4 Cara Mengatasi HP Bootloop pada Android Tanpa Kehilangan Data

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 6 Januari 2024 08:15
4 Cara Mengatasi HP Bootloop pada Android Tanpa Kehilangan Data
Cara mengatasi HP bootloop bisa dengan soft reset android, boot ke safe mode, menggunakan CWM recovery, dan factory reset

Ketika smartphone android kamu mengalami bootloop pasti kamu akan merasa sangat jengkel dan sakit kepala. Bootloop adalah salah satu error pada HP yang paling menyebalkan karena kamu jadi tidak bisa menggunakan HP milikmu seperti biasanya. Ternyata masih banyak yang belum tahu cara mengatasi HP bootloop.

Bootloop pada Android adalah salah satu masalah yang sangat umum karena error yang terjadi pada software HP. Ketika HP kamu mengalami masalah bootloop, HP tidak akan restart secara otomatis dan menyala hingga lockscreen terlihat di layar, namun HP kamu akan stuck di logo merek saja. Banyak orang yang takut akan kehilangan data dan file penting miliknya ketika HP mengalami bootloop.

HP yang mengalami bootloop sangat mungkin untuk diperbaiki agar dapat digunakan secara normal kembali. Semua data dan file yang kamu simpan di HP juga akan aman dan tidak hilang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP bootloop? Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki HP yang mengalami bootloop tanpa harus kehilangan data dan file yang kamu simpan.

 

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Soft Reset HP

Cara Mengatasi HP Bootloop

Soft reset android adalah cara yang bisa kamu lakukan dengan restart atau mulai ulang perangkat kamu. Kamu bisa memperbaiki HP Bootloop dengan cara soft reset HP android kamu. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa memulai ulang atau restart HP secara paksa. 

Cara mengatasi HP bootloop dengan soft reset HP bisa dilakukan dengan dua acara, yaitu dengan menekan tombol power HP selama kurang lebih 5-10 detik hingga mati atau dengan melepas baterai HP. Namun, versi android baru biasanya sudah dilengkapi dengan baterai tanam sehingga kamu tidak bisa melepas baterainya.

Setelah itu, kamu bisa menyalakan HP kamu kembali dengan menekan tombol power hingga logo HP terlihat di layar. Setelah itu, seharusnya HP kamu sudah bisa digunakan kembali dengan normal seperti biasanya. 

Terkadang HP yang mengalami bootloop hanya mengalami masalah yang sederhana dan kamu hanya perlu melakukan soft reset agar bisa memperbaiki bug dari proses startup. Kamu juga tidak akan kehilangan semua data dan file yang kamu simpan. Namun, apabila HP kamu masih mengalami bootloop setelah dilakukan soft reset, maka kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Boot ke Safe Mode

Cara Mengatasi HP Bootloop

Melakukan booting ke safe mode di HP android bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah bootloop yang diakibatkan oleh aplikasi pihak ketiga. Ketika berada di safe mode, HP android kamu hanya akan memulai aplikasi sistem yang penting sehingga aplikasi penyebab error bootloop tidak akan bisa kamu jalankan.

Berikut adalah cara mengatasi HP bootloop dengan boot ke safe mode:

  1. Tekan tombol power di HP android kamu hingga mati.
  2. Kemudian kamu bisa langsung mengakses safe mode. Pada beberapa HP safe mode bisa kamu temukan dengan menekan tombol power untuk menghidupkan HP, kemudian langsung tekan tombol volume turun hingga HP kamu selesai melakukan booting
  3. Setelah itu safe mode biasanya akan ditampilkan di sudut kiri atau kanan bawah layar. Beberapa HP android mungkin akan memerlukan kombinasi cara yang berbeda. Kamu bisa cek panduan pengguna perangkat untuk informasi selengkapnya.
  4. Setelah HP android sudah melakukan boot ke safe mode, gunakan sebentar untuk memastikan apakah masalah bootloop masih berlanjut. Jika tidak, maka penyebab error bootloop kemungkinan adalah aplikasi pihak ketiga.
  5. Identifikasi dan hapus instalasi aplikasi yang bermasalah. Kamu bisa melakukannya dengan menghapus satu persatu aplikasi yang baru saja kamu instal hingga masalah bootloop teratasi. Setelah menghapus aplikasi, restart kembali HP android kamu untuk memeriksa apakah masih terjadi bootloop.
  6. Setelah kamu sudah mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang bermasalah, mulai ulang atau restart kembali HP android kamu secara normal dan keluar dari safe mode.
  7. HP android kamu sudah bisa digunakan kembali seperti biasanya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Menggunakan CWM

Cara Mengatasi HP Bootloop

CWM atau ClockworkMod adalah sistem pemulihan khusus yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah bootloop. Untuk menggunakan sistem ini, maka kamu harus melakukan root pada HP android kamu. Kamu harus menginstal CWM pada HP android kamu yang mengalami bootloop. Menggunakan CWM  juga tidak akan menghilangkan data dan file yang kamu simpan.

Berikut adalah cara mengatasi HP bootloop dengan menggunakan CWM:

  1. Tekan dan tahan tombol home, power, dan volume up untuk membuka layar pemulihan CWM. Kombinasi tombol mungkin akan berbeda tergantung dengan model HP android kamu, untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek di buku panduan pengguna.
  2. Scroll ke bawah dan gunakan tombol volume untuk klik ‘Advanced’.
  3. Kemudian pilih ‘Wipe’ dan kemudian klik ‘Dalvik Cache’.
  4. Selanjutnya pilih ‘Mounts and Storage untuk mengklik ‘Wipe’ dan ‘Cache’.
  5. Jika sudah, mulai ulang atau restart HP android kamu.
  6. HP android kamu sudah bisa digunakan kembali seperti biasanya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Factory Reset

Cara Mengatasi HP Bootloop

Factory reset juga dikenal sebagai hard reset adalah salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan bootloop. Namun perlu kamu ketahui bahwa dengan melakukan factory reset maka seluruh data dan file yang kamu simpan akan terhapus. Kamu bisa mencadangkan dan memulihkan data dengan menggunakan akun Google, pastikan kamu sudah mencadangkan data ke akun Google sebelum melakukan factory reset.

Berikut adalah cara mengatasi HP bootloop dengan menggunakan factory reset:

  1. Tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan hingga layar HP android kamu menawarkan beberapa pilihan.
  2. Ketika HP kamu sedang berada di recovery mode, scroll ke bawah dengan menggunakan tombol volume down, kemudian pilih ‘Factory Reset’ dengan menggunakan tombol power.
  3. Tunggu hingga sistem perangkat HP android kamu menyelesaikan proses.
  4. Mulai ulang atau restart HP kamu dalam recovery mode dan pilih opsi pertama.
  5. HP android kamu sudah bisa digunakan kembali seperti biasanya.

Jadi, itu tadi ya cara mengatasi HP bootloop pada android tanpa harus kehilangan data dan file yang kamu simpan. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar