Komisi Tokopedia Affiliate: Beberapa Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Biar Nggak Bingung!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 5 Agustus 2024 21:43
Komisi Tokopedia Affiliate: Beberapa Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Biar Nggak Bingung!
Komisi Tokopedia Affiliate ini memiliki cukup banyak hal yang harus kamu ketahui. Selengkapnya kamu bisa cek di bawah ini~

Saat ini semua e-commerce sepertinya sudah memiliki program tersendiri untuk affiliate. Pasalnya, affiliate memang saling menguntungkan, baik itu untuk e-commerce ataupun untuk member affiliate. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia juga mempunyai program affiliate.

Seperti halnya affiliate secara umum, Tokopedia akan memberikan komisi untuk member affiliate jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan dalam membagikan link. Tentu saja ada beberapa jenis komisi yang diberikan oleh Tokopedia ini.

Nah, di dalam artikel ini Diadona akan memang beberapa hal mengenai komisi Tokopedia Affiliate. Jadi, mari simak ulasannya di bawah ini sampai habis ya, Diazens.

1 dari 6 halaman

Komisi Tokopedia Affiliate© Shutterstock.com

Apa Itu Tokopedia Affiliate?

Pertama-tama mari kita cari tahu apa itu Tokopedia Affiliate. Tokopedia Affiliate adalah sebuah program untuk mempromosikan produk milik Penjual dengan membagikan link yang di-generate melalui Tokopedia.

Begini cara kerjanya, kamu membagikan link produk ke pengguna lain melalui media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website, atau situs publik lainnya. Jika produk terjual melalui link yang kamu bagikan, kamu akan mendapatkan komisi.

2 dari 6 halaman

Jenis Komisi di Tokopedia Affiliate

Nah, berkaitan dengan komisi Tokopedia Affiliate, ada beberapa jenis yang harus kemu ketahui. Antara lain adalah per kategori, komisi ekstra, komisi berdasarkan kunjungan.

Komisi Berdasarkan Kategori Per Penjualan

Komisi Tokopedia Affiliate yang pertama adalah per penualan kategori. Nilai komisi maksimal Rp20.000 untuk setiap kategori per penjualan.

  • Kecantikan dan Fashion: Hingga 10%
  • Makanan & Minuman: 7%
  • Perawatan Tubuh, Office & Stationery, Aksesoris Handphone, Kesehatan, dan
  • Ibu & Bayi*: 5%
  • Buku dan Rumah Tangga**: 4%
  • Audio, Olahraga, Hobi, dan Otomotif***: 2%
  • Produk Lainnya: 1%
  • Elektronik, Jam Tangan, dan Perhiasan, Furniture, dan Pertukangan: 1%

Persentase dan nominal ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan Tokopedia ya, Diazens.

Komisi Ekstra

Komiisi Tokopedia Affiliate yang kedua adalah komisis ekstra. Seller akan memberikan Komisi Ekstra sebesar 1-20% (di luar komisi yang diberikan Tokopedia) tanpa maksimum komisi per penjualan.

Kamu selaku Affiliates berpotensi untuk mendapatkan Komisi Tokopedia beserta Komisi Ekstra dari seller sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Komisi berdasarkan Kunjungan

Kemudian komisi Tokopedia Affiliate yang terkahir adalah komisi kunjungan. Jadi, dalam hal ini Tokopedia akan memberikan komisi sebesar Rp50 untuk setiap kunjungan terverifikasi, dan akan masuk ke Saldo Affiliate kamu 1 hari setelah kunjungan dihitung.

Komisi Kunjungan yang didapat oleh Affiliate Partner untuk 1 (satu) Kunjungan Terverifikasi adalah Rp 10,- (sepuluh rupiah).

3 dari 6 halaman

Komisi Tokopedia Affiliate© Shutterstock.com

Cara Dapat Komisi dari Share Link Shop

Untuk mendapatkan link shop yang nantinya akan kamu bagikan ini mudah kok Diazens. Berikut ini cara mendapatkan komisi dari fitur share link shop Tokopedia Affiliate:

  • Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai Affiliate Tokopedia.
  • Kemudian cari toko yang ingin kamu promosikan. Toko bisa merupakan Power Merchant, Power Merchant PRO, atau Official Store.
  • Selanjutnya, adalah membuat link affiliate dari halaman toko. Cukup klik icon “ Share” dan pastikan informasi ‘Komisi hingga...’ muncul.
  • Terakhir, bagikan link tersebut di sosial media dan tunggu komisi kunjungan dan komisi ordernya.

Jangan lupa untuk cek hasil akumulasi komisi penjualan dan kunjungan dari halaman produk dan toko melalui portal affiliate yang ada di aplikasi Tokopedia, ya!

4 dari 6 halaman

Estimasi Waktu Terima Komisi Affiliate Tokopedia

Nah, untuk estimasi waktu menerima komisi Tokopedia Affiliate adalah 2x24 jam setelah produk yang kamu rekomendasikan statusnya berhasil terjual dan status transaksinya telah Selesai atau Finish. Komisi ini akan otomatis masuk ke Saldo Affiliate kamu.

Hal yang perlu kamu ketahui nih, Komisi tidak dapat diteruskan apabila pesanan tidak dibuat dalam 24 jam setelah link di klik atau 14 hari setelah produk masuk ke keranjang, atau pembeli checkout tidak dari link affiliate, seperti masuk dari toko langsung atau melakukan pencarian ulang nama produknya di kolom pencarian Tokopedia.

5 dari 6 halaman

Komisi Tokopedia Affiliate© Shutterstock.com

Cara Daftar Affiliate Tokopedia

Terkahir, jika kamu sudah paham dengan beberapa hal mengenai komisi Tokopedia Affiliate, berikut ini adalah cara untuk mendaftar sebagai affiliate.

  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP.
  2. Pastikan kamu sudah login akun Tokopedia
  3. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  4. Klik opsi " Daftar Affiliate" , setelah itu pilih " Daftar Sekarang" .
  5. Pada poin ini kamu akan diminta untuk melengkapi informasi akun media sosial yang akan digunakan dalam mengikuti program Tokopedia Affiliate, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, dan berbagai platform lainnya.
  6. Jika sudah, klik " Selanjutnya" .
  7. Setujui persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
  8. Setelah itu, klik " Daftar" dan proses pendaftaranmu telah selesai.

Untuk informasi lengkap mengenai apapun di Tokopedia kamu bisa cek di laman Tokopedia Care ya, Diazens.

Jadi itu ya Diazens beberap ahal mengenai Komisi Tokopedia yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar