Cara Cepat Mengganti Browser Default di HP Xiaomi, Gampang Banget!

Reporter : Yoyok
Kamis, 18 Juli 2024 16:02
Cara Cepat Mengganti Browser Default di HP Xiaomi, Gampang Banget!
Xiaomi jadi salah satu brand smartphone dengan jutaan pengguna di Indonesia. Tidak sedikit juga yang mengalami masalah pada HP mereka tersebut.

Banyak yang penasaran bagaimana cara mengganti browser default di HP Xiaomi. Pasarr Indonesia menjadi target market menggiurkan untuk para brand smartphone di seluruh dunia. Ada bermacam-macam brand HP yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Xiaomi.

Xiaomi sudah lama menjadi salah satu merek HP ternama dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Produk-produknya pun mumpuni dan memiliki fitur lengkap. Layaknya brand HP pada umumnya, Xiaomi juga memiliki browser bawaan sendiri yang bernama Mi Browser.

Namun, ada kalanya orang-orang lebih nyaman menggunakan browser yang sudah lama dikenal, seperti Chrome, UC Browser, atau sejenisnya. Tidak sedikit juga yang merasa tidak nyaman ketika menggunakan default browser bawaan HP, seperti halnya Mi Browser.

Namun, keresahan ini sebentar lagi akan segera teratasi. Ada cara cepat buat kamu yang ingin mengganti browser default Xiaomi. Yuk kita bahas Diazens.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Default Browser?

cara mengganti browser default xiaomi© unsplash.com/Zana Latif

Sebelum kita membahas tentang cara mengganti browser default di HP Xiaomi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu default browser. Default browser di HP adalah aplikasi web browser yang secara otomatis digunakan oleh sistem operasi untuk membuka link web atau URL.

Saat kamu mengklik link di email, pesan teks, atau aplikasi lain, link tersebut akan dibuka di browser yang ditetapkan sebagai default. Jadinya, kamu akan mengakses link tersebut dengan browser yang sudah kamu atur menjadi default di HP-mu.

2 dari 3 halaman

Mengapa Default Browser Sangat Penting?

cara mengganti browser default xiaomi© unsplash.com/Zana Latif

Siapa bilang default browser tidak penting? Untuk perangkat HP, default browser tentu saja sangat penting. Berikut ini adalah deretan faktor-faktor penting dari sebuah default browser.

1. Memudahkan User: Memiliki browser default memungkinkan pengalaman pengguna yang lebih mulus, karena tidak perlu memilih browser setiap kali membuka tautan.

2. Aman: Browser default sering kali dipilih karena fitur keamanan dan pembaruan otomatis yang disediakan.

3. Fitur Sinkronisasi: Banyak browser menawarkan sinkronisasi data (seperti bookmark, kata sandi, dan riwayat) antara perangkat yang berbeda jika menggunakan browser yang sama di berbagai perangkat.

4. Performa dan Fitur: Browser default biasanya dioptimalkan untuk sistem operasi tertentu, menawarkan kinerja yang lebih baik dan integrasi yang lebih dalam dengan fitur sistem.

3 dari 3 halaman

Cara Mengganti Browser Default di HP Xiaomi

cara mengganti browser default xiaomi© unsplash.com/Amanz

Sekarang kita masuk ke pokok bahasan utama. Mi Browser merupakan default browser bawaan Xiaomi. Kamu bisa lho menggantinya dengan browser yang lain. Berikut ini adalah tata cara mengganti browser default di HP Xiaomi.

1. Pertama-tama, pastikan Google Chrome atau browser favoritmu sudah terinstal di HP. Kalau belum, kamu bisa menginstalnya terlebih dahulu di Google Play Store.

2. Jika sudah dipastikan terinstaldi HP Xiaomi milikmu, klik menu Settings.

3. Klik Apps, lalu pilih opsi manage Apps.

4. Klik ikok titik tiga, lalu pilih Default apps.

5. Klik menu Browser, nantinya akan muncul berbagai aplikasi browser di HP-mu.

6. Pilih opsi yang ingin kamu jadikan default browser, seperti contoh kamu memiliki Google Chrome.

7. Sekarang, browser default di HP Xiaomi kamu bukan lagi Mi Browser, melainkan Google Chrome.

Itulah tata cara mengganti browser default di HP Xiaomi. Gampang banget bukan?

Beri Komentar