10 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak berfungsi, Auto Bisa Kerja Lagi deh

Reporter : Yoyok
Jumat, 7 Juni 2024 18:58
10 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak berfungsi, Auto Bisa Kerja Lagi deh
Keyboard laptop kalau sudah tidak berfungsi, tentu bikin pusing apalagi ketika kamu sedang kerja. Begini cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Ada beberapa cra mengatasi keyboard laptop ketika tidak berfungsi. Laptop telah menjadi salah satu perangkat yang membantu kita dalam bekerja atau sekolah. Sifatnya yang lebih praktis daripada komputer karena bisa dibawa ke mana saja membuatnya menjadi primadona untuk mereka yang suka bekerja di berbagai tempat, seperti kafe atau transportasi umum sekalipun.

Laptop terdiri dari beberapa komponen yang memiliki peran vital saat berfungsi. Salah satu komponen dari laptop yang sangat penting adalah keyboard. Bayangkan jika keyboard laptop tiba-tiba tidak berfungsi ketika kamu sudah siap untuk bekerja, tentu bisa bikin mood jelek.

Kalau sudah begini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah deretan cara untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

1 dari 3 halaman

Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ketahui dahulu beberapa faktor mengapa keyboard laptop tidak berfungsi. Ada banyak alasan atau faktor yang membuat keyboard laptop tidak berfungsi, baik itu dari hardware maupun software. berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi:

Konektor Longgar atau Terlepas: Konektor yang menghubungkan keyboard ke motherboard bisa longgar atau terlepas. Ini biasanya terjadi jika laptop pernah terjatuh atau mengalami guncangan keras.

Kerusakan Fisik: Tumpahan cairan atau debu yang menumpuk di bawah tombol bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Cairan bisa merusak sirkuit di bawah tombol keyboard.

Kegagalan Komponen Internal: Bagian internal keyboard seperti sirkuit bisa rusak karena usia atau penggunaan yang berlebihan.

Masalah Baterai atau Daya: Pada beberapa model laptop, masalah pada baterai atau pasokan daya bisa mempengaruhi fungsi keyboard.

Driver Keyboard Bermasalah: Driver yang korup atau tidak terpasang dengan benar bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi setelah pembaruan sistem operasi atau perangkat lunak lainnya.

Perangkat Lunak Berbahaya atau Virus: Malware atau virus bisa mengganggu fungsi keyboard dengan memblokir input dari keyboard atau mengubah pengaturan sistem.

Pengaturan Sistem yang Salah: Pengaturan seperti Filter Keys atau pengaturan aksesibilitas lainnya bisa mempengaruhi cara keyboard berfungsi.

Pembaruan Sistem Operasi: Kadang-kadang, pembaruan sistem operasi bisa menyebabkan masalah kompatibilitas dengan driver atau perangkat keras.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi© shutterstock.com

Keyboard laptop yang tiba-tiba rusak padahal mau digunakan bisa bikin kamu auto bingung bahkan sampai membuat mood kerja hilang. Kamu tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa cara dalam mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi:

Restart Laptop

Cara pertama dan sederhana banget adalah melakukan restart pada laptop. Terkadang, masalah sementara pada perangkat lunak dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dan restart bisa menjadi solusinya.

Cek Koneksi Keyboard

Pada beberapa laptop, keyboard dapat terlepas dari konektor internal. Ini biasanya memerlukan pembukaan casing laptop, jadi jika kamu tidak nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya bawa ke teknisi profesional.

Cek Settings Keyboard

Jika keyboard laptop tidak berfungsi, cobalah untuk memeriksa bagian pengaturan pada laptop, begini caranya:

1. Windows: Buka Settings > Ease of Access > Keyboard. Pastikan Filter Keys tidak diaktifkan. Fitur ini bisa menyebabkan beberapa penekanan tombol diabaikan.

2. Mac: Buka System Preferences > Accessibility > Keyboard. Pastikan tidak ada pengaturan yang mengubah perilaku keyboard.

Update atau Instal Ulang Driver keyboard Laptop

Melakukan pembaharuan atau update pada driver keyboard laptop bisa menjadi solusinya. begini caranya:

1. Windows: Buka Device Manager (klik kanan pada Start menu dan pilih Device Manager). Temukan Keyboards, klik kanan pada keyboard, dan pilih Update driver. Jika tidak berhasil, pilih Uninstall device dan restart laptop. Windows akan secara otomatis menginstal ulang driver.

2. Mac: Pastikan sistem operasi Anda diperbarui ke versi terbaru melalui System Preferences > Software Update.

Cek Masalah Software

Keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa jadi karena masalah soft. Begini tata cara mengeceknya:

1. Windows: Restart laptop dan tekan F8 atau Shift + F8 selama startup untuk masuk ke Safe Mode. Jika keyboard berfungsi di Safe Mode, kemungkinan ada masalah dengan perangkat lunak pihak ketiga.

2. Mac: Restart Mac dan tahan Shift selama booting untuk masuk ke Safe Mode. Jika keyboard berfungsi di Safe Mode, masalah mungkin terkait dengan perangkat lunak yang terinstal.

3 dari 3 halaman

Pakai Keyboard Eksternal

Hubungkan keyboard eksternal USB untuk memeriksa apakah masalahnya ada pada keyboard bawaan laptop atau tidak. Jika keyboard eksternal berfungsi, masalah mungkin terletak pada keyboard internal.

Bersihkan Keyboard

Tumpahan cairan atau debu bisa menghambat fungsi tombol. Untuk mengatasinya, pertama-tama matikan laptop dan lepaskan baterai jika memungkinkan. Bersihkan keyboard dengan kuas lembut atau semprotan udara bertekanan. Periksa apakah ada kotoran di bawah tombol yang tidak berfungsi.

Lakukan Pemulihan Sistem

Jika keyboard baru saja berhenti berfungsi, Anda bisa mencoba melakukan pemulihan sistem ke titik di mana keyboard masih berfungsi. Caranya, pertama-tama buka Control Panel > System and Security > System. Pilih System Protection di sisi kiri dan kemudian System Restore. Cara berikut hanya bisa kamu lakukan pada laptop Windows.

Reset PRAM/NVRAM dan SMC Pada Laptop MAC

Melakukan reset pada PRAM/NVRAM dan SMC bisa menjadi jawaban jika keyboard laptop MAC kamu tidak berfungsi. Begini caranya:

Reset PRAM/NVRAM: Matikan Mac lalu nyalakan kembali dan segera tekan dan tahan Option+Command+P+R selama sekitar 20 detik.

Reset SMC: Matikan Mac kemudian tahan tombol Shift + Control + Option dan tombol daya selama 10 detik, lalu lepaskan semua tombol dan nyalakan Mac.

Bawah ke Tukang Servis

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan ada masalah hardware yang lebih serius. Dalam hal ini, sebaiknya bawa laptopmu ke pusat layanan resmi atau teknisi profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut.

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi© shutterstock.com

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga habis ini keyboard laptop Diazens kembali pulih ya.

Beri Komentar