3 Cara Mengubah Warna Keyboard di HP Android, Chattingan Lama Jadi Gak Bikin Bosen deh

Reporter : Yoyok
Jumat, 5 Juli 2024 18:31
3 Cara Mengubah Warna Keyboard di HP Android, Chattingan Lama Jadi Gak Bikin Bosen deh
Ada banyak yang mudah bosan ketika chattingan, namun bukan karena faktor lawan bicaranya. Kalau bosan, utak-atik aja keyboard-nya.

Kalau bosan chattingan, ada cara untuk menghubah warna keyboard HP lho Diazens. Hp atau smartphone sudah menjadi benda pokok yang terkesan wajib dimiliki semua orang. Bagaimana tidak wajib, HP sekarang bisa digunakan sebagai alat pembayaran, foto-foto cantik, hingga membunuh waktu luang dengan bermain game.

Meski sifatnya sudah multifungsi, kegunaan HP lainnya seperti telpon atau SMS masih bisa dilakukan. Hanya saja, kedua fungsi tersebut mungkin sudah jarang dilakukan karena bakal lebih praktis dan hemat pulsa jika menggunakan aplikasi chatting.

Saking mudahnya berkomunikasi dengan aplikasi chatting, tidak jarang yang betah berlama-lama chattingan. Tentu saja kamu bisa bosan karena hanya mantengi layar HP dengan pop up keyboard yang muncul selama beberapa waktu.

Untuk mengatasi kebosanan tersebut, kamu bisa utak-atik keyboard HP lho Diazens. Kamu bisa mengubah warna pada keyboard HP, khususnya smartphone Android. berikut ini adalah beberapa cara menggantiwarna keyboard di HP Android yang perlu kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Fitur Keyboard HP Android

cara mengubah warna keyboard hp© shutterstock.com

Keyboard HP Android memiliki beragam fitur yang nantinya akan meningkatkan pengalaman user. Jadi, di zaman sekarang, keyboard HP tidak hanya digunakan untuk mengetik teks lho. berikut ini adalah deretan fitur keyboard HP Android.

Auto Correct

Keyboard Android menggunakan teknologi prediksi teks atau auto correct untuk memberikan saran kata berikutnya berdasarkan apa yang sering diketik. Auto correct membantu memperbaiki kesalahan ketikan secara otomatis.

Pengetikan Swipe

Fitur berikutnya ini memungkinkan penggunanya untuk mengetik dengan menggeser jarimu dari satu huruf ke huruf lain tanpa mengangkat jari dari layar. Fitur ini dirasa akan mempercepat proses pengetikan.

Pengetikan Suara

Kamu kini dapat menggunakan fitur pengetikan suara untuk mendikte teks. Fitur ini berguna saat tidak bisa mengetik secara manual.

Emoji, GIF, dan Stiker

Keyboard Android menyediakan akses cepat ke berbagai emoji, stiker, dan GIF untuk mengekspresikan diri dalam percakapan teks. bahasa chat pun akan jadi lebih dinamis dengan adanya emoji, stiker, dan GIF.

Theme

Para pengguna juga bisa mengubah tema, warna, dan tampilan keyboard untuk menyesuaikan dengan preferensi pribadi mereka. Beberapa keyboard bahkan memungkinkanmu untuk menggunakan gambar sebagai latar belakang keyboard.

Mode Multibahasa

Banyak keyboard Android mendukung pengetikan dalam beberapa bahasa dan memungkinkanmu untuk beralih antar bahasa dengan mudah selama mengetik.

Pengetikan Mode Satu Tangan

Fitur keyboard satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengetikan hanya dengan menggunakan satu tangan. Fitur ini cocok buat yang tangan satunya sedang memegang sesuatu.

Clipboard

Fitur clipboard memungkinkanmu untuk menyimpan dan mengelola beberapa item yang telah di-copy, sehingga kamu dapat dengan mudah menempelkan teks yang sering digunakan.

