Gini Lho Cara Share Screen saat Video Call di WA, Gampang Banget!

Reporter : Yoyok
Senin, 8 Juli 2024 15:43
Gini Lho Cara Share Screen saat Video Call di WA, Gampang Banget!
WA atau WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi chatting dengan fitur segudang. Salah satunya adalah kini kamu bisa share screen.

Buat kamu yang belum tahu, sekarang ada cara untuk share screen di WA lho. WA atau WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi chatting yang memiliki jutaan pengguna di Indonesia, bahkan dunia. Ada banyak alasan mengapa WA menjadi pilihan untuk menjalin komunikasi secara online.

Mulai dari fiturnya yang sudah terintegrasi dengan nomor HP, penggunaan yang mudah, hingga kamu juga bisa melakukan video call di WA. Panggilan video atau video call menjadi salah satu fitur yang sering digunakan karena sifatnya yang live dan audio visual.

Sekarang, saat video call, kamu juga bisa share screen di WA. Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut ini adalah tata cara share screen saat video call di WA yang perlu kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Fungsi Share Screen di WA

cara share screen di WA© shutterstock.com

Seperti diberitahukan sebelumnya, share screen pada WhatsApp atau WA memiliki banyak fungsi atau kegunaan. berikut ini adalah deretan fungsi share screen di WA yang perlu kamu ketahui.

Alat Presentasi

Share screen di WA akan membantu dalam presentasi materi atau dokumen secara langsung kepada orang lain. Ini sangat berguna untuk pertemuan bisnis, diskusi proyek, atau kelas online ketika kamu menjadi pematerinya.

Solusi Masalah Teknis

Fitur share screen di WA juga memungkinkan seseorang untuk memberikan bantuan teknis dengan melihat layar orang lain. Ini mempermudah dalam memandu solusi masalah software atau pengaturan sistem.

Demo Produk

Fitur ini juga bermanfaat untuk menunjukkan cara kerja produk atau fitur baru kepada pelanggan atau tim. Hal ini juga memudahkan penjual dan pembeli berinteraksi tanpa perlu bertemu.

Pelatihan dan Pendidikan

Share screen di WA juga bisa digunakan dalam pelatihan atau sesi edukasi untuk memberikan demonstrasi langsung, yang nantinya akan mempermudah peserta untuk memahami materi.

Berbagi Informasi

Membantu dalam berbagi informasi penting yang ada di HP, seperti data, grafik, atau laporan.

2 dari 4 halaman

Cara Share Screen saat Video Call di WA

cara share screen di WA© shutterstock.com

Kita sudah tahu beberapa fungsi dan kegunaan dari share screen pada WhatsApp. Tentu banyak yang penasaran bagaiaman cara melakukannya karena fitur ini terbilang baru. Berikut ini adalah cara share screen saat video call di WA.

1. Pertama-tama, buka aplikasi WA di HP.

2. Pilih satu kontak atau nomor yang ingin kamu hubungi. Hubungi kontak tersebut dengan video call.

3. Setelah tersambung, nantinya di bagian bawah layar ada beberapa ikon yang bisa diklik, salah satunya adalah opsi untuyk share screen.

4. Klik ikon share screen tersebut.

5. Nantinya orang yang kamu hubungi bisa melihat apa yang ditampilkan di HP-mu. Kamu jugsa bisa menghentikan share screen di tengah-tengah video call.

3 dari 4 halaman

Cara Share Screen saat Video Call di WA via PC

cara share screen di WA© shutterstock.com

Share screen lewat WA tidak hanya bisa dilakukan di HP aja lho. Kamu juga bisa melakukan share screen via WA laptop atau PC. Berikut ini tata cara share screen saat video call di WA versi laptop atau PC.

1. Pertama-tama, buka WA via software di PC atau laptop. Atau, kamu juga bisa menggunakan WA web.

2. Pilih kontak yang ingin kamu hubungi. Klik akun kamera untuk memulai video call.

3. Saat melakukan video call, klik ikon share screen.

4. Pilih jendela yang ingin kamu share screen di laptop atau PC.

5. Nantinya, apa yang ada di layar laptop atau PC akan bisa dilihat oleh orang yang kamu hubungi.

4 dari 4 halaman

Tips Share Screen di WA yang Perlu Diperhatikan

cara share screen di WA© shutterstock.com

Share screen di WA bisa banget dipakai untuk membahas sesuatu bersifat informal dengan teman atau sahabat. Namun, jika urusannya sudah formal, maka kamu tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang perlu dilakukan ketika melakukan share screen di WA. Berikut ini adalah beberapa tips share screen di WA.

Persiapkan Materi

Pastikan semua dokumen, presentasi, atau aplikasi yang ingin bagikan sudah terbuka dan siap digunakan.

Cek Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil untuk menghindari gangguan selama share screen.

Minimalisir Gangguan

Tutup aplikasi atau jendela yang tidak relevan dan matikan notifikasi untuk menghindari gangguan selama sesi share screen.

Gunakan Full Screen Mode

Jika memungkinkan, gunakan mode penuh layar atau full screen pada aplikasi atau dokumen yang ingin dibagikan untuk memaksimalkan visibilitas.

Tes Terlebih Dahulu

Lakukan tes share screen dengan teman atau keluarga sebelum sesi utama untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Itulah tata cara melakukan share screen saat video call di WA. Gampang banget kan Diazens? Semoga membantu ya.

Beri Komentar