Cara Pakai QRIS Tap, Makin Gampang Tanpa Perlu Kamera HP

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Senin, 12 Agustus 2024 15:24
Cara Pakai QRIS Tap, Makin Gampang Tanpa Perlu Kamera HP
Sistem pembayaran menggunakan QRIS memang sedang populer saat ini. metode cashless dirasa lebih praktis daripada menggunakan uang fisik.

Baru saja di-launching, cara memakai QRIS Tap itu gampang banget lho. Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, sistem pembayaran sudah berbentuk digital. Kamu sekarang sudah tidak perlu lagi repot-repot mengambil uang dulu di ATM sebelum berbelanja. Ada metode lain yang dirasa sangat praktis tanpa menggunakan uang fisik.

Metode tersebut disebut dengan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS kini menjadi standar nasional untuk pembayaran digital menggunakan kode QR di Indonesia. QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memudahkan transaksi pembayaran digital dengan menggunakan satu standar kode QR yang dapat digunakan oleh berbagai aplikasi pembayaran.

Bank Indonesia pun baru saja me-launching model QRIS yang baru. Metode tersebut dinamakan QRIS Tap yang nantinya kamu tidak perlu menggunakan kamera HP untuk melakukan scan. Penasaran caranya? Berikut ini adalah tata cara memakai QRIS Tap.

1 dari 4 halaman

Apa Itu QRIS Tap?

cara pakai QRIS tap© shutterstock.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara pakai QRIS Tap, ada baiknya kita ketahui dahulu tentang pengertiannya. QRIS Tap merupakan salah metode pembayaran berbasis teknologi NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi hanya dengan menempelkan perangkat atau kartu yang mendukung NFC ke mesin pembaca (reader) yang tersedia di merchant. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan kamera HP untuk menggunakan metode QRIS Tap.

Beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS Tap adalah HP dan kartu yang memiliki fitur NFC. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan metode QRIS Tap:

1. Proses transaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan metode pemindaian kode QR tradisional.

2. Kemudahan penggunaan karena cukup mendekatkan perangkat atau kartu ke mesin pembaca.

3. Keamanan tinggi karena transaksi hanya bisa dilakukan dengan jarak yang sangat dekat antara perangkat atau kartu dengan mesin pembaca.

2 dari 4 halaman

Fitur-fitur QRIS Tap

cara pakai QRIS tap© shutterstock.com

QRIS Tap memiliki fitur-fitur yang berbeda dari QRIS pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari QRIS Tap.

NFC

QRIS Tap memanfaatkan teknologi NFC yang memungkinkan transaksi hanya dengan mendekatkan perangkat atau kartu ke mesin pembaca atau reader, tanpa perlu scan kode QR secara manual.

Mudah dan Cepat

Dengan QRIS Tap, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah, hanya dengan " tap" yaitu menempelkan perangkat atau kartu.

Keamanan

Sistem ini dirancang dengan keamanan yang tinggi karena teknologi NFC memiliki jarak pembacaan yang sangat dekat, sehingga meminimalkan risiko akses tidak sah.

Integrasi dengan Aplikasi dan Kartu

QRIS Tap dapat digunakan dengan aplikasi dompet digital (e-wallet), mobile banking, atau kartu yang sudah mendukung NFC. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam memilih metode pembayaran.

Standar Pembayaran yang sama dengan QRIS Biasa

Sebagai bagian dari QRIS, QRIS Tap mengikuti standar pembayaran yang sama dengan QRIS biasa, sehingga dapat digunakan di berbagai merchant yang mendukung QRIS tanpa perlu konfigurasi tambahan.

Flesibel

QRIS Tap bisa digunakan di berbagai tempat, mulai dari toko retail, restoran, hingga transportasi, selama merchant tersebut memiliki perangkat yang mendukung NFC dan QRIS.

3 dari 4 halaman

Cara Memakai QRIS Tap

cara pakai QRIS tap© shutterstock.com

Cara menggunakan atau memakai QRIS Tap gampang banget lho. Salah satu yang harus kamu persiapkan adalah pastikan jika HP-mu memiliki fitur NFC. Berikut ini adalah tata cara memakai QRIS Tap:

1. Buka menu Settingsw di HP. Cari opsi NFC lalu aktifkan fitur tersebut.

2. Buka aplikasi dompet digital atau mobile banking yang mendukung pembayaran QRIS Tap. Pastikan saldo cukup atau metode pembayaran (kartu atau rekening) sudah terhubung.

3. Dekatkan media pembayaran ke mesin EDC (Electronic Data Capture) atau terminal yang mendukung QRIS Tap.

4. Jika menggunakan smartphone, pastikan layar menyala dan aplikasi pembayaran aktif. kalau menggunakan kartu, cukup tempelkan kartu pada mesin.

5. Setelah menempelkan perangkat atau kartu, sistem akan memproses pembayaran secara otomatis. Tunggu hingga muncul notifikasi atau konfirmasi bahwa pembayaran berhasil.

6. Setelah pembayaran selesai, simpan bukti transaksi yang biasanya tersedia di aplikasi atau melalui struk yang diberikan oleh merchant.

4 dari 4 halaman

Kekurangan QRIS Tap

cara pakai QRIS tap© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui cara memakai QRIS Tap bersama beberapa kelebihannya. Namun, metode pembayaran yang canggih ini juga memiliki kekuranngan lho. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari QRIS Tap yang perlu kamu ketahui.

Keterbatasan Jarak NFC

Teknologi NFC memerlukan jarak yang sangat dekat antara HP atau kartu dan mesin pembaca. Ini bisa menjadi tidak nyaman jika terminal pembaca sulit dijangkau atau jika perangkat tidak terpasang dengan baik pada mesin.

Tidak Semua HP Punya Fitur NFC

Tidak semua perangkat atau kartu mendukung NFC. Pengguna yang tidak memiliki perangkat atau kartu yang mendukung NFC tidak dapat memanfaatkan QRIS Tap dan harus menggunakan metode pembayaran lain.

Tergantung pada Infrastruktur

QRIS Tap memerlukan infrastruktur yang mendukung NFC di merchant. Di beberapa lokasi, terutama di daerah yang kurang berkembang atau di merchant kecil, mungkin tidak tersedia mesin pembaca yang kompatibel dengan QRIS Tap.

Gangguan Teknologi

NFC dapat terpengaruh oleh gangguan dari perangkat elektronik lain atau masalah teknis pada mesin pembaca, yang bisa menyebabkan transaksi gagal atau proses yang lebih lambat.

Itulah tata cara memakai QRIS Tap yang perlu kamu ketahui. Semoa membantu ya Diazens.

Beri Komentar