4 Cara Mudah Menonaktifkan Mode Aman Pada HP Samsung

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 22 Mei 2024 15:22
4 Cara Mudah Menonaktifkan Mode Aman Pada HP Samsung
Tidak jarang orang-orang terganggu dengan mode aman atau safe mode pada Samsung.

Ada beberapa acara yang perlu kamu ketahui untuk menonaktifkan mode aman atau safe mode pada HP Samsung. Seperti kita tahu, Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone asal Korea Selatan yang sejak dulu dikenal banyak orang.

Produk-produknya selalu mendapat tempat di hati para penggemarnya karena inovasi yang terus Samsung lakukan. Salah satu fitur HP Samsung yang sangat inovatif adalah mode aman atau safe mode. Ada banyak manfaat jika menggunakan mode aman, seperti mendeteksi aplikasi error di HP, memperbaiki sistem dalam kondisi darurat, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, mode aman bakal meberikan perlindungan pada HP.

Namun, tidak jarang mode aman mengganggu pengguna, seperti tiba-tiba bikin HP jadi lambat saat bermain game. Berikut ini adalah beberapa cara menonaktifkan mode aman pada HP Samsung.

1 dari 5 halaman

Fungsi Mode Aman HP Samsung

cara menonaktifkan mode aman samsung© shutterstock.com/Framesira

Meskipun banyak yang bilang mode aman di HP Samsung cukup mengganggu, namun memiliki banyak kegunaan lho. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari mode aman pada HP Samsung:

Identifikasi Masalah Aplikasi

Mode aman membantu dalam menentukan apakah masalah yang dihadapi (seperti crash, lag, atau reboot) disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Jika masalah tidak terjadi dalam safe mode, kemungkinan besar aplikasi pihak ketiga yang menjadi penyebabnya.

Pemecahan Masalah

Dengan masuk ke mode aman, pengguna dapat menghapus aplikasi yang dicurigai menyebabkan masalah tanpa gangguan dari aplikasi lain yang berjalan di latar belakang.

Peningkatan Performa

Moe aman hanya menjalankan aplikasi bawaan, yang biasanya lebih ringan, sehingga dapat membantu memeriksa performa dasar perangkat tanpa gangguan aplikasi tambahan.

Keamanan

Dalam beberapa kasus, mode aman dapat membantu menghapus aplikasi berbahaya atau malware yang sulit dihapus dalam mode normal.

Diagnostik Sistem

Mode aman dapat digunakan untuk menjalankan diagnostik dasar dan memeriksa apakah masalah berkaitan dengan perangkat keras atau perangkat lunak.

2 dari 5 halaman

Restart HP

cara menonaktifkan mode aman samsung© shutterstock.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan mode aman pada HP Samsung yaitu dengan melakukan restart. Cara melakukan restart pada HP cukup mudah, kamu tinggal mematikannya lalu menghidupkannya lagi beberapa detik kemudian. Atau, saat ini di semua HP sudah ada opsi Restart di semua HP Samsung.

Restart akan membuat HP balik ke kondisi awal. Dengan begini, bug atau mode aman pada HP sama akan mati.

3 dari 5 halaman

Panel Notifikasi

cara menonaktifkan mode aman samsung© shutterstock.com

Cara berikutnya untuk menonaktifkan mode aman pada HP Samsung yaitu ada di panel notifikasi. Kamu tinggal klik ikon safe mode yang berada di notifikasi.

Nantinya, HP Samsung-mu akan melakukan restart sendiri. Setelah menyala lagi, HP jadi kembali seperti semula tanpa aktifnya mode aman. Semua aplikasi yang awalnya tidak ada bakalan muncul karena mode aman sudah dinonaktifkan.

4 dari 5 halaman

Factory Reset

cara menonaktifkan mode aman samsung© shutterstock.com

Factory reset atau reset pabrik bisa menjadi cara untuk menonaktifkan mode aman di HP Samsung. Lakukan factory reset jika dua cara sebelumnya tidak berhasil. Namun, lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Pada beberapa HP Samsung, nantinya kamu diwajibkan untuk memasukkan PIN saat melakukan factory reset.

5 dari 5 halaman

Hapus Aplikasi

cara menonaktifkan mode aman samsung© shutterstock.com

Cara terakhir dalam menonaktifkan mode aman pada HP Samsung yaitu dengan menghapus beberapa aplikasi. Cek semua aplikasi di HP kamu yang bukan bawaan Samsung. Bisa jadi aplikasi tersebut yang mengganggu sistem operasi dan memaksa HP untuk masuk ke mode aman.

Hindari untuk menginstal aplikasi dari pihak yang tidak jelas. Kalau kamu masih nekat, maka HP Samsung-mu akan secara otomatis masuk ke mode aman.

Itulah beberapa cara dalam menonaktifkan mode aman di HP Samsung yang bisa kamu coba di rumah. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar