11 Ciri-Ciri Wanita Mandul secara Fisik dan saat Berhubungan Intim

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 17 Juni 2020 17:39
11 Ciri-Ciri Wanita Mandul secara Fisik dan saat Berhubungan Intim
Sebenarnya ada banyak wanita yang nggak bisa punya anak. Dan mengetahui ciri-ciri wanita mandul ini mugnkin bakalan terasa menegangkan.

Ciri-ciri wanita mandul kemungkinan bisa terlihat melalui tanda-tanda peringatan. Tapi tentu, semua harus dipastikam langsung melalui pemeriksaan oleh dokter yang ahli di bidangnya yah.

Pasangan dianggap memiliki masalah kemandulan kalau selama satu tahun sudah melakukan hubungan seksual secara rutin dan tanpa kontrasepsi, namun tak juga memiliki momongan. Tapi, apakah harus menunggu selama satu tahun untuk tahu kondisi tersebut?

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Mandul

Ciri-Ciri Wanita Mandul

Berikut beberapa ciri-ciri wanita mandul.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Saat seorang wanita mulai mengalami menstruasi, maka siklus yang nggak teratur bisa aja merupakan sesuatu yang normal. Namun setahun berikutnya biasanya siklus tersebut bakalan teratur kok. Tapi bila kondisi tersebut berlangsung lama, ini bisa jadi sebuah peringatan atau merupakan ciri-ciri wanita mandul.

Tapi nggak usah panik dulu, karena ada banyak kondisi lain yang mempengaruhi siklus menstruasi kok.

Pendarahan yang Ringan atau Berat

Menstruasi yang terjadi selama tiga sampai tujuh hari bisa dianggap normal. Tapi kalau ringan baget atau berat banget, mungkin harus memeriksakan diri ke dokter.

Kondisi menstruasi yang mugkin berkaitan dengan ciri-ciri wanita mandul, meliputi:

  • Perubahan yang signifikan dalam hal berat dan waktu menstrausi
  • Kram mestruasi parah
  • Bercak yang nggak biasa diantara masa selain menstruasi

Darah Menstruasi Gelap atau Pucat

Kalau menstruasi secara berangsur berwarna lebih pucat ketimbang awal menstruasi, maka ini perlu dikhawatirkan sebagai salah satu ciri-ciri wanita mandul. Umunya, darah menstrasui berwarna merah terang di awal siklus lalu lebih gelap di hari-hari berikutnya.

Tapi kalau darah menjadi berwarna gelap banget di akhir menstruasi, ini bisa menjadi tanda keberadaan endometriosis.

Nyeri Menstruasi Parah

Kebanyakan wanita mengalami kram dengan menstruasi mereka. Tetapi mens sakit banget sampe bisa bikin hidup terganggung, bisa jadi merupakan gejala endometriosis dan ciri-ciri wanita mandul.

Fluktuasi Hormon

Mengutip Healthline.com, tanda-tanda fluktuasi hormon pada wanita bisa mengindikasikan potensi masalah dengan kesuburan, dan menjadi ciri-ciri wanita mandul. Beberapa gejala yang terlihat, dintaranya:

  • Masalah kulit
  • Gairah seks berkurang
  • Bulu tumbuh di rambut
  • Rambut rontok
  • Pertambahan berat badan

Tidak Menstruasi

Sebenarnya adalah sesuatu hal yang nggak normal kalau seorang perempuan mengalami libur menstruasi. di beberapa waktu. Memang ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, misalnya faktor seperti stres, olahraga berat, dan lainnya. Tapi kalau menstruasi tersebut nggak datang selama beberapa bulan, bisa jadi itu adalah ciri-ciri wanita mandul.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Mandul Saat Berhubungan Intim

Ciri-Ciri Wanita Mandul

Sekitar satu pertiga masalah infertilitas berasal dari perempuan, sepertiga lainnya dari laki-laki, sedangkan sisanya dari faktor lain.

Pada saat berhubungan intim, ada ciri-ciri wanita mandul yang akan terlihat, meski nggak bisa sepenuhnya dijadikan patokan. Hasil diagnosa yang terbaik tetap harus dilakukan oleh dokter kandungan.

Nyeri saat Berhubungan Seksual

Beberapa wanita mengalami nyeri saat berhubungan seksual, dan kadang mereka meyakinkan diri kalau hal tersebut adalah normal. Tapi ternyata enggak lhoo.

Sebenernya, hal ini bisa terkait karena masalah hormon, endometriosis dan kondisi lainnya serta bisa jadi ciri-ciri wanita mandul.

3 dari 3 halaman

Ciri Fisik Wanita Mandul

Ilustrasi Hamil

Keberadaan ciri-ciri wanita mandul mungkin nggak bisa terlihat langsung tanpa melalui pemeriksaan dokter. Kondisi fisik yang bakalan Diadona bahas kali ini hanya sebatas peningkatan risiko kesuburan, bukan semata-mata sebagai tanda.

Berat Badan

Menurut verywellfamily.com, berat badan memainkan peran dalam kesuburuan.

Wanita yang obesitas punya kemungkinan untuk hamillebih rendah, dan punya risiko kehamilan yang lebih tinggi ketimbang mereka yang punya berat badan normal. Menjaga berat badan supaya nggak berlebih atau kekurangan adalah suatu upaya untuk kesuburan reproduksi.

Penyakit Kronis

Ini memang bukan ciri-ciri wanita mandul, namun keberadaan penyakit kronis bisa menyebabkan masalah pada kesuburan wanita. Misalnya, penyakit diabetes dan hipotiroidisme.

Dan kadang, perawatan untuk penyakit kronis juga punya pengaruh untuk kesuburan. Diantaranya insulin, antidepresam dan hormon tiroid bisa menyebabkan siklus jadi nggak teratur.

Pernah Menderita Kanker

Beberapa peraeatan untuk kanker bisa menyebabkan masalah kesuburan, terutama proses radiasi di dekat organ reproduksi.

Tidak Hamil Setelah 1 Tahun Berusaha

Bila pria sudah diketahui memiliki tingkat kesuburan yang baik, namun setelah satu tahun mencoba memiliki anak dan tak kunjung membuahkan hasil, mungkin bissa jadi ini ciri-ciri wanita mandul. Namun kalau perempuan tersebut berumur lebih dari 35 tahun, kemungkinan dia mengalami infertilitas bila selama 6 bulan berusaha hamil namun tidak membuahkan hasil.

Ciri-ciri wanita mandul yang udah Diadona ulas di atas tersebut nggak boelh dijadikan dasar pengambilan keputusan ya, namun hanya sebagai gambaran untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Beri Komentar