2 dari 3 halaman

Cara Mengubah Warna Keyboard HP Android

cara mengubah warna keyboard hp© shutterstock.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengubah warna keyboard di HP Android. Cara-cara berikut tergantung dari HP atau aplikasi keyboard yang digunakan. berikut ini adalah caranya:

Gboard

1. Buka menu Settings di HP. Klik System lalu pilih Languages and input. Klik Manage keyboards lalu klik Gboard.

2. Di dalam settings Gboard, pilih Theme.

3. Kamu melihat berbagai pilihan tema, termasuk warna gelap dan terang, serta opsi mengubah gambar background keyboard.

4. Pilih tema yang dinginkan. Pada jendela pop up, klik Apply.

Swiftkey

Swiftkey merupakan aplikasi keyboard yang bisa kamu donwload di Google Play Store. Berikut ini adalah cara mengubah warna atau gambar keyboard Swiftkey di HP.

1. Buka menu Settings di HP. Klik System lalu pilih Languages and input. Klik Manage keyboards lalu klik Swiftkey.

2. Dalam pengaturan Swiftkey tersebut, pilih Theme.

3. Pilih salah satu dari berbagai tema yang tersedia untuk diterapkan di keyboard HP. Atau, kamu bisa membuat sendiri.

4. Setelah memilih tema, klik Apply.

Samsung Keyboard

Sesuai dengan namanya, keyboard satu ini hanya ada di HP Samsung. Berikut ini adalah cara mengganti warna keyboard Samsung di HP.

1. Buka menu Settings di HP. Klik System lalu pilih Languages and input. Klik Manage keyboards lalu klik Samsung Keyboard.

2. Klik opsi Style and layout, lalu pilih Theme.

3. Kamu bisa memilih tema dari pilihan yang tersedia, seperti halnya dark mode atau light mode.

3 dari 3 halaman

Tips Merawat Layar HP dari Ketikan

cara mengubah warna keyboard hp© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui beberapa cara mengganti warna keyboard di HP Android, chattingan pun jadi tidak bikin bosan lagi deh. Namun, sering chattingan di HP tentu saja akan berdampak pada layar. Layar yang ditekan terus-menerus dalam waktu yang lama juga bisa rusak.

Apalagi jika penggunaannya secara sembarangan, nantinya layar HP akan mudah rusak. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengetahui tips merawatnya. Berikut ini adalah beberapa tips merawat layar HP dari ketikan.

Screen Guard

Pelindung layar atau screen guard menjadi cara terbaik untuk melindungi layar dari goresan dan retak. Ad dua jenis screen guard yang bisa digunakan, yaitu dari plastik dan tempered glass. Screen guard plastik lebih murah dan mudah diganti, tetapi tidak sekuat kaca. Sedangkan screen guard tempered glass lebih tahan lama dan menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap benturan.

Bersihkan Layar Secara Teratur

Membersihkan layar secara berkala dapat menghindarkan dari penumpukan kotoran dan minyak yang dapat merusak layar HP dalam jangka panjang. Gunakan kain mikrofiber yang lembut dan hindari menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras.

Jangan Menekan Layar Terlalu Keras

Menekan layar dengan keras saat mengetik atau menggunakan aplikasi bisa menyebabkan kerusakan pada layar atau lapisan di bawahnya. Sebisa mungkin, ketik dengan sentuhan ringan.

Gunakan Keyboard dengan Ukuran yang Sesuai

Memilih ukuran keyboard layar yang sesuai bisa mengurangi kesalahan ketik yang memaksamu untuk menekan layar berulang kali di area yang sama.

Gunakan Keyboard Eksternal

Kini sudah banyak keyboard eksternal yang bisa kamu sambungkan ke HP. Selain sebagai cara untuk merawat layar HP dari ketikan, mengetik menggunakan keyboard eksternal akan terasa lebih nyaman.

Itulah beberapa cara dalam mengganti warna keyboard di HP Android. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar