4 Cara Ampuh Membersihkan Local Disk C yang Penuh, Auto Gak Lemot deh

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 22 Mei 2024 18:22
4 Cara Ampuh Membersihkan Local Disk C yang Penuh, Auto Gak Lemot deh
Sering kali kita tidak menyadari jika Local Disk C di komputer sudah penuh.

Buat kamu yang sering menggunakan komputer, tentu harus tahu cara membersihkan Local Disk C. Komputer atau laptop sudah menjadi salah satu perangkat utama dalam bekerja. Tidak hanya itu, komputer atau laptop juga bisa menjadi media hiburan seperti game.

Karena keasyikan menggunakan komputer, kita jadi tidak sadar saat memori penyimpanan Local Disk C penuh. Padaha, banyak kerugian jika Local Disk C penuh lho.

Maka dari itu, Local Disk C perlu untuk dibersihkan secara menyeluruh. Untuk membersihkan Local Disk C tidak bisa hanya dengan asal delete saja. Begini lho cara membersihkan Local Disk C yang benar dan menyeluruh.

1 dari 5 halaman

Efek Buruk Local Disk C Penuh

cara membersihkan local disk c© shutterstock.com

Ada banyak dampak buruk jika memori penyimpanan Local Disk C penuh, yang nantinya akan berimbas pada kinerja perangkat. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk jika Local Disk C sampai penuh:

Penurunan Performa

Sistem operasi membutuhkan ruang bebas untuk beroperasi dengan baik. Jika Local Disk C penuh, performa keseluruhan komputer bisa menurun drastis. Ini bisa menyebabkan aplikasi berjalan lebih lambat, waktu booting lebih lama, dan sistem menjadi tidak responsif.

Gagal Menginstal Pembaruan

Pembaruan sistem operasi dan aplikasi sering memerlukan ruang penyimpanan yang cukup. Jika Local Disk C penuh, pembaruan mungkin gagal diunduh atau diinstal, yang bisa meninggalkan sistem rentan terhadap ancaman keamanan dan bug.

Masalah dengan Aplikasi

Banyak aplikasi, terutama yang memerlukan banyak ruang untuk menyimpan data sementara, cache, atau file instalasi, mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan gagal dijalankan jika tidak ada cukup ruang di drive C.

Gagal Menyimpan atau Membuat File Baru

Anda mungkin tidak dapat menyimpan file baru atau membuat dokumen baru jika tidak ada ruang yang cukup. Ini bisa menghambat produktivitas, terutama jika Anda bekerja dengan file besar seperti video, gambar, atau proyek desain.

Crash atau Freeze pada Sistem

Kekurangan ruang penyimpanan bisa menyebabkan sistem operasi mengalami crash atau freeze. Ini bisa sangat mengganggu dan berpotensi menyebabkan kehilangan data yang belum disimpan.

Masalah dengan Memori Virtual

Windows menggunakan ruang di drive C sebagai memori virtual (paging file). Jika ruang di drive C terbatas, ini bisa menyebabkan masalah dengan pengelolaan memori virtual, yang berujung pada performa yang buruk dan aplikasi yang sering crash.

Maka dari itu, Local Disk C perlu dibersihkan secara berkala dan menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan Local Disk C yang penuh:

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Local Disk C di Recycle Bin

cara membersihkan local disk c© shutterstock.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan Local Disk C yaitu dengan menghapus file di Recycle Bin. Fila atau dokumen yang dihapus nantinya akan masuk ke Recycle Bin. Kalau masuk ke Recycle Bin, maka file otomatis terseimpan di Local Disk C. berikut ini caranya:

1. Masuk ke desktop, klik Recycle Bin yang posisinya biasanya berada di pojok kiri atas.

2. Dalam Recycle Bin, cari dan klik menu Empty Recycle Bin yang berada di pojok kiri atas

3. Klik Yes, maka proses penghapusan file akan berlangsung.

3 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Local Disk C dengan Disk Cleanup

cara membersihkan local disk c© shutterstock.com

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Disk Cleanup. Disk Cleanup nantinya bakalan menghapus file cache, file di Recycle Bin, temporary files, dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan Disk Cleanup, proses pembersihan Local Disk C akan jadi jauh lebih menyeluruh. Berikut ini adalah cara menggunakan Disk Cleanup:

1. Buka File Explorer terlebih dulu. Lalu klik kanan pada drive C dan pilih menu Properties.

2. Selanjutnya, klik Disk Cleanup. Setelah itu, tunggu proses kalkulasi data yang ada di drive C.

3. Kemudian centang file yang ingin dihapus dan klik tombol OK.

4. Akan muncul kotak dialog untuk mengkonfirmasi penghapusan. Kamu bisa klik Delete Files untuk menghapusnya.

4 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Local Disk C dengan Menghapus Temporary Files

cara membersihkan local disk c© shutterstock.com

Dari namanya saja kita tahu bahwa temporary files bersifat sementara. Temporary files merupakan file yang bersifat sementara yang ada di PC, biasanya tersimpan di Local Disk C. Jenis file ini akan terbentuk ketika kamu menjalani sebuah aktivitas dalam program tertentu.

Pada umumnya, setelah kamu melakukan aktivitas tersebut, temporary files akan auto terhapus. Namun, ada juga yang tidak. Berikut ini adalah cara menghapusnya:

1. Buka Windows Run dengan menekan tombol shortcut Windows+R.

2. Selanjutnya ketik %Temp% dan tekan Enter.

3. Setelah itu, tekan tombol Ctrl+A untuk memilih semua file.

4. Terakhir, klik kanan file dan pilih menu Delete.

5 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Local Disk C dengan Fitur Storage Sense

cara membersihkan local disk c© shutterstock.com

Storage Sense merupakan fitur yang tersedia pada Windows 10 dan 11 yang berfungsi untuk menghapus file sampah. Fitur ini bisa kamu jalankan secara manual maupun otomatis dengan mengatur jadwal penghapusan file. Berikut ini cara menggunakan Storage Sense:

1. Tekan tombol Windows+I untuk membuka Windows Settings.

2. Klik pada menu System lalu pilih Storage.

3. Untuk mengkonfigurasi Storage Sense, pilih Change how free up space automatically.

4. Silahkan kamu aktifkan Storage Sense dengan menggeser opsinya ke On. Kemudian centang opsi Delete temporary files that my apps aren’t using.

5. Pilih juga waktu hapus file. Misalnya kami memilih untuk menghapus file setiap 20 hari.

6. Terakhir, klik Clean Now untuk mulai membersihkan drive C di komputer atau laptop kamu.

Itulah beberapa cara dalam membersihkan Local Disk C yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga membantu ya Diazens.

 

Beri Komentar