Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip, Kenali juga Penyebab-penyebabnya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 5 Juni 2024 08:29
Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip, Kenali juga Penyebab-penyebabnya
Layar laptop yang berkedip buruan benerin ya, biar kerusakannya nggak merambat ke bagian lain dan semakin bikin boncos

Cara mengatasi layar laptop yang berkedip ini diakui atau tidak adalah cara yang cukup penting untuk diketahui. Pasalnya, ini adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada monitor atau layar laptop. Ya, hitung-hitung ini adalah pertolongan pertama agar laptop bisa kembali digunakan.

Monitor sendiri atau layar laptop ini adalah bagian penting dari laptop. Ketika ini trouble atau bermasalah, maka laptop otomatis akan tidak bisa digunakan dengan baik. Tentu saja hal ini akan mengganggu pekerjaan kita.

Nah, di dalam artikel ini kita akan membahas berbagai penyebab layar laptop berkedip serta cara mengatasinya juga yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalah tersebut.

1 dari 5 halaman

Penyebab Layar Laptop Berkedip© Freepik.com

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Sebelum jauh ke cara mengatasi layar laptop berkedip, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, nantinya kita akan bisa memberikan penangananan yang tepat.

Driver Grafis yang Tidak Stabil

Driver grafis adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi dan perangkat lunak lain untuk berinteraksi dengan perangkat keras grafis laptop. Jika driver ini tidak stabil atau usang, layar laptop bisa mengalami masalah, termasuk berkedip.

Refresh Rate yang Tidak Tepat

Bisa juga penyebabnya adalah masalah pada refresh rate. Jadi ini adalah jumlah gambar yang dapat ditampilkan layar dalam satu detik. Jika refresh rate tidak sesuai dengan kemampuan layar, ini bisa menyebabkan layar berkedip.

2 dari 5 halaman

Masalah Hardware

Penyebab selanjutnya adalah kerusakan fisik pada komponen internal laptop, seperti kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard. Jadi periksa dulu bagian-bagian yang bisa menjadikan layar berkedip.

Masalah Software

Terkadang, perangkat lunak atau aplikasi tertentu bisa menyebabkan layar berkedip. Ini bisa terjadi jika aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi atau driver grafis.

Overheating

Selanjutnya, overheating atau suhu berlebih juga bisa menyebabkan berbagai masalah pada laptop, termasuk layar yang berkedip. Ini biasanya disebabkan oleh ventilasi yang buruk atau kipas yang tidak berfungsi dengan baik.

Masalah Daya

Penyebab terakhir adalah masalah pada daya listrik yang diterima laptop yang juga bisa menyebabkan layar berkedip. Ini bisa terjadi jika adaptor daya atau baterai laptop tidak berfungsi dengan baik.

3 dari 5 halaman

Penyebab Layar Laptop Berkedip© Freepik.com

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Mari kita lanjut ke cara mengatasi layar laptop berkedip. Caranya mudah kok Diazens, begini:

Update dan Instal Ulang Driver Grafis

Pertama, pastikan kamu memiliki versi terbaru dari driver grafis yang ada pada laptop kamu. Kamu juga bisa memperbarui driver melalui situs web resmi produsen laptop atau kartu grafis.

Jika memperbarui driver tidak menyelesaikan masalah, coba instal ulang driver tersebut. Ini bisa memperbaiki masalah yang mungkin disebabkan oleh instalasi driver yang rusak.

Atur Display Setting

Kemudian cara yang bisa kamu coba adalah masuk ke pengaturan tampilan (Display Settings) di sistem operasi Anda. Pada Windows, klik kanan pada desktop, pilih " Display settings," lalu " Advanced display settings," dan atur refresh rate sesuai dengan rekomendasi bawaan laptop.

Periksa Konektor dan Komponen Lainnya

Selanjutnya, pastikan semua kabel dan konektor internal terhubung dengan baik. Jika kamu merasa bisa melakukannya, buka laptop dan periksa koneksi kabel LCD.

Lalu, apabila kamu menemui kerusakan pada komponen perangkat keras, seperti layar LCD atau kabel fleksibel, pertimbangkan untuk menggantinya dengan bantuan teknisi profesional.

4 dari 5 halaman

Update Software

Jangan lupa juga untuk memperbarui semua aplikasi ke versi terbaru atau hapus aplikasi yang menyebabkan masalah. Cobalah menjalankan laptop dalam mode aman (safe mode) untuk mengidentifikasi program yang bermasalah.

Cegah Overheating

Penggunaan laptop dalam intensitas tinggi memang bisa menyebabkan overheat. Nah untuk mencegahnya kamu bisa melakukan beberapa hal seperti pastikan kipas pendingin dan ventilasi laptop bersih dari debu dan kotoran. Gunakan udara bertekanan untuk membersihkannya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cooling pad untuk membantu menurunkan suhu laptop selama penggunaan intensif.

Power Issue

Terakhir, masalah sekaligus perbaikan yang bisa kamu lakukan adalah pastikan kamu menggunakan adaptor daya yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu punya. Kemudian, jika baterai laptop kamu sudah rusak jangan ditunda untuk mengganti ya.

Jadi, layar laptop yang berkedip dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang beberapa sudah disebutkan di atas. Nah, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mengidentifikasi sekaligus mengatasi penyebab masalah layar berkedip pada laptop kamu, Diazens.

Namun, jika masalah masih belum terselesaikan, segera bawa laptop kamu ke gerai servis agar kerusakan tidak meluas ke komponen yang lain.

Beri Komentar