Cara Mengatasi Layar HP Green Screen, Paling Mudah dan Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 16 Mei 2024 00:31
Cara Mengatasi Layar HP Green Screen, Paling Mudah dan Efektif
Green screen jangan dibiarin ya biar nggak rusak~

Salah satu penyakit HP layar sentuh modern adalah layar greenscreen. Penyebab dari layar HP green screen ini memiliki banyak faktor ya, terutama pada masalah software dan juga hardware.

Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengatasi layar green screen ini kok Diazens. Mulai dari cara yang bisa kamu lakukan sendiri ataupun harus meminta bantuan teknisi ataupun tukang servis.

Selengkapnya, mari kita simak deretan caranya di bawah ini ya. So, simak artikelnya sampai habis!

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Green Screen© Freepik.com

Apa Penyebab Layar HP Green Screen?

Jika berbicara penyebab layar HP green screen maka akan membicarakan beberapa faktor. Bisa saja karena komponen software ataupun hardware yang bermasalah. Detailnya, mari kita bahas bersama-sama ya.

Pertama, green screen ini bisa disebabkan kerusakan pada kabel display, konektor, atau komponen lain yang terlibat dalam menampilkan gambar dapat menyebabkan layar tampil berwarna hijau. Kemudian bisa juag disebabkan oleh bug ataupun kerusakan pada sistem operasi.

Penyebab layar HP green screen selanjutnya adalah bisa saja karen aKerusakan pada komponen ini, seperti chip grafis atau memori grafis, dapat menyebabkan perubahan warna layar. Selain itu, overheating ataupun panas yang berlebih juga menjadi penyebab layar HP menjadi hijau.

Jika sudah tahu beberapa faktor ataupun penyebabnya, mari kita bahas cara mengatasinya. Tentu saja ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini ya, Diazens.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Green Screen© Freepik.com

Cara Mengatasi Layar HP Green Screen

Langsung saja, jika layar HP kamu tiba-tiba hijau atau green screen beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan ya Diazens.

Restart HP

Cara pertama untuk mengatasi layar HP green screen adalah dengan melakukan restart pada HP. Tindakan sederhana ini sering kali bisa memperbaiki masalah sementara yang terjadi pada sistem operasi. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga opsi untuk mematikan atau me-restart HP muncul.
  • Pilih opsi " Restart" dan tunggu hingga HP menyala kembali.

Jika masalah green screen disebabkan oleh bug sementara, seharusnya layar HP kamu akan kembali normal setelah restart.

3 dari 5 halaman

Hard Reset

Cara mengatasi layar HP green screen yang selanjutnya adalah dengan melakukan hard reset. Hard reset akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, sehingga dapat menghilangkan bug atau kesalahan perangkat lunak yang lebih serius. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan HP sepenuhnya.
  • Lalu, tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan hingga logo pabrikan muncul.
  • Lepaskan tombol dan gunakan tombol volume untuk menavigasi ke opsi " Wipe Data/Factory Reset" .
  • Tekan tombol daya untuk memilih opsi ini dan konfirmasikan pilihan kamu.

Tapi sebelum itu pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan hard reset, karena semua data di HP akan terhapus.

4 dari 5 halaman

Matikan dan Periksa Komponen Perangkat

Lalu, nggak jarang masalah green screen bisa disebabkan oleh komponen hardware yang longgar atau rusak. Mematikan HP dan memeriksa nya dengan detail dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah ini.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Matikan HP dan lepaskan baterai (jika memungkinkan).
  • Kemudian, periksa konektor layar dan pastikan semuanya terhubung dengan benar.
  • Jika memungkinkan, buka casing belakang HP dengan hati-hati dan periksa apakah ada komponen yang terlihat rusak atau longgar.
  • Pasang kembali baterai dan nyalakan HP.

Jika masalah masih berlanjut, mungkin ada kerusakan yang lebih serius pada komponen internal HP.

5 dari 5 halaman

Bawa ke Gerai Servis

Cara terakhir nih, jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan tidak ada perubahan, maka mau tidak mau kamu harus segera membawa HP ke tempat servis. Pastikan kamu memilih gerai servis resmi atau yang memiliki reputasi baik.

Kemudian, jelaskan dengan rinci masalah yang sedang kamu alami dan langkah-langkah yang sudah kamu lakukan. Jangan lupa untuk menanyakan perkiraan biaya perbaikan sebelum menyetujui layanan. Carea terakhir ini adalah cara paling aman dan tidak beresiko.

Demikianlah untuk ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi layar HP green screen. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens!

Beri Komentar