di layar beranda ponsel. Namun widget memerlukan banyak pembaruan dan background data sehingga sangat menguras baterai.

Penggunaan secara terus menerus aplikasi yang memerlukan banyak daya

Penggunaan secara terus menerus pada suatu aplikasi tentu akan sangat menguras baterai, misalnya jika kamu membuat TikTok selama berjam-jam atau bermain game dengan grafis yang memukau. Menggunakan aplikasi secara terus menerus akan membuat layar ponsel kamu aktif dalam jangka waktu yang lama.

3 dari 6 halaman

Cara Melihat Aplikasi Menguras Baterai

Aplikasi Menguras Baterai

Kamu juga bisa melihat aplikasi yang menguras baterai pada ponsel kamu dengan cepat. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi penggunaan daya pada aplikasi tersebut dan membuat baterai ponselmu menjadi lebih tahan lama. Cara melihat aplikasi menguras baterai bisa kamu lakukan di ponsel Android dan juga iPhone

Berikut adalah cara melihat aplikasi menguras baterai di Android:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Android kamu.
  • Kemudian pilih menu ‘Baterai’.
  • Selanjutnya pilih opsi ‘Penggunaan baterai’.

Selain bisa mengeceknya di Android, tentu kamu juga bisa mengeceknya di iPhone. Berikut adalah cara melihat aplikasi menguras baterai di iPhone

  • Buka menu Pengaturan di ponsel iPhone kamu.
  • Kemudian pilih menu ‘Baterai’.
  • Selanjutnya pilih opsi ‘Penggunaan baterai oleh aplikasi’.
  • Lalu klik ‘Perlihatkan aktivitas’.

4 dari 6 halaman

Tips Agar Aplikasi Tidak Menguras Baterai

Aplikasi Menguras Baterai

Setelah mengetahui penyebab dan cara melihat aplikasi menguras baterai, tips ini akan membantumu untuk memelihara daya tahan baterai pada ponsel kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir baterai ponsel kamu akan habis secara tiba-tiba ketika kamu sedang sangat membutuhkannya. 

Berikut adalah tips agar aplikasi tidak menguras baterai:

Batasi push notifications

Push notifications menyebabkan terlalu banyak notifikasi yang masuk di ponsel kamu dan bisa sangat menguras baterai. Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu batasi notifikasinya dengan buka Pengaturan > Notifikasi) > Notifikasi aplikasi, daftar aplikasi akan muncul dan kamu bisa pilih aplikasi yang ingin kamu batasi notifikasinya.

Sesuaikan pengaturan layanan lokasi

Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan layanan lokasi agar kamu tidak mengaktifkan fitur navigasi secara terus menerus yang akan menguras baterai. Caranya adalah dengan buka Pengaturan lalu pilih menu Lokasi, kemudian kamu bisa langsung menonaktifkannya.

Kurangi background activity

Kemudian beberapa aplikasi masih akan tetap bisa berjalan di belakang yang disebut dengan background activity, background activity akan sangat menguras baterai ponsel kamu. Kamu bisa menonaktifkan background activity dengan buka Pengaturan > Baterai > Optimalkan sekarang.

5 dari 6 halaman

Sesuaikan kecerahan dan batas waktu layar

Lalu ponsel yang terlalu cerah biasanya akan menguras baterai dengan cepat, kamu bisa menurunkan kecerahan ke tingkat yang lebih rendah atau menggunakan tema gelap. Selain itu, kamu juga bisa mengatur lama waktu ponsel tetap menyala sebelum akhirnya tertidur secara otomatis, kamu bisa mengaturnya selama 30 detik hingga semenit

Lindungi ponsel kamu dari suhu ekstrem

Selanjutnya suhu yang terlalu panas atau dingin juga akan menyebabkan baterai ponsel kamu cepat berkurang. Meletakkan baterai di suhu ekstrem juga bisa menyebabkan baterai ponsel meledak.

Periksa secara berkala pembaruan sistem operasi ponsel

Kamu juga sebaiknya memeriksa pembaruan sistem operasi ponsel secara berkala untuk memperbaruinya secara teratur. Memperbarui sistem operasi ponsel bisa membantu memperbaiki bug pada ponsel kamu agar kamu lebih nyaman ketika menggunakannya.

Aktifkan mode penghemat baterai

Kemudian yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan mengaktifkan mode penghemat baterai. Kamu perlu tahu bahwa mengaktifkan mode penghemat baterai akan menurunkan kinerja, namun kamu bisa mengaktifkannya jika sangat terdesak hingga kamu bisa mengisi daya ponsel kembali. 

Nah, itu tadi penjelasan paling lengkap tentang aplikasi menguras baterai di ponsel kamu. Semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar