11 Manfaat Merica Bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 22 Januari 2020 00:01
11 Manfaat Merica Bagi Kesehatan Tubuh
Merica atau lada putih berwarna abu-abu atau putih kecil, berukuran kira-kira 3-4 mm. Berasal dari tanaman (Piper nigrum) sama seperti lada hitam.

Perbedaan antara lada putih dan lada hitam adalah keduanya diproses secara berbeda. Lada hitam dipetik setelah matang dan kemudian dijemur, lada putih disiapkan dengan melepas penutup luar biji sebelum atau setelah pengeringan.

Selain itu, lada putih lebih aromatik tetapi ternyata lebih pahit dibandingkan lada hitam. Lada putih digunakan terutama dalam hidangan berwarna terang. Tradisi ini awalnya berasal dari masakan Prancis, tetapi kemudian menyebar ke seluruh dunia.

1 dari 11 halaman

1. Membantu Mengatur Berat Badan

Ilustrasi Merica Putih

Lada putih membantu mengurangi berat badan karena kehadiran capsaicin. Senyawa ini memiliki efek menurunkan lemak dan mengurangi lemak, yang membantu membakar lemak tanpa mengubah nafsu makan.

2 dari 11 halaman

2. Mengobati Vitiligo

Ilustrasi Merica Putih

Vitiligo adalah kelainan kulit yang dikenali oleh hilangnya pigmentasi alami. Piperine dalam lada putih meningkatkan produksi melanosit yang pada gilirannya, membantu untuk merawat kondisi tersebut.

3 dari 11 halaman

3. Membantu Mengurangi Sakit Gigi

Ilustrasi Merica Putih

β-Caryophyllene, unsur utama yang ditemukan dalam lada putih memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi sakit gigi dan masalah mulut lainnya.

4 dari 11 halaman

4. Mengatur Kadar Diabetes

Ilustrasi Merica Putih

Piperine dalam lada putih memiliki sifat antidiabetes yang efektif dalam mengurangi glikemia dan menjaga gula darah dalam tubuh. Campuran curcumin dan lada putih paling baik untuk mengontrol glukosa darah.

5 dari 11 halaman

5. Mengurangi Stres Oksidatif

Ilustrasi Merica Putih

Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Bumbu putih ini memiliki sifat antioksidan karena adanya polifenol. Ini membantu tubuh melawan kuman asing dan berbahaya yang memasuki tubuh.

6 dari 11 halaman

6. Mengatur Tekanan Darah

Ilustrasi Merica Putih

Piperine dan flavonoid dalam lada putih membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Mereka juga membantu meningkatkan sirkulasi darah.

7 dari 11 halaman

7. Menyembuhkan Sakit Kepala

Ilustrasi Merica Putih

Bumbu aromatik ini mengandung piperin bernama alkaloid yang sangat berguna dalam penyembuhan sakit kepala dan migrain dengan menghalangi transmisi rasa sakit ke otak.

8 dari 11 halaman

8. Mencegah Tukak Lambung

Ilustrasi Merica Putih

Lada putih mengandung simetidin, yang meningkatkan efek sekresi asam lambung untuk pencernaan makanan yang mudah. Namun, lada putih 40 kali lebih efektif daripada histamin, yang diproduksi secara alami di perut.

9 dari 11 halaman

9. Membantu Mengobati Masalah Pernafasan

Ilustrasi Merica Putih

Bumbu berharga ini sangat dihargai untuk agen terapeutiknya seperti polisakarida pektik dan oligosakarida, yang sangat membantu dalam menyembuhkan flu, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

10 dari 11 halaman

10. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Ilustrasi Merica Putih

Agen anti-inflamasi lada putih sangat efektif untuk pengobatan jangka panjang individu dengan rheumatoid arthritis. Ini juga membantu dalam semua jenis nyeri sendi.

11 dari 11 halaman

11. Membantu Meredakan Rasa Sakit

Ilustrasi Merica Putih

Menurut sebuah penelitian, lada putih mengandung senyawa fenolik aktif yang memiliki efek anti-inflamasi. Ini membantu meringankan rasa sakit.

Beri Komentar