5 Cara Mengatasi Bootloop Samsung, Tidak Perlu ke Tempat Servis!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 31 Mei 2024 08:20
5 Cara Mengatasi Bootloop Samsung, Tidak Perlu ke Tempat Servis!
Samsung sebagai salah sati produsen HP yang sudah populer juga tidak luput dari bootloop yang memang sudah menjadi penyakit Android. Yuk simak cara mengatasi bootloop Samsung ini~

Salah satu penyakit HP Samsung dan Androip pada umumnya adalah bootloop. Tentu saja jika ini terjadi, maka HP tidak bisa digunakan karena tidak akan memunculkan menu seperti biasanya dan hanya menampilkan proses booting yang berulang-ulang. Jika dibairakn terlalu lama, bootloop ini bisa menyebabkan kerusakan loh.

Oleh sebab itu, cara mengatasi bootloop Samsung harus kamu lakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih luas. Entah itu bootloop ringan ataupun bootlop berat, semuanya harus segera diatasi agar HP bisa kembali digunakan dengan normal.

Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara mengatasi bootloop Samsung yang bisa kamu coba. So, mari simak ulasan di artikel ini sampai habis dan selesai ya!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Bootloop

Bootloop Adalah

Pada dasarnya, bootloop adalah kondisi di mana HP mengalami kegagalan saat proses booting dan terjebak dalam siklus restart yang terus menerus. Jadi, bootloop ini terjadi ketika ponsel mati kemudian menyala lagi secara berulang, sehingga ponsel tidak berfungsi sebagaimana mestinya

Ciri-ciri bootloop biasanya ditandai dengan adanya logo atau merek ponsel Android yang selalu muncul di tampilan layar smartphone dan ponsel yang terus melakukan rebooting secara berulang. Untuk HP Samsung, beberapa hal menyebabkan bootloop antara lain adalah sebagi berikut.

2 dari 6 halaman

Penyebab HP Bootloop

Bootloop bukan terjadi tanpa penyebab ya Diazens. Secara umum, penyebab HP bootloop ini adalah ada kerusapakan sistem pada perangkat HP yang kamu gunakan. Misal ada kerusakan file sistem, custom ROM yang tidak kompatibel dan lain-lain.

Apapun penyebabnya, yang paling penting untuk dilakukan adalah cara mengatasi Bootloop Samsung. Dengan begitu HP akan segera bisa digunakan lagi tanpa harus servis ataupun beli yang baru.

3 dari 6 halaman

Ilustasi Hard Reset

Cara Mengatasi Bootloop Samsung

Nah, jika HP Samsung kamu bootlop, maka beberapa cara di bawah bisa kamu lakukan ya. Mulai dari mereset HP, menghapus cache, rocovery mode, dan juga flashing. Semuanya bisa kamu lakukan untuk kembali menormalkan HP kamu ya Diazens. Simak beberapa caranya di bawah ini.

Lakukan Soft Reset

Soft reset adalah hal pertama yang harus kamu coba ketika ponsel macet di logo Samsung. Pada dasarnya metode ini berupa mematikan dan menghidupkan ponsel. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan dan tahan tombol power untuk mematikan HP Samsung.
  • Tunggu hingga 30 detik dan hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol power.
  • Cek apakah proses bootloop teratasi atau masih berlangsung.
  • Beberapa ponsel Android menyertakan tombol volume untuk mematikan perangkat. Kamu bisa menerapkan cara tersebut bila penggunaan tombol power tak berhasil.

4 dari 6 halaman

Hard Reset

Berikut adalah cara mengatasi HP bootloop dengan menggunakan factory reset:

  • Tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan hingga layar HP android kamu menawarkan beberapa pilihan.
  • Ketika HP kamu sedang berada di recovery mode, scroll ke bawah dengan menggunakan tombol volume down, kemudian pilih ‘Factory Reset’ dengan menggunakan tombol power.
  • Tunggu hingga sistem perangkat HP android kamu menyelesaikan proses.
  • Mulai ulang atau restart HP kamu dalam recovery mode dan pilih opsi pertama.
  • HP android kamu sudah bisa digunakan kembali seperti biasanya.

Menghapus Cache Partition

Meskipun tidak bisa masuk ke sistem, namun Kamu bisa menghapus cache Android dengan cara masuk ke menu recovery menu. Ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan dan tahan tombol power dan volume down bersamaan selama beberapa saat hingga layar menampilkan logo Samsung dan lepaskan kedua tombol tersebut
  • Layar akan menampilkan menu recovery mode. Pilih menu ‘advanced’ kemudian ‘wipe dalvik-cache’
  • Setelah itu pilih ‘storage&mounts’ kemudian pilih opsi ‘wipe cache partition’ dan tunggu hingga proses selesai
  • Jika sudah selesai, pilih Reebot System Now untuk masuk kembali ke sistem Android
  • Tunggu hingga proses booting selesai. Untuk booting awal setelah wipe cache biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama seperti 5-10 menit.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Reboot Samsung

Aktifkan Mode Recovery

Alternatif lainnya saat terjadi bootloop pada HP Samsung adalah dengan mengaktifkan mode Recovery. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Tunggu hingga jendela Recovery muncul.
  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi opsi pada jendela Recovery.
  • Sementara itu, tekan tombol power untuk memilih opsi pada menu Recovery tersebut.
  • Pada menu yang muncul, pilih menu ‘Delete all user data’ atau ‘Wipe data/Factory reset’.
  • Bila proses reset selesai, pilih opsi ‘Reboot device’.
  • Setelah dinyalakan ulang, masukkan detail akun untuk mengakses ponsel Samsung.

Flash via ODIN

Jika masih belum bisa, maka cara mengatasi HP Samsung bootloop yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melakukan flash ulang menggunakan PC. ikuti langkah berikut ini:

  • Tentukan firmware yang tepat. Sebelum flashing cari dulu stock ROM yang sesuai dengan tipe Samsung Kamu. pilih antara firmware one pack atau full pack.
  • Setelah itu pilih versi ODIN yang cocok untuk tipe Samsung Kamu. Cek juga apakah Odin tersebut kompatibel untuk firmware fullpack atau onepack.
  • Setelah itu lakukan flash dengan langkah-langkah yang tertera sesuai dengan pilihan one pack atau full pack.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara mengatasi bootloop Samsung yang bisa kamu jadikan referensi. Jika semua cara di atas sudah kamu coba dan tidak berhasil ada baiknya kamu harus membawa HP kamu ke gerai servis Samsung dan biarkan ditangani oleh profesional.

Beri Komentar