12 Cara Menambah Berat Badan Bayi secara Alami dengan Cepat dan Ampuh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 15:47
12 Cara Menambah Berat Badan Bayi secara Alami dengan Cepat dan Ampuh
Selain berpengaruh pada penampilan, kurang berat badan bisa saja merujuk pada kondisi kesehatan tertentu.


Banyak orang punya masalah dengan kelebihan berat badan mereka. Namun, nggak sedikit juga orang yang mengeluhkan kurangnya berat badan. Keduanya juga sama-sama punya dampak yang buruk buat kesehatan.

Namun perlu diingat kalau terlalu kurus bukan berarti nggak sehat, lho. Cuman mungkin beberapa dari kamu pengen menambah sedikit berat badan biar terlihat sehat, berisi dan punya lekuk. Kalau begitu yuk disimak 12 tips cara menambah berta badan yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber (20/12).

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan

Ilustrasi Makan

Punya badan kurus nggak selalu enak. Kadang kamu sering dikira sakit-sakit atau nggak doyan makan. Baju yang harusnya terlihat seksi pun malah terlihat longgar banget di badan kamu. Biar nggak seperti itu terus-terusan, berikut cara menambah berat badan dengan cepat yang layak kamu coba segera.

Makan Lebih Sering dan Lebih Banyak

Cara menambah berat badan dengan makan lebih sering memang sudah jadi pengetahuan awam. Untuk itu, pilih menu makanan yang jadi favoritmu, namum tetap tinggi kalori, lemak dan protein.

Setiap makan, gunakan piring yang lebih besar dari biasanya. Pada saat itu kamu akan tanpa sadar mengambil porsi yang lebih banyak dari biasanya. Saat makanan sudah ada di piring, maka kamu wajib menghabiskannya.

Konsumsi Jus

Alih-alih mengkonsumsi buah dalam bentuk potongan segar, kamu bisa mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu. Jus bisa jadi cara menambah berat badan yang menyenangkan, karena rasanya yang enak dan segar. Selain dari nutrisi buah, kamu juga bisa mendapatkan kalori dari gula yang ditambahkan pada proses pembuatannya.

Konsumsi Kalori Tambahan

Kalori dianggap jadi bahan penting dalam cara menaikkan berat badan melalui konsumsi makanan. Jadi, selalu cari langkah memasukkan kalori selain di waktu makan, atau mengganti makanan dengan yang tinggi kalori. Misalnya, memasukkan krim ke dalam kopi, mengganti camilan keripik dengan donat.

2 dari 4 halaman

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Ilustrasi Olahraga

Menambah berat badan secara alami bisa saja sangat sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. Kuncinya adalah konsistensi jangka panjang. Kamu juga harus memperhatikan cara menambah berat badan secara alami dan tetap sehat, agar kenaikan berat badan kamu nantinya tidak menimbulkan penyakit. Bagaimana caranya?

Jangan Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan dapat membuat perut kamu terasa penuh. Akibatnya, kamu cuman bisa makan sedikit makanan. Padahal untuk cara menaikkan berat badan, kamu harus memasukkan banyak makanan berkalori ke tubuh kamu. Ganti waktu minum kamu dengan sesudah makan, sebelum tidur, atau saat saat tertetu di sela jam makan kamu.

Olahraga

Siapa bilang olahraga cuman bisa untuk membuat badan lebih kurus? Faktanya, kamu bisa menaikkan berat badan dengan beberapa olahraga, salah satunya angkat beban. Ini untuk memastikan bahwa kalori yang masuk ke tubuh kamu diubah menjadi masa otot, bukan cuman sel-sel lemak yang bisa menjadi penyakit.

Setengah kilogram otot bisa membakar hingga 50 kalori per hari. Itulah mengapa otot punya peran penting dalam sistem metabolisme tubuh. Berat badan yang tinggi dari masa otot membuat tubuh kamu terlihat berisi, sehat, dan bugar.

