8 Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus dengan Mudah

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 27 Juni 2024 13:46
8 Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus dengan Mudah
Pesan kamu di Telegram nggka senagja terhapus? Tenang saja, begini cara mengembalikannya dengan mudah dan cepat!

Seperti halnya aplikasi berkirim pesan pada umumnya, Telegram banyak digunakan untuk berkomunikasi secara personal ataupun grup. Lalu. Layaknya aplikasi berkirim pesan, Telegram memperbolehkan kamu untuk menghapus chat juga mengembalikannya jika masih ada yang diperlukan.

Nah, cara mengembalikan chat telegram yang terhapus ini bisa kamu coba dengan beberapa cara. Semua caranya sudah dirangkum Diadona dari beberapa sumber. Jadi kamu bisa langsung mencobanya saja ya. So, mari simak beberapa caranya di bawah ini, Diazens!

1 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus© Shutterstock.com

Ekspor Data Telegram

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus bisa kamu coba dengan menggunakan ekspor data. Namun, kamu harus melakukan ini via aplikasi desktop ya Diazens. Begini caranya.

  • Install aplikasi versi desktop, lalu login.
  • Pada halaman Dashboard, klik ikon tiga titik vertikal, lalu masuk ke Settings, lalu pilih Advanced.
  • Pilih Export Telegram Data, lalu pilih pesan yang ingin Anda kembalikan.
  • Klik Export, lalu pilih Show My Data.

Fitur Undo Delete Telegram

Kemudian, jika untuk mengembalikan chat yang baru saja terhapus, kamu bisa memanfaatkan fitur undo ya Diazens. Jadi tombol undo ini akan otomatis muncul ketika kamu menghapus chat atau pesan yang ada di Telegram. Kamu tinggal pilih undo saja dan selesai deh.

2 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus© Shutterstock.com

Folder Cache Android

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengakses cache yang ada di HP kamu. Cara ini bisa kamu coba kalau kamu pengguna HP Android ya Diazens. Caranya juga mudah ini, begini:

  • Buka File Manager
  • Pilih Android -> Data -> org.telegram.messenger -> Cache

Nantinya, kamu akan bisa melihat dan menyalin file tersebut ke folder lain untuk di simpan dan mengembalikan chat yang terhapus.

Akses Folder Gambar Telegram

Jika chat yang ingin kamu kembalikan berupa media atau gambar, kamu juga bisa folder gambar atau images. Caranya masih sama, kamu harus mengakses file manager terlebih dahulu.

  • Buka File Manager
  • Pilih Storage -> Internal Storage -> Telegram
  • Pilih folder Telegram Images

3 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus© Shutterstock.com

Pesan Tersimpan

Kemudian, untuk cara mengembalikan chat telegram yang tehrapus adalah dengan mengakses pesan tersimpan atau folder saved messages. Nah, untuk cara yang stau ini kamu hanya perlu mengaksesnya melalui aplikasi tanpa harus melalui file manager.

  • Buka aplikasinya lalu klik ikon tiga titik vertikal.
  • Pilih Saved Messages.
  • Fitur Search akan muncul dan Anda bisa memasukkan keyword untuk mencari pesan yang diinginkan.

Back Up Android

Jika kamu membuat cadangan penuh perangkat Android sebelum menghapus pesan Telegram, kamu dapat memulihkan cadangan itu untuk mendapatkan akses ke pesanmu. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mencadangkan perangkat Android. Namun, dalam kebanyakan kasus, kamu hanya perlu membuka aplikasi atau fitur yang digunakan untuk mencadangkan ponsel.

Jadi, kamu hanya perlu memilih opsi pemulihan, lalu pilih cadangan yang berisi pesan Telegram kamu, dan tekan pulihkan. Cara ini akan mengembalikan semua pesan Telegram yang terhapus.

4 dari 5 halaman

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus© Shutterstock.com

Cadangan iCloud

Sama halnya dengan Android, cadangan data di Apple melalui iCloud ini juga mengembalikan pesan yang terhapus secara keseluruhan. Jadi, jika kamu membuat cadangan telepon di iCloud kamu mungkin menemukan pesanmu di cadangan ini.

Caranya begini:

  • Buka aplikasi 'Pengaturan' di iOS dan ketuk 'Umum'.
  • Lalu, ketuk 'Atur Ulang' dan ketuk 'Hapus Semua Konten dan Pengaturan'.
  • Mulai atur perangkat kamu dari awal.
  • Nantinya, pada layar 'Aplikasi & Data', ketuk opsi 'Pulihkan' dari 'Cadangan iCloud'.
  • Pilih cadangan kamu untuk dipulihkan.

Bantuan Telegram

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan chat yang terhapus di Telegram adalah dengan memlaui fitur support. Jadi, Ada tim support aktif yang siap membantu. Namun, kamu juga bisa langsung merujuk ke bagian FAQ Telegram. Biasanya FAQ atau frequently ask question ini berisi jawaban atas sebagian besar pertanyaan dan tips untuk mengatasinya.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara mengembalikan chat telegram yang terhapus. Bagaimana, mudah bukan? selamat mencoba ya!

Beri Komentar