Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler, Boleh Juga nih Dicoba

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 15 Januari 2024 14:00
Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler, Boleh Juga nih Dicoba
Dapat gratis kuota lokal tapi nggak bisa digunakan? Berikut cara mengubah kuota lokal tri menjadi kuota reguler.

Tri terkadang menyediakan paket kuota internet yang terdiri atas kuota reguler dan kuota lokal. Sayangnya, kuota lokal cuma bisa digunakan untuk wilayah tertentu. Maka, Beberapa pengguna butuh cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler jika sedang berada di luar jangkauan area kuota lokal.

Tri (Three) adalah salah satu provider jaringan telepon yang populer di Indonesia dan memiliki banyak pengguna. Banyak sekali penawaran paket menarik yang ditawarkan tentu dengan harga yang cenderung lebih murah dibanding provider lain.

Sebagai pengguna Tri, kamu mungkin tidak asing lagi dengan kuota lokal dan reguler. Namun, mungkin beberapa masih bingung gimana cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler?

Berikut Diadona telah mengulas cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler. Simak berikut!

1 dari 5 halaman

Perbedaan Kuota Lokal dan Kuota Reguler Tri

Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler

Mungkin kamu masih bingung apa bedanya kuota lokal sama kuota reguler di kartu Tri kamu? Dilansir dari lama Flip, kuota reguler Tri bisa kamu pakai di mana saja tidak bergantung pada wilayah. Sedangkan, kuota lokal Tri hanya berlaku di wilayah tertentu tempat kamu mendaftarkan paket, sehingga kuota tidak akan berlaku jika kamu berada di luar jangkauan wilayah.

Selain itu, biasanya kuota lokal akan dihabiskan terlebih dahulu di kartu kamu sebelum kemudian memakai kuota reguler. Kuota reguler dan lokal bisa kamu temukan di paket-paket yang disediakan Tri, seperti HAPPY, Kombo, dan lain-lain. 

2 dari 5 halaman

Apakah Bisa Mengubah Kuota Lokal Tri 

Sebenarnya, tidak ada cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kupta reguler selain berpindah atau mengganti wilayah tempat kartu kamu diaktifkan. Kuota lokal hanya khusus untuk wilayah tertentu dan sudah menjadi kebijakan dari pihak Tri.

Hanya saja, untuk dapat berpindah tempat ke lokasi kartu kamu didaftarkan bisa saja direkayasa secara online. Berikut ini ulasan tentang cara memalsukan lokasi HP kamu agar bisa menggunakan kuota lokal kartu Tri yang bisa jadi alternatif.

3 dari 5 halaman

Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler

Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler

Karena pada dasarnya kuota lokal tidak bisa digunakan di luar wilayah yang ditentukan, maka cara satu-satunya adalah mengubah atau merekayasa lokasi HP kamu. Cara mengubah kuota lokal Tri menjadi reguler bisa dicoba pakai aplikasi ketiga, yaitu Fake GPS.

Fake GPS adalah aplikasi yang bisa membantu kamu untuk memalsukan keterangan lokasi di HP kamu. Hal ini membuat HP kamu akan mendeteksi lokasi sesuai setingan yang kamu inginkan.

Sebenarnya, ada cukup banyak aplikasi Fake GPS yang bisa kamu temukan baik di Android ataupun iPhone. Lalu, bagaimana cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler pakai Fake GPS? Simak berikut!

  • Langkah pertama, download dan install aplikasi Fake GPS dari Google Playstore ataupun Appstore HP kamu.
  • Setelah itu, buka atau jalankan aplikasi Fake GPS.
  • Jika HP kamu belum dilakukan root, maka kamu perlu untuk mengaktifkan mock location dengan menggunakan mode pengembang saat membuka aplikasi untuk pertama kali.
  • Kemudian, pilih ‘Open Settings’. Lalu, kamu arahkan langsung masuk di menu mode pengembang, klik aktifkan mode tersebut.
  • Selanjutnya, cari ‘Mock Location App’ atau ‘Aplikasi Tiru Lokasi’, dan pilih aplikasi Fake GPS yang kamu install.
  • Jika sudah, buka kembali aplikasi Fake GPS yang tadi. Jangan lupa untuk mengaktifkan lokasi atau GPS di HP-mu sebelum membuka aplikasinya.
  • Setelah itu, pada aplikasi Fake GPS lakukan pencarian lokasi tempat kamu mengaktifkan kartu perdana Tri kamu. Misalnya, Tangerang. 
  • Kemudian, jika sudah mengetik nama lokasi, klik tombol lingkaran hijau yang ada di sisi bawah aplikasi tersebut.
  • Aplikasi Fake GPS akan otomatis aktif dan berjalan di HP kamu.
  • Lalu, cobalah untuk mengakses internet melalui platform atau aplikasi yang ada di HP kamu. Misalnya, menonton Netflix, scrolling instagram, streaming YouTube, dan sebagainya.
  • Selanjutnya, untuk memastikan apakah cara ini berhasil, kamu bisa mengecek apakah jumlah kuota lokal kamu berkurang atau tidak. Apabila kuota berkurang, maka berhasil.
  • Terakhir, jika sudah selesai menggunakan, jangan lupa untuk menonaktifkan kembali aplikasi Fake GPS. 

Cara mengubah kuota lokal menjadi kuota reguler ini bisa jadi alternatif jika kamu ingin sekali menggunakan kuota lokal Tri kamu. Perlu diingat Diazens bahwa cara ini bisa saja gagal dilakukan tergantung aplikasi Fake GPS yang kamu gunakan. 

4 dari 5 halaman

Risiko Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler Dengan Fake GPS

Cara Mengubah Kuota Lokal Tri Menjadi Kuota Reguler

Fake GPS merupakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi direkomendasikan oleh Tri jika kamu ingin menggunakan kuota lokal. Untuk itu, kamu harus tetap berhati-hati saat mencoba cara mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler pakai Fake GPS. 

Jika kamu tidak bijak dalam memilih aplikasi Fake GPS, mungkin saja beberapa aplikasi mengandung virus atau malware yang berbahaya. Apalagi, Fake GPS membutuhkan akses root di HP kamu. 

Jadi, jika kamu tidak terlalu membutuhkan kuota lokal, sebaiknya tidak perlu menggunakan Fake GPS untuk memakainya. Sebaiknya hindari aplikasi-aplikasi yang meminta akses untuk melakukan root perangkat agar terhindar dari risiko kerusakan.

5 dari 5 halaman

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu biar nggak pusing memikirkan paket kuota lokal yang terbuang:

Jadi itu ya Diazens cara untuk mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota reguler. Pokoknya, cobain aja dulu ya. Selamat mencoba ya!

Penulis: Starky

 

Beri Komentar