Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop, Internetan Jadi Gampang

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 30 Desember 2023 19:11
Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop, Internetan Jadi Gampang
Begini cara menyambungkan hotspot ke laptop dengan mudah

Saat menggunakan laptop, ada kalanya kamu ingin menghubungkan HP kamu sebagai sumber internet. Apalagi, kalau provider wifi kamu sedang lemot atau error. Cara menyambungkan hotspot HP ke laptop sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan.

Saat ini, handphone memang menjadi alat teknologi yang sangat multifungsi. Selain bisa menyediakan internet, handphone juga bisa digunakan untuk mem-provide internet bagi perangkat yang lain, misalnya laptop. Dengan teknologi hotspot, laptop kamu bisa numpang jaringan internet dari HP.

Cara menyambungkan hotspot HP ke laptop mudah, tapi masih banyak orang yang kebingungan gimana caranya. Padahal, ada banyak cara untuk menggunakan hotspot dari HP di laptop kamu. Penasaran?

Berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait cara menyambungkan hotspot HP ke laptop yang bisa jadi alternatif kalau wifi kamu error. Biar tau, baca artikel ini sampai habis ya Diazens.

1 dari 5 halaman

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop Pakai Hotspot Portable

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop

Hampir semua smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur Hotspot Portable. Cara menyambungkan hotspot HP ke laptop ini adalah yang paling umum dilakukan, karena kamu tidak perlu menyambungkan kabel atau perangkat eksternal tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, buka menu pengaturan di HP kamu dan nyalakan fitur Hotspot. Kamu juga bisa menemukan fitur ini melalui menu panel notifikasi di HP kamu.
  • Jika sudah, nyalakan laptop kamu, klik tombol Wifi di menu bagian bawah layar laptop. Kalau tidak muncul, kamu bisa menemukannya di menu pengaturan laptop kamu.
  • Kemudian, cari nama jaringan hotspot HP kamu yang sudah kamu aktifkan sebelumnya. Kalau tidak muncul, cobalah untuk mematikan dan menyalakan kembali fitur hotspot dari HP kamu.
  • Setelah itu, masukkan kata sandi atau password hotspot kamu jika ada. Hal ini bisa kamu setting melalui HP.
  • Lalu, klik tombol Connect atau Sambungkan.
  • Terakhir, tinggal menunggu sampai berhasil tersambung. Pastikan data seluler HP kamu aktif agar internet bisa tersambung di laptop kamu.

2 dari 5 halaman

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop Lewat Bluetooth

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop

Selain menggunakan fitur Hotspot Portable, cara menyambungkan hotspot HP ke laptop juga bisa dilakukan menggunakan fitur bluetooth. Samsung menjelaskan bluetooth merupakan jaringan nirkabel berfrekuensi radio untuk berbagi data dalam jarak pendek. Walaupun nggak sepopuler dulu, tapi bluetooth masih bisa digunakan sebagai alternatif.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, buka menu pengaturan atau setting di HP kamu.
  • Kemudian, buka menu Bluetooth atau Hotspot Portable. Nyalakan fitur Bluetooth Tethering di handphone kamu.
  • Jika sudah, buka menu pengaturan di laptop kamu. Kamu bisa menggunakan shortcut kombinasi tombol Windows + I untuk mempercepat.
  • Kemudian, klik menu Devices.
  • Lalu, pilih opsi Bluetooth & Other Devices. 
  • Selanjutnya, nyalakan fitur bluetooth dengan cara menggeser tombol toggle sampai berubah warna.
  • Jika sudah, buka menu ‘Show hidden icons’ di bagian bawah layar laptop di menu utama.
  • Lalu, klik kanan pada ikon Bluetooth yang tampil.
  • Setelah itu, klik opsi ‘Join a Personal Area Network’. Disini akan muncul tab baru.
  • Jika sudah, klik kanan pada bagian nama perangkat Bluetooth HP kamu. Lalu pilih opsi ‘Connection using’ > ‘Access Point’.
  • Kemudian, izinkan koneksi bluetooth laptop yang muncul di HP kamu.
  • Terakhir, tunggu sampai proses mengkoneksikan selesai. Jika sudah, cobalah untuk mengakses internet di laptop kamu.

3 dari 5 halaman

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop Pakai Kabel

Cara Menyambungkan Hotspot HP

Kalau cara wireless di atas error dan tidak berfungsi, cara menyambungkan hotspot HP ke laptop bisa juga menggunakan kabel data. Kalau kamu pengen coba, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama, buka menu setting atau pengaturan di HP kamu. Masuk ke menu Hotspot Portable.
  • Kemudian, nyalakan fitur tersebut dan ganti opsi tethering ke ‘USB Tethering’. Disini HP kamu sudah siap untuk menyambungkan internet ke laptop lewat kabel data.
  • Jika sudah, colokkan kabel data atau USB kamu dari HP ke laptop untuk menyambungkan dua perangkat ini.
  • Lalu, dari laptop kamu, buka menu Network dan klik Connect atau Sambungkan.
  • Terakhir, tunggu sampai benar-benar tersambung. Dan jika sudah, cobalah untuk menggunakan internet di HP kamu.

4 dari 5 halaman

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Menyambungkan Hotspot HP ke Laptop

Saat mencoba cara-cara di atas, nggak jarang sebagian orang mengalami kendala dalam menggunakan hotspot HP ke laptop. Entah karena error, lemot, atau bahkan tidak bisa tersambung sama sekali. Nah, tenang aja, karena masih ada cara menyambungkan hotspot HP ke laptop pakai aplikasi lain.

Saat ini, tersedia berbagai aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menyambungkan hotspot HP ke laptop dengan sangat mudah. Kehadiran aplikasi ini adalah sebagai solusi apabila drive Wifi di laptop kamu error, atau laptop kamu tidak kompatibel untuk menyambungkan hotspot.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cara menyambungkan hotspot HP ke laptop yang bisa kamu coba antara lain PDaNet+, Magisk, dan XPosed. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur hotspot portable di handphone kamu. Kemudian, tinggal mengikuti instruksi yang tampil di masing-masing aplikasi yang kamu gunakan.

Gimana Diazens? Udah paham belum nih terkait cara menyambungkan hotspot HP ke laptop biar kamu bisa internetan dengan lancar di laptop kamu. Cara-cara di atas boleh kamu pilih dan gunakan sesuai kebutuhan dan selera kamu masing-masing ya. Khusus cara pakai aplikasi pihak ketiga, pastikan kamu mendownload aplikasi tersebut melalui toko atau situs resmi untuk menghindari scam dan malware berbahaya.

Penulis: Starky

Beri Komentar