© Unsplash.com/geo Uc
Instagram telah menjadi salaj satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Semakin hari, fitur dalam media sosial ini semakin lengkap dan bervariatif.
Untuk mewadahi paraa konten kreator video, Instagram meluncurkan IGTV. Di IGTV, kamu bisa mengunggah video yang durasinya lebih dari satu menit.
Kini, Instagram telah meluncurkan tools baru yang membuat para konten kreator mendapatkan uang dari IGTV. Sama seperti Youtube, bakal ada iklan yang muncul jika kamu sedang nonton sebuah video di IGTV. Namun, tools ini sifatnya masih uji coba.
Dikutip dari Techcrunch, content creator video Instagram bakal dapat pendapatan tambahan lewat IGTV. Akan muncul iklan saat kamu meenonton video content creator favoritmu.
Iklan dalam IGTV dirancang untuk para pengguna mobile. Iklan tersebut berdurasi selama 15 detik.
Tidak hanya IGTV yang akan di monetisasi Instagram. Fitur Instagram Live juga tidak luput dikomersilkan.
Monetisasi dalam Instagram Live yaitu dalam bentuk badges hati yang dihargai antara satu sampai lima Dollar.
Badges tersebut hanya bisa dibeli selama live. Ketika sudah dibeli, badges ini akan muncul bersamaan dengan nama pengguna di video. Kreator pun akan bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan siapa yang telah membeli badges tersebut.
Namun, dua hal ini statusnya masih uji coba. Instagram masih mencoba metode monetisasi yang cocok untuk IGTV. Pihak Instagram juga mengatakan bahwa 55 persen dari pemasukan iklan akan masuk ke kantong para kreator.
Hmmm bakal lebih bagus nih kayaknya konten-konten di IGTV. Tercium bau persaingan antara Youtube dan Instagram deh.