Konsisten

Cara menambah berat badan seperti yang sudah kamu baca barusan, nggak akan berhasil kalau cuman kamu lakukan selama satu minggu. Berat badan yang sudah bisa aja hilang karena jadi bahan bakar metabolisme. Paling tidak, konsisten melakukan cara menambah berat badan dalam kurun waktu yang lebih lama untuk berat badan yang ideal sesuai dengan umur dan tinggi badan kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Menambah Berat Badan Bayi

Ilustrasi Bayi

Berat badan bayi yang tidak kunjung naik wajar bisa membuat orang tua khawatir. Tidak salah memang, karena berat badan menjadi salah satu indikator untuk memantau perkembangan dan kesehatan bayi. Tapi saat berat badan bayi kamu tak kunjung naik, jangan panik dulu. Berikut cara menambah berat badan bayi yang bisa kamu lakukan:

Tetaplah Menyusui

Meski bayi kamu sudah mulai dikenalkan dengan makaan padat, usahkan untuk tetap menyususi dia hingga 2 tahun. ASI mengandung komposisi berbagai zat yang mudah diserap dan sangat cocok untuk bayi. Saat lepas dari ASI eksklusif, kamu bisa mendorong berat badan bayi dengan penambahan susu murni.

Menyusui di siang hari mungkin tidak bisa optimal karena banyaknya gangguan. Misalnya, dia sibuk dengan mainan baru, atau mengekplorasi lingkungan di sekitarnya. Mungkin kamu bisa mengambil waktunya di malam hari saat sedang tertidur. Bangunkan selama 10 - 15 menit untuk menyusui, lalu biarkan dia melanjutkan tidurnya.

Pilih Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Dikutip dari laman Parents (20/12), makanan sehat tinggi lemak dan kalori bisa membantu menaikkan berat badan bayi. Karena keterbatasan dalam pencernaannya, pemilihan makanannya pun tidak boleh sembarang. Cara menaikkan berat badannya bisa dengan menambahkan minyak zaitun, kacang mentega, avokad, pisang, atau yougurt.

Konsultasikan dengan Dokter

Kalau cara-cara tersebut di atas sudah kamu lakukan namun berat badan anak tak kunjung naik, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Bisa saja anak terlalu kurus bukan karena kurang makan, namun ada permasalahan medis lain yang cuman bisa ditangani oleh dokter. Misalnya, alergi makanan, masalah pencernaan, atau masalah medis lainnya.

Tenang saja, para dokter tidak akan menghakimi kamu sebagai ibu yang tidak bisa mengurus anak hanya karena anak kamu kurang berat badan. Lebih baik segera berkonsultasi dan menyadari bahwa kamu butuh bantuan. Ingat, berat badan anak sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya kelak.

 

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menambah Berat Badan

Ilustrasi Hot Dog

Meskipun punya badan langsing itu bagus, tapi terlalu kurus juga nggak baik. Apalagi kalau disebabkan karena kurangnya nutrisi, atau terjadi saat kondisi kamu sedang hamil. Kamu bisa datang ke dokter atau ahli gizi untuk membantu masalah kamu, ditambah dengan cara-cara menambah berat badan yang ampuh yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Banyak Makan Camilan

Setelah makan tiga kali sehari dengan nutrisi yang cukup, selipkan kalori tambahan lewat camilan sehat di sela-sela jam makanmu. Misalnya, kamu bisa makan buah-buahan rendah serat namun tinggi kalori diantaranya semangka, dan nanas. Ini bisa jadi cara menambah berat badan yang ampuh, sehat, dan murah meriah.

Kalau bosan dengan buah, kamu bisa mencari camilan sehat lain yang sekarang sudah banyak tersedia di pasaran. Hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak. Alih-alih sehat, kamu bisa menumpuk kolesterol.

Jangan Lewatkan Makan Malam

Walaupun malas, jangan pernah melewatkan makan malam. Makan saat malam bisa jadi cara menambah berat badan karena kalori yang masuk dalam tubuh tidak dibakar menjadi energi. Kalori tersebut akan menumbuh di badan dan tersimpan menjadi cadangan lemak, yang bisa untuk menambah berat badan kamu.

Cara menambah berat badan yakni usahakan makam malam di antara pukul 20.00 sampai 21.30. Namun, beri jeda antara waktu makan dengan tidur malam kamu. Tidur dengan perut penuh akan mengganggu pencernaan kamu.

Minum Susu

Selain menghilangkan haus, susu mengandung banyak protein dan kalori berkualitas tinggi. Minum susu saat sarapan, atau sebelum tidur. Susu dingin yang segar bisa juga jadi pilihan di siang hari yang terik. Cara mengambah berat badan yang mudah dan sederhana, kan?

Nah, apakah kalian juga punya tips tertentu untuk menaikkan berat badan? Silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Beri Komentar