Cara Mudah Menghapus Situs yang Terhubung ke Akun Gmail Lewat Laptop dan HP

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Selasa, 30 Juli 2024 15:56
Cara Mudah Menghapus Situs yang Terhubung ke Akun Gmail Lewat Laptop dan HP
Kita biasanya main asal menghubungkan situs-situs ke akun Gmail. Nyatanya, hal ini bisa saja berbahaya, terutama untuk urusan keamanan.

Buat yang belum tahu, ada lho cara untuk menghapus situs yang terhubung ke Gmail. Di zaman sekarang, email sudah menjadi barang wajib yang seharusnya setiap orang miliki. Dengan email, kamu bisa terhubung dengan berbagai hal, seperti bikin akun media sosial, aplikasi tertentu, hingga perbankan.

Salin itu, fungsi email sendiri juga masih dibutuhkan di zaman sekarang. Seperti halnya mengirimkan pesan, untuk urusan kerjaan, hingga jalan pintas mengakses akun media sosial yang lupa password. Semua itu bisa kamu lakukan asalkan punya email.

Tetapi, email juga bisa menjadi pintu masuk mereka yang ingin mencuri data atau file-file pekerjaanmu. Salah satu bentuk atau kegiatan kita yang secara sembarangan adalah ngasal dalam membuat akun di situs-situs yang tidak jelas. Hal ini seperti bisa menjadi celah para hacker untuk mengakses email.

Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini. Maka dari itu, penting untuk kamu memutus akses beberapa situs yang tidak jelas tersebut dari email. Kali ini tim redaksi Diadona akan membahas di Gmail, layanan email yang paling banyak digunakan saat ini. Berikut ini adalah cara menghapus situs yang terhubung ke Gmail via HP atau laptop.

1 dari 3 halaman

Alasan Menghapus Situs yang Terhubung ke Akun Gmail

Cara Menghapus Situs yang Terhubung ke Gmail© 2024 shutterstock.com/Ascannio

Sebelum masuk ke pembahasan cara menghapus situs yang terhubung ke Gmail, ada baiknya kita ketahui dulu akan alasannya. Ada banyak alasan mengapa hal ini patut dilakukan, apalagi buat kamu yang sering ngasal bikin akun di sembarang situs. Berikut ini beberapa alasan tersebut:

Meningkatkan Keamanan Gmail

Dengan menghapus akses situs yang tidak lagi diperlukan, kamu mengurangi risiko kebocoran data dan serangan hacker. Setiap akses pihak ketiga yang tidak digunakan dapat menjadi titik lemah yang sangat potensial.

Melindungi Privasi

Menghapus aplikasi atau situs yang tidak lagi diperlukan membantu melindungi data pribadi dan informasi sensitif dari pihak ketiga yang mungkin tidak terpercaya atau tidak lagi relevan.

Mengurangi Spam dan Notifikasi Tidak Penting

Beberapa aplikasi atau situs yang terhubung ke akun Gmail mungkin mengirimkan email atau notifikasi yang tidak diinginkan. Menghapus akses dapat mengurangi jumlah spam dan notifikasi yang mengganggu.

Manajemen Aplikasi yang Lebih Baik

Dengan menghapus akses situs yang tidak diperlukan, kamu dapat lebih mudah mengelola aplikasi dan layanan yang benar-benar penting dan sering digunakan.

Mengurangi Risiko Keamanan di Kemudian Hari

Aplikasi atau situs yang tidak lagi diperbarui atau didukung oleh pengembangnya mungkin menjadi rentan terhadap ancaman keamanan. Menghapus akses mereka dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Mengontrol Penggunaan Data

Beberapa situs atau aplikasi mungkin mengumpulkan data secara terus-menerus. Dengan menghapus akses mereka, kamu dapat lebih mengontrol siapa yang memiliki akses ke data kamu dan bagaimana data tersebut digunakan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghapus Situs yang Terhubung ke Akun Gmail Lewat Laptop

cara menghapus situs yang terhubung ke gmail© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui beberapa alasan mengapa menghapus akses asing ke situs Gmail itu penting. Nah, sekarang kita masuk ke pokok pembahasan. Kamu bisa melakukannya di laptop maupun HP. Berikut ini adlah cara menghapus situs yang terhubung ke Gmail lewat laptop:

1. Buka browser dan masuk ke Akun Google. Login dengan akun Gmail yang ingin kamu kelola.

2. Setelah masuk, pilih tab " Keamanan" dari menu di sebelah kiri.

3. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian " Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun" .

4. Klik " Kelola akses pihak ketiga" .

5. Nantinya kamu akan melihat daftar aplikasi dan situs yang memiliki akses ke akun Gmail kamu.

6. Pilih aplikasi atau situs yang ingin dihapus.

7. Klik " Hapus akses" atau " Remove Access" .

3 dari 3 halaman

Cara Menghapus Situs yang Terhubung ke Akun Gmail Lewat HP

Cara Menghapus Situs yang Terhubung ke Gmail© 2024 shutterstock.com/r.classen

Kamu juga bisa melakukan cara di atas via HP lho. Caranya pun sama gampangnya saat dilakukan di laptop. Berikut ini adalah cara menghapus situs yang terhubung ke Gmail lewat HP:

1. Buka aplikasi Gmail yang ada di HP-mu.

2. Klik ikon tiga garis mendatar yang ada di pojok kiri atas layar untuk membuka menu navigasi.

3. Scroll ke bawah lalu pilih opsi " Settings" .

4. Pilih akunmu lalu klik " Manage your Google Account" .

5. Setelah itu, pilih opsi " Security" .

6. Scroll ke bawah dan pilih opsi " Signing in to other sites" , lalu klik " Signing in with Google" .

7. Pilih situs dan aplikasi yaang terhubung dengan Gmail milikmu dan ingin kamu hapus.

8. Setelah dipilih, pilih opsi " Remove Access" .

Itulah cara menghapus situs yang terhubung ke akun Gmail lewat alptop atau HP, mudah kan? Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar