13 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil, Program Maupun Sebelum Hamil, juga Pria

Reporter : Sofi
Rabu, 26 Februari 2020 08:31
13 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil, Program Maupun Sebelum Hamil, juga Pria
Tidak hanya ibu hamil, berikut manfaat asam folat untuk kesehatan dan persiapan kehamilan.

Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Asam folat sangat berperan penting pada fase awal pembentukan janin, yaitu pada fase pembentukan sistem saraf pusat.

Beberapa studi menemukan bahwa kekurangan asam folat bahkan dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi. Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9, dapat mencegah cacat janin, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Tapi tidak usah khawatir, karena kamu bisa mendapatkan asam folat ini dari makanan seperti sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat asam folat.

1 dari 4 halaman

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Asupan asam folat ini dapat diperoleh dari suplemen kehamilan dan susu khusus ibu hamil. Berikut manfaat asam folat untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil

Mencegah anemia

Anemia saat hamil dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berpotensi mengancam nyawa ibu dan bayi. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapatkan manfaat asam folat dan zat besi yang cukup.

Menurunkan risiko preeklamsia

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ibu hamil yang mendapat cukup manfaat asam folat sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami preeklamsia. Kondisi ini merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, bengkak-bengkak, dan peningkatan kadar protein dalam urine. Menderita kondisi ini akan meningkatkan risiko ibu mengalami eklamsia atau kejang yang berbahaya saat hamil. Preklamsia juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

Mencegah keguguran

Mencukupi asupan asam folat harian sebelum dan selama hamil juga diyakini mampu mencegah terjadinya keguguran. Keguguran merupakan hilangnya kehamilan atau kematian janin saat usia kehamilan masih tergolong muda, yaitu kurang dari 20 minggu. Selain keguguran, manfaat asam folat juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan lain, seperti kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Mencegah cacat tabung saraf

Manfaat asam folat berperan penting untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik. Hal itu akan menghindarkan bayi dari risiko cacat tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida. Anensefali adalah kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak. Bayi yang menderita anensefali umumnya akan meninggal setelah dilahirkan.

Sementara itu, spina bifida merupakan kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakangnya. Bayi yang mengalami kondisi ini berisiko mengalami berbagai komplikasi, mulai dari kesulitan berjalan, infeksi otak dan saraf tulang belakang, masalah tumbuh kembang, hingga kecacatan permanen.

Tak hanya tabung saraf, beberapa peneliti pun mengemukakan bahwa manfaat asam folat juga dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan penyakit jantung bawaan pada bayi.

2 dari 4 halaman

Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil

Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat asam folat juga baik untuk program hamil. Berikut adalah manfaat asam folat untuk program hamil.

Untuk tumbuh kembang janin

Ilustrasi Janin

Selain sangat penting untuk produksi, perbaikan dan fungsi DNA, manfaat asam folat juga penting untuk tumbuh kembang janin dan plasenta.

Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat asam folat untuk program hamil lainnya adalah meningkatkan kesuburan pria. Antioksidan seperti asam folat dan seng (zinc) diketahui dapat meningkatkan jumlah sperma yang dapat meningkatkan peluang berhasilnya pembuahan dan kehamilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam folat dan seng sangat penting untuk pembentukan DNA dan sperma.

Meningkatkan kesuburan wanita

Asam folat untuk program hamil juga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Manfaat asam folat diketahui dapat memengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio dan keseluruhan proses kehamilan. Suplemen yang mengandung myo-inositol, asam folat, dan melatonin membantu meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium.

3 dari 4 halaman

Manfaat Asam Folat untuk Pria

Manfaat asam folat ternyata juga bisa didapatkan untuk pria loh. Berikut manfaat asam folat untuk pria.

ilustrasi pria tersenyum

Mengatasi depresi

Manfaat asam folat diketahui mampu untuk memperbaiki kondisi depresi. Hal ini karena asam folat dapat merangsang produksi neurotransmitter di dalam otak, seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Tidak heran jika asam folat kerap ditambahkan ke dalam obat antidepresan.

Mencegah kanker

Menurut beberapa penelitian, manfaat asam folat dipercaya mampu mencegah pertumbuhan beberapa jenis kanker, yaitu kanker paru-paru, kaker payudara, kanker pankreas, kanker usus besar, dan kanker leher rahim. Hanya saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas asam folat dalam mencegah penyakit kanker.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat asam folat diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena asam folat bisa menurunkan kadar homosistein dalam darah, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko munculnya penyakit jantung.

Mencegah anemia

Dengan asupan asam folat yang cukup, kamu bisa terhindar dari anemia, karena asam folat memegang peranan penting dalam produksi sel darah merah. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Penyebabnya bisa beragam, namun salah satunya adalah kadar asam folat yang rendah di dalam tubuh.

Menjaga kualitas sperma

Salah satu manfaat penting asam folat bagi pria adalah menjaga kualitas sperma. Sebuah studi menemukan bahwa jumlah asam folat yang rendah di dalam tubuh pria dapat menurunkan kualitas sperma. Selain menjaga kualitas sperma, asupan asam folat yang cukup juga bisa meningkatkan jumlah sperma.

4 dari 4 halaman

Manfaat Asam Folat Sebelum Hamil

Ilustrasi Pasangan

Janin tumbuh dengan cepat saat kehamilan. Konsumsi folat sebelum hamil dan selama sedang hamil akan membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Folat membantu menurunkan risiko cacat lahir, seperti neural tube defect (NTD), cacat pada jantung dan anggota tubuh, gangguan pada saluran kemih, penyempitan katup lambung, dan sumbing oral-wajah, seperti bibir sumbing dan celah pada langit-langit mulut.

Selain untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir, manfaat asam folat juga diperlukan untuk membentuk sel darah merah normal dan mencegah anemia. Folat juga penting untuk memproduksi, memperbaiki, dan untuk fungsi DNA. Terpenuhinya kebutuhan folat sangat penting untuk pertumbuhan sel plasenta yang sangat cepat serta untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Jadi, kamu harus memenuhi kebutuhan asam folatmu dengan memakan kacang-kacangan juga sayuran. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar