4 Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned Sementara dan Permanen

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 4 Januari 2024 13:00
4 Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned Sementara dan Permanen
Akun kamu hilang? Ini cara mengatasi Whatsapp kena banned

Cara mengatasi Whatsapp kena banned mungkin akan kamu butuhkan ketika kamu tidak bisa mengakses akun Whatsapp kamu karena diblokir oleh pihak Whatsapp. Situasi ini bisa saja terjadi apabila kamu menggunakan Whatsapp hasil download dari situs-situs tidak resmi, misalnya aplikasi Whatsapp versi mod.

Dibanned oleh Whatsapp memang menjadi hal yang menjengkelkan dan membingungkan. Apalagi, kalau ada banyak data penting yang kamu simpan di akun Whatsapp tersebut. Sayangnya, cara mengatasi Whatsapp kena banned nggak segampang membalikkan telapak tangan.

Tapi tenang aja Diazens, walaupun nggak gampang, tapi ada berbagai alternatif cara mengatasi Whatsapp kena banned baik sementara maupun permanen. Cara-cara ini bisa kamu coba jika diperlukan. Berikut adalah ulasannya!

1 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned Permanen Lewat Email

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned

Kalau akun Whatsapp kamu kena banned atau terblokir secara permanen, cara mengatasi Whatsapp kena banned ini salah satunya adalah melalui email. Kamu bisa melaporkan masalah ini ke pihak Whatsapp melalui email, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi email melalui handphone atau laptop kamu.
  2. Setelah itu, buatlah pesan email baru dengan mengklik tombol New atau (+). Beberapa perangkat bisa saja berbeda-beda.
  3. Kemudian, kirim email ke WhatsApp untuk mengaktifkan kembali nomor yang terblokir. Kamu bisa menuliskan dan menjelaskan masalah yang terjadi, yaitu akun Whatsapp kamu yang kena banned. Usahakan untuk menjelaskan detail permasalahan dengan lengkap.
  4. Jika sudah, maka kirimkan email tersebut ke alamat email ‘support@whatsapp.com’ untuk ajukan penghapusan banned atau blokir di akun Whatsapp kamu.
  5. Terakhir, kamu tinggal menunggu pihak Whatsapp merespon dalam waktu 1x24 jam apakah akun kamu masih bisa untuk digunakan atau tidak. 

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned Permanen Dengan Form Bantuan

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned

Hampir setiap aplikasi punya yang namanya Help Center ataupun formulir bantuan untuk penggunanya melaporkan permasalahan tertentu, tak terkecuali Whatsapp. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif cara mengatasi Whatsapp kena banned permanen lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi browser di HP ataupun laptop kamu. 
  2. Kemudian, buka situs https://www.whatsapp.com/contact/ melalui kolom pencarian.
  3. Setelah itu, akan tampil form bantuan. Isilah form yang tersedia pada laman https://www.whatsapp.com/contact/. Pastikan kamu mendeskripsikan masalah kamu dengan lengkap agar pihak Whatsapp bisa dengan mudah memahaminya.
  4. Jika sudah, tunggu balasan dari WhatsApp, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan dari email tersebut. 
  5. Terakhir, tunggu selama 1x24 jam untuk mendapatkan respon WhatsApp, sebelum nomor Anda diaktifkan kembali. 

Sedikit catatan, kalau nomor kamu sudah kena banned sebanyak 2 hingga 3 kali, maka kemungkinan besar pihak WhatsApp akan memblokir nomor kamu secara permanen. Hal ini berarti bahwa kamu tidak akan bisa menggunakan nomor atau akun tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Cara Memulihkan WhatsApp Kena Banned Sementara 

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned

Kalau akun Whatsapp kamu hanya dibanned sementara, ada cara memulihkan Whatsapp kena banned sementara waktu. Caranya juga masih cukup mudah untuk kamu lakukan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, kamu mungkin perlu untuk menunggu sekitar 24-48 jam agar bisa membuka blokiran sampai akun Whatsapp kamu bisa untuk diakses.
  2. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp lama yang terblokir. Kemudian, lakukan pencadangan seluruh chat Whatsapp kamu ke Google Drive. Cara backup: tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas > Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Gmail > Backup.
  3. Kemudian, lakukan download dan install aplikasi WhatsApp resmi dari toko aplikasi kamu.
  4. Lalu, lakukan login akun Whatsapp kamu menggunakan nomor lama.
  5. Selanjutnya, akan tampil opsi untuk restore backup dari Google Drive. Klik opsi tersebut lalu login dengan akun Google yang kamu gunakan untuk mencadangkan.
  6. Setelah terhubung, segera restore backup data-data Whatsapp kamu yang ada.
  7. Terakhir, tinggal menunggu sampai proses selesai. Maka, akun Whatsapp kamu sudah bisa digunakan kembali.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi WhatsApp Kena Banned dengan Mengganti Akun

Cara Mengatasi Whatsapp Kena Banned

Terkadang, akun Whatsapp kamu bisa saja dibanned meskipun kamu mendownload aplikasi dari toko resmi, seperti Google Playstore ataupun Appstore. Apalagi, kalau kamu mendownloadnya dari situs tidak resmi, misalnya versi MOD. 

Untuk mengatasi banned WhatsApp ini, mungkin satu-satunya cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengganti akun Whatsapp kamu ke yang baru. Minusnya, kamu akan kehilangan seluruh data-data dari akun Whatsapp kamu yang lama. Berikut cara mengatasi Whatsapp kena banned dengan ganti akun

Menggunakan nomor handphone yang sama:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp di handphone kamu
  2. Lalu, klik opsi “ Pengaturan” atau ‘Settings’.
  3. Selanjutnya, klik opsi pengaturan “ Account” atau ‘Akun’.
  4. Kemudian, klik opsi “ Delete My Account” untuk menghapus akun Whatsapp kamu.
  5. Setelah itu, akun WhatsApp Anda benar-benar sudah terhapus
  6. Terakhir, buka kembali aplikasi WhatsApp dan lakukan registrasi ulang memakai nomor ponsel yang sama sesuai ketentuan dari Whatsapp.

5 dari 6 halaman

Menggunakan nomor handphone baru:

  1. Pertama-tama, kamu nggak perlu harus menghapus akun Whatsapp lama kamu terlebih dahulu. Namun, kamu bisa melakukannya kalau ingin.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Whatsapp.
  3. Kemudian, masukkan nomor handphone baru kamu sesuai ketentuan kode negara yang tampil.
  4. Lalu, klik tombol ‘Lanjut’ atau ‘Next’.
  5. Selanjutnya, kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan.
  6. Terakhir, klik tombol selesai, dan akun Whatsapp kamu yang baru sudah berhasil dibuat.

Sekian dulu ulasan terkait cara mengatasi Whatsapp kena banned sementara maupun permanen. Cara ini terbilang nggak mudah untuk kamu lakukan, tapi layak buat kamu coba jika perlu. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Penulis: Starky

Beri Komentar