Cara Membuat Highlight Instagram Tanpa Perlu Bikin Story Terlebih Dahulu

Reporter : Yoyok
Rabu, 29 Mei 2024 17:01
Cara Membuat Highlight Instagram Tanpa Perlu Bikin Story Terlebih Dahulu
Highlight atau sorotan Instagram ternyata mudah banget lho bikinnya. Begini nih cara membuat highlight Instagram tanpa bikin story.

Ternyata banyak orang yang masih belum tahu cara membuat highlight Instagram tanpa membuat story. Instagram telah menjadi media sosial dengan penggunanya yang mencapai jutaan di seluruh dunia. Banyak fitur di Instagram yang menarik perhatian netizen atau orang-orang untuk menggunakannya. Seperti halnya posting foto, video, hingga story.

Story di Instagram sering digunakan orang-orang untuk update aktivitas atau kegiatan dalam sehari. Sifat story yang hanya bertahan selama 24 jam nyatanya yang menarik perhatian orang-orang. Apalagi ada tambahan fitur highlight atau sorotan di mana kamu bisa mengumpulkan story jadi satu dan tidak akan hilang meski sudah 24 jam.

Kamu sebenarnya tidak perlu membuat story dulu untuk membuat highlight. Berikut ini adalah cara membuat highlight Instagram tanpa membuat story terlebih dahulu.

1 dari 4 halaman

Keuntungan Membuat Highlight Instagram

cara membuat highlight instagram tanpa membuat story© shutterstock.com/Kaspars Grinvalds

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ketahui sisi baik atau kelebihan membuat sebuah highlight Instagram. Highlight merupakan kumpulan story kamu yang selama ini tersimpan maupun yang baru saja dibuat. Highlight tentu akan sangat menguntungkan dari segi promosi, terutama public figure yang ingin menyimpan kenangan atau memori dan dilihat oleh fansnya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki highlight Instagram:

Memperpanjang Umur Story

Story di Instagram biasanya hanya bertahan selama 24 jam. Dengan highlight, story-story penting bisa disimpan dan dilihat kapan saja, sehingga informasi atau momen spesial bisa diakses oleh followers lebih lama.

Organisasi Konten yang Lebih Baik

Highlight memungkinkan kamu mengelompokkan story berdasarkan tema atau kategori, seperti produk, tutorial, acara, atau momen spesial. Ini membantu followers dalam menemukan konten tertentu dengan lebih mudah.

Meningkatkan Branding

Pelau bisnis dapat menggunakan highlight untuk menampilkan produk, layanan, atau proyek mereka dengan cara yang menarik. Ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan memberikan kesan profesional.

Memperkuat Identitas Pribadi atau Bisnis

Kamu bisa menampilkan story yang menggambarkan siapa dirimu atau apa yang usahamu tawarkan. Ini membantu dalam membangun dan memperkuat identitas digitalmu di platform tersebut.

Menyediakan Informasi Penting

Highlight dapat digunakan untuk menyimpan informasi penting seperti FAQ, jadwal acara, tutorial, daftar menu makanan beserta harganya atau pengumuman khusus, sehingga followers bisa mengakses informasi ini kapan saja.

Meningkatkan Engagement

Dengan membuat highlight yang menarik dan informatif, kamu dapat meningkatkan interaksi dengan followers. Mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di profilmu, mengeksplorasi berbagai highlight yang ada.

Mengoptimalkan Profil

Highlight dapat menambah daya tarik visual pada profilmu, membuatnya terlihat lebih lengkap dan menarik. Pengaturan highlight yang rapi dan estetis bisa memberikan kesan positif pada pengunjung profil.

Menyimpan Kenangan

Highlight memungkinkanmu untuk menyimpan dan memamerkan kenangan berharga atau momen spesial yang pernah kamu posting dalam story. Ini membuat profil Instagram-mu lebih personal dan bermakna, baik untuk diri sendiri maupun followers.

Mempermudah Navigasi bagi Pengunjung Baru

Pengunjung baru di profilmu bisa mendapatkan gambaran cepat tentang kamu atau bisnismu dengan melihat highlight. Ini membantu mereka memahami apa yang kamu tawarkan atau siapa dirimu dengan cepat dan efisien.

Menarik Followers Baru

Konten highlight yang menarik dan informatif dapat memikat pengunjung baru untuk mengikuti atau menjadi followers akunmu, karena mereka bisa melihat kualitas dan konsistensi konten yang dibagikan.

Memberikan Tutorial atau Panduan

Highlight bisa digunakan untuk menyimpan tutorial, panduan, atau tips yang bermanfaat bagi followers. Ini tidak hanya memberikan nilai tambah tetapi juga meningkatkan keterlibatanmu dengan audiens.

Mengoptimalkan Penggunaan Hashtag dan Lokasi

Story yang disimpan dalam highlight tetap mempertahankan hashtag dan lokasi yang digunakan. Ini berarti konten tersebut masih bisa ditemukan melalui pencarian hashtag atau lokasi, memperpanjang jangkauan dan visibilitas konten.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Highlight Instagram Tanpa Bikin Story

cara membuat highlight instagram tanpa membuat story© shutterstock.com

Tidak banyak yang tahu kalau kamu bisa membuat highlight Instagram tanpa perlu membuat story terlebih dahulu. Jika story yang akan dimasukkan ke dalam highlight tersebut banyak, tentu nantih jatuhnya malah spam dan menjadi sorotan followers kamu.

Berikut ini adalah cara membuat highlight Instagram tanpa perlu membuat story terlebih dahulu biar tidak dikiar spam:

1. Atur akun Instagram menjadi privat atau gembok.

2. Buat IG Story seperti biasa. Namun, kamu bisa pergi ke opsi ‘Settings’ sebelum mengunggah atau merekam Instagram Story.

3. Pada halaman pengaturan Story, klik ‘Hide story from’.

4. Beri tanda centang di samping followers kamu untuk menyembunyikan Story dari mereka.

5. Setelah seluruh followers sudah disembunyikan dari postingan Story, kamu bisa meng-upload Story berisi konten yang akan kamu tambahkan ke sorotan.

6. Setelah 24 jam, tambahkan Story tersebut ke highlight Instagram.

7. Selanjutnya, kamu bisa mengembalikan pengaturan Story seperti semula.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Highlight Instagram

cara membuat highlight instagram tanpa membuat story© shutterstock.com

Cara membuat highlight Instagram pun juga gampang banget lho. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, buatlah Instagram Story seperti biasanya di akunmu.

2. Saat IG Story tersebut sudah ter-upload, klik opsi " Hide" di bagian bawah.

3. Kamu bisa memberi nama atau judul dari highlight Instagram tersebut.

4. Setelah kamu beri nama, klik tombol " Add" , maka highlight Instagram tersebut akan muncul di bagian profil.

4 dari 4 halaman

Cara Menambah Story di Highlight Instagram

cara membuat highlight instagram tanpa membuat story© shutterstock.com

Cara menambah story di highlight Instagram juga gampang banget lho Diazens. Berikut ini caranya:

1. Buka profil akun Instagram kamu, lalu klik highlight yang ingin ditambahkan story.

2. Klik ikon tiga titik, lalu pilih opsi " Edit Highlight" untuk mengatur highlight tersebut.

3. Nantinya di opsi ini kamu bisa mengganti cover hingga menambahkan story di highlight tersebut.

Itulah cara membuat highlight Instagram tanpa perlu membuat story terlebih dahulu. Selama mencoba ya Diazens.

Beri Komentar