© Shutterstock.com/Postmodern Studio
Smartfren adalah salah satu provider yang sudah lama eksis di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan telepon dan paket internet bagi penggunanya. Meskipun begitu, ternyata masih banyak pengguna yang belum tau cara mengecek paket Smartfren.
Sebagai pengguna Smartfren sebaiknya kamu mengecek kuota paket internet kamu secara berkala agar tidak khawatir akan kehabisan kuota di saat yang tidak tepat, sehingga kamu bisa memperkirakan kapan seharusnya kamu mengisi paket kuota internet kembali. Dengan mengecek paket internet secara berkala, kamu juga bisa mengatur pemakaian internet kamu.
Lantas, bagaimana cara mengecek paket Smartfren? Berikut adalah langkah-langkah paling mudah untuk mengecek paket Smartfren yang sudah Diadona rangkum di bawah ini.
Cara mengecek paket Smartfren dengan menggunakan dial adalah cara yang terbilang paling mudah. Perlu diketahui bahwa kode dial setiap provider berbeda-beda, untuk Smartfren sendiri kode dialnya yaitu *995#.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek paket kuota internet Smartfren dengan menggunakan dial:
Buka menu Telepon atau Call di ponsel kamu.
Tekan kode dial *995#.
Tekan tombol ‘Call’ dan tunggu hingga pop up muncul di layar ponsel kamu.
Setelah itu akan muncul informasi mengenai sisa paket kuota internet di layar ponsel kamu.
Selain bisa mengecek sisa paket kuota internet, dengan kode dial *995# kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai nama paket internet yang kamu gunakan, sisa kuota paket internet, dan masa aktif dari layanan paket yang sedang digunakan.
Cara mengecek paket Smartfren melalui SMS sangat mudah, kamu hanya perlu mengirimkan pesan dengan format ‘CEK’ saja. Selain itu, mengecek paket kuota internet melalui SMS tidak dikenakan biaya alias gratis.
Berikut adalah cara mengecek paket Smartfren melalui SMS:
Buka menu Pesan atau Message pada ponsel kamu.
Ketik ‘CEK’ pada room chat pesan.
Kirim ke 955.
Tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan pesan balasan dari layanan operator Smartfren. Kamu akan mendapatkan informasi tentang sisa paket kuota internet Smartfren dan juga masa aktif dari layanan paket yang kamu gunakan.
Aplikasi mySF atau MySmartfren adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Smartfren untuk memudahkan penggunanya menikmati layanan Smartfren. Kamu juga bisa mengecek paket kuota internet Smartfren dengan menggunakan aplikasi mySF.
Berikut adalah cara mengecek paket Smartfren dengan menggunakan aplikasi mySF:
Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi mySF terlebih dahulu di smartphone kamu. Apabila belum kamu bisa mengunduhnya di Play Store untuk pengguna android dan di App Store untuk pengguna iOS.
Buka aplikasi mySF.
Login dengan menggunakan nomor Smartfren yang sudah kamu daftarkan.
Klik menu ‘Home’ atau ‘Akun Saya’.
Kemudian kamu bisa melihat informasi detail paket internet yang digunakan, sisa kuota paket internet, dan masa aktif pada halaman utama aplikasi.
Selain bisa mengecek paket kuota internet Smartfren dengan menggunakan ponsel, kamu juga bisa melakukannya melalui PC atau laptop. Caranya adalah dengan mengecek paket kuota internet Smartfren melalui website resmi Smartfren.
Berikut adalah cara mengecek paket Smartfren Melalui Website Resmi Smartfren:
Buka browser di perangkat kamu.
Masukkan https://mysmartfren.com/ di kolom pencarian.
Kunjungi situs tersebut.
Login dengan menggunakan email yang terdaftar. Apabila kamu belum memiliki akun, kamu harus mendaftar dengan menggunakan email terlebih dahulu.
Pilih menu ‘Detail’ untuk mengecek paket kuota internet Smartfren sisa masa aktif paket.
Setelah mengecek paket Smartfren mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara membeli paket kuota internet dan memperpanjang masa aktif paket untuk tetap bisa menikmati layanan dari Smartfren. Ternyata, caranya sangat mudah loh dan bisa kamu lakukan dengan menggunakan berbagai metode pembayaran.
Cara membeli paket kuota internet Smartfren bisa kamu lakukan dengan 3 cara. Cara-cara tersebut antara lain dengan menggunakan dial, menggunakan aplikasi mySF atau MySmartfren, dan juga melalui website resmi Smartfren.
Membeli paket kuota internet dengan menggunakan kode dial bisa kamu lakukan tanpa koneksi internet. Cara ini cocok bagi kamu yang sedang kehabisan kuota internet namun lupa membeli atau memperpanjangnya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Buka menu Telepon atau Call di ponsel kamu.
Tekan kode dial *123#.
Tekan tombol ‘Call’.
Ikuti perintah kemudian konfirmasi pembelian.
Cara selanjutnya yaitu dengan membeli paket kuota internet melalui aplikasi MySmartfren. Kamu bisa menggunakan berbagai metode pembayaran. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi mySF terlebih dahulu di smartphone kamu. Apabila belum kamu bisa mengunduhnya di Play Store untuk pengguna android dan di App Store untuk pengguna iOS.
Buka aplikasi mySF.
Login dengan menggunakan nomor Smartfren yang sudah kamu daftarkan.
Pilih menu paket yang ingin kamu beli kemudian tekan tombol ‘Beli’.
Pilihan paket internet Smartfren akan muncul kamu bisa memilih sesuai yang kamu inginkan.
Klik ‘Beli Sekarang’ dan konfirmasi pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang kamu inginkan.
Apabila kamu sedang tidak memegang ponsel, kamu tetap bisa membeli paket kuota internet dengan menggunakan laptop atau Pc. Caranya adalah membeli paket internet melalui website resmi Smartfren. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Buka browser di perangkat kamu.
Masukkan https://mysmartfren.com/ di kolom pencarian.
Kunjungi situs tersebut.
Login dengan menggunakan email yang terdaftar. Apabila kamu belum memiliki akun, kamu harus mendaftar dengan menggunakan email terlebih dahulu.
Pilih menu ‘Beli Paket’ dan pilih paket kuota internet yang kamu inginkan.
Klik ‘Beli Sekarang’ dan konfirmasi pembayaran dengan metode pembayaran yang kamu pilih.
Jadi, itu tadi ya cara cek mengecek paket Smartfren dengan mudah dan anti ribet. So, selamat mencoba!
Penulis: Clarissa Dhea