Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir, Terlengkap dan Terbaru

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 15 Januari 2024 14:44
Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir, Terlengkap dan Terbaru
Begini cara membuka situs Yandex yang diblokir, simple dan tentunya nggak pakai ribet.

Yandex adalah salah satu mesin pencari atau search engine buatan Rusia. Cara kerja Yandex sama seperti mesin pencari lainnya seperti Google dan Yahoo, kamu bisa langsung memasukkan kata kunci dan mencari topik tertentu di kolom pencarian. Meskipun begitu, di Indonesia sendiri sistem Yandex diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo sehingga kamu tidak bisa mengaksesnya dengan bebas, namun ternyata terdapat cara membuka situs Yandex yang diblokir agar kamu bisa mengaksesnya lagi.

Penyebab dari diblokirnya Yandex oleh Kominfo adalah karena Yandex tidak terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Pemblokiran situs merupakan hal yang biasa dilakukan oleh Kominfo, Kominfo biasanya akan memblokir situs yang dianggap bermasalah atau kurang bermanfaat. Padahal Yandex memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu manfaatkan seperti fitur yang lengkap dan mudah digunakan, memiliki tampilan user (user interface) yang menarik, serta mesin pencarian Yandex cenderung akan  memberikan hasil yang akurat.

Untuk bisa mengakses Yandex lagi kamu perlu membuka blokir situs Yandex. Lantas, bagaimana cara membuka situs Yandex yang diblokir? Berikut adalah langkah-langkah paling lengkap untuk membuka situs Yandex yang diblokir dengan menggunakan VPN, tanpa menggunakan VPN, dengan menggunakan DNS alternatif, dan dengan menggunakan proxy.

1 dari 5 halaman

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir dengan Menggunakan VPN

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir dengan Menggunakan VPN

Cara membuka situs yandex yang diblokir pertama adalah dengan menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN, kamu bisa memilih berbagai koneksi jaringan privat dari negara lain yang tidak memblokir browser Yandex dan alamat IP kamu akan tersembunyi sehingga bisa terhubung di koneksi jaringan lain, kamu bisa mengakses browser Yandex dengan normal melalui koneksi jaringan privat tersebut.

Berikut adalah cara membuka situs Yandex yang diblokir dengan menggunakan VPN:

  • Unduh dan instal aplikasi VPN apapun yang tersedia di Play Store maupun App Store pada ponsel kamu.
  • Jika sudah terinstal, cari server dari negara yang tidak memblokir browser Yandex.
  • Kemudian aktifkan koneksi VPN dari negara tersebut dengan klik tombol aktifkan.
  • Setelah itu kamu sudah bisa mengakses browser Yandex secara normal dan tanpa hambatan lagi.

2 dari 5 halaman

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir Tanpa Menggunakan VPN

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir

Cara membuka situs Yandex yang diblokir kedua adalah tanpa menggunakan VPN. Tentunya kamu juga masih bisa mengakses Yandex tanpa harus mengunduh dan menginstal VPN. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Yandex Browser di Play Store maupun App Store, karena yang diblokir oleh Kominfo hanyalah situs Yandex saja dan kamu masih bisa menggunakan aplikasi Yandex Browser dengan lancar.

Berikut adalah cara membuka situs Yandex yang diblokir tanpa menggunakan VPN:

  • Unduh dan instal browser Yandex melalui Play Store ataupun App Store pada ponsel kamu.
  • Setelah itu, pastikan proses penginstalan sudah selesai dan berhasil terinstal.
  • Jika keterangan sudah berubah menjadi ‘Open’ dan terdapat aplikasi dengan ikon Yandex terpasang di ponsel kamu, maka proses penginstalan sudah berhasil.
  • Kamu bisa menggunakan Yandex secara normal seperti menggunakan mesin pencarian lainnya (Google, Yahoo, dan sebagainya).

3 dari 5 halaman

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir dengan Menggunakan DNS Alternatif

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir dengan Menggunakan DNS Alternatif

Cara membuka situs Yandex yang diblokir yang ketiga adalah dengan menggunakan DNS alternatif. DNS atau Domain Name System sendiri merupakan sebuah sistem yang menghubungkan url dengan alamat IP pengguna. Dengan mengubah DNS yang kamu gunakan dengan DNS alternatif, maka kamu bisa membuka blokir akses pada situs tertentu, kamu bisa mencoba cara ini untuk membuka situs Yandex yang diblokir. 

Berikut adalah cara membuka situs Yandex yang diblokir dengan menggunakan DNS alternatif:

  • Buka pengaturan jaringan di ponsel atau PC kamu.
  • Cari dan pilih menu untuk mengganti DNS di perangkat kamu.
  • Ganti DNS yang kamu gunakan pada saat ini dengan DNS alternatif. Misalnya seperti kamu bisa menggantinya dengan Google Public DNS atau Cloudflare DNS.
  • Simpan perubahan yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Setelah itu kamu bisa mengakses browser Yandex secara normal seperti biasanya.

4 dari 5 halaman

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir dengan Menggunakan Proxy

Cara Membuka Situs Yandex yang Diblokir

Cara membuka situs Yandex yang diblokir keempat adalah dengan menggunakan proxy. Proxy sendiri merupakan sebuah sistem yang bisa mengamankan koneksi pengguna ke internet dengan mengubah alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Namun berbeda dengan VPN, Proxy tidak memiliki fitur enkripsi data sehingga aktivitas browsing kamu bisa dipantau oleh pihak ketiga.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk berhati-hati pada saat menggunakan proxy terutama pada proxy gratis, sangat mungkin terjadi kebocoran data pada proxy gratis. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menggunakan proxy untuk membuka blokir situs Yandex, proxy akan menghubungkan perangkatmu dengan situs Yandex sehingga kamu bisa mengaksesnya lagi dengan lancar.

5 dari 5 halaman

Berikut adalah cara membuka situs Yandex yang diblokir dengan menggunakan proxy:

  • Cari proxy di Google, kamu bisa langsung memilih proxy yang menurutmu baik dan aman, bisa proxy berbayar maupun yang gratis.
  • Jika sudah, copy alamat proxy yang sudah kamu pilih tadi.
  • Paste atau tempel dan masukkan alamat proxy yang telah kamu salin sebelumnya.
  • Jika sudah, simpan pengaturan yang  sudah kamu ubah tersebut.
  • Setelah itu kamu bisa mengakses browser Yandex secara normal seperti biasanya.

Jadi, itu tadi ya membuka situs Yandex yang diblokir terlengkap dan terbaru. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar