14 Manfaat Infused Water Lemon untuk Tubuh, Bisa untuk Diet dan Bikin Kulit Glowing

Reporter : Sofi
Sabtu, 17 Agustus 2024 17:55
14 Manfaat Infused Water Lemon untuk Tubuh, Bisa untuk Diet dan Bikin Kulit Glowing
Infused water lemon punya beragam manfaat seperti baik untuk pencernaan, diet, hingga kecantikan kulit. Tapi jumlah konsumsinya juga harus terukur, ya!

Di sela gempuran minuman manis, kayaknya kamu harus mencicipi rasa segar dan manfaat infused water lemon, deh! Rasa asam dari lemonnya menyegarkan, membuat haus lebih cepat hilang ketimbang hanya air minum biasa.

Trus aroma lemonnya yang yang khas, dengan nuansa citrus yang tajam ngasih sensasi segar pada hidung dan mulut kamu. Aroma ini juga membawa efek menenangkan dan bisa meningkatkan mood.

Selain itu, infused water lemon juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? simak ulasan Diadona berikut ini deh!

1 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Apakah Boleh Minum Infused Water Lemon Setiap Hari?

Secara medis, meminum infused water lemon setiap hari diperbolehkan asalkan masih dalam batas  wajar dan perlu memperhatikan kondisi tubuh agar tidak terdampak efek samping. Perimbangkan dua hal berikut ini sebelum meminum infused water lemon setiap hari.

Kandungan asam dalam lemon dapat merusak enamel gigi dari waktu ke waktu, sehingga membuat gigi lebih rentan berlubang. Untuk meminimalisirnya minumlah melalui sedotan dan membilas mulut tanpa menyikatnya sesudah mengkonsumsi air lemon agar dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan. 

Sensasi terbakar di perut. Ini harus kamu perhatikan bila kamu memiliki masalah pencernaan. Efek samping meminum infused water lemon dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di perut dan memperparah penyakit asam lambung seperti GERD.

Agar seimbang menurut ahli gizi, Dr Anju Sood dan Dr Rupali Datta dari Bengaluru memaparkan, bahwa mengkonsumsi dua lemon per hari sudah cukup untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dan sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. 

2 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 shutterstock.com/KatyaPulina

Kapan Sebaiknya Minum Infused Watre Lemon?

Menurut Roxanne B. Sukol, MD, MS seorang spesialis penyakit dalam, dikutip dari website Cleveland Clinic, waktu terbaik untuk meminum infused water lemon adalah di saat akan memulai hari alias di waktu pagi.

Dari hasil diskusinya memaparkan setidaknya ada beberapa alasan mengapa pagi menjadi waktu tepat untuk mengkonsumsinya.

Diantaranya, dapat membantu pencernaan, karena asam lemon dapat memecah makanan yang menumpuk di dalam perut semalaman. Selain konsumsi air, air lemon juga berfungsi untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi seharian.

Kemudian, dibanding minum teh atau kopi di pagi, air lemon lebih sehat dan dapat menjadi satu cara yang ramah jika kamu sedang program penurunan berat badan.

Selain itu meminum infused water lemon di pagi hari bisa menjadi cara sehat untuk memasok dosis vitamin C dalam tubuh, hal ini tentunya dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan memperbaiki sel. 

3 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 shutterstock.com/g/Julia+Sudnitskaya

Berapa Lama Merendam Lemon dalam Membuat Infused Water Lemon?

Pernah gak si  infused water lemon yang kamu buat terasa pahit? Nah mungkin dari cara buatnya ada yang keliru tuh. Perlu kamu catat bahwa merendam lemon dibutuhkan minimal 1 jam untuk benar-benar meresap air dan maksimal 4 jam untuk menghindari rasa pahit dari yang bersumber dari kulitnya. 

Selain tidak merendam lemon terlalu lama, cara lain agar infused water lemon yang kamu buat tidak terasa pahit adalah pastikan buang terlebih dulu semua biji buah lemon sebelum kamu rendam dan didiamkan di dalam air. 

Pada dasarnya rasa pahit memang berasal dari biji dan kulit lemon, sehingga pasti kamu berpikir untuk menghilangkannya terlebih dahulu. Namun, khusus kulit tidak direkomendasikan untuk mengupasnya, karena bagian tersebutlah yang membuat infused water lemon menghasilkan rasa yang nikmat dan khas. 

4 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 Mariah Hewines on Unsplash

Apa manfaat minum rendaman air lemon?

Dikutip dari insider.com, seseorang berbagi pengalamannya dengan rutin minum air lemon di pagi hari dan ia merasakan hasil yang menakjubkan.

Dalam waktu seminggu, ia mencoba menjalankan tantangan meminum air lemon dengan mencampurkan 237 ml air dan perasan setengah buah lemon setiap pagi hari. 

Setelah menyelesaikan challenge tersebut, ia merasakan ada beberapa hal yang beberapa dari tubuhnya. Seperti kondisi kulit wajahnya, dimana tidak lagi jerawat, tidak ada minyak berlebih dan tidak ada flek hitam baru.

Selain itu, ia juga merasa bahwa kulitnya jauh lebih lembut saat disentuh dan tampak lebih cerah. Namun, sayangnya beberapa hari setelah ia berhenti menjalankan kebiasan minum air lemon setiap pagi, beberapa permasalahan wajah tersebut mulai muncul kembali. 

Nggak hanya itu, efek yang ia rasakan setelah minum air lemon setiap pagi hari ternyata juga berdampak terhadap kesehatan mulut. Sebelumnya ia memang memiliki permasalahan dengan bau mulut, namun setelah melakukan tantangan ini, ia merasa air lemon perlahan membantu menyelesaikannya.

Hal tersebut ia rasa karena kandungan asam sitrat pada buah lemon sepertinya membantu memecah dan melawan bakteri di mulut. 

Hal terakhir yang dirasakan tepatnya pada akhir minggu, ia juga menemukan bahwa kondisi perutnya menjadi terasa tidak terlalu kembung. Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa air lemon dapat bertindak seperti diuretik alami dalam arti lain dapat membantu membersihkan tubuh dari kelebihan cairan. 

Sederet manfaat infused water lemon bisa kamu simak dalam uraian Diadona berikut ini : 

5 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 Tirza van Dijk on Unsplash

Mengatur tingkat keasaman (pH) di dalam tubuh

Menjaga kadar pH tetap ideal adalah suatu keharusan. Tujuannya untuk menghindari gangguan kesehatan seperti obesitas, hingga penyakit jantung sekalipun. Kandungan asam sitrat yang terdapat di infused water lemon dinilai efektif dalam mengendalikan kadar pH agar senantiasa normal.

Mencegah penuaan dini

Buah lemon adalah buah yang mengandung zat antioksidan. Sebagaimana yang kita ketahui, buah dengan kandungan antioksidan manfaatnya bagi tubuh sangat banyak, seperti merawat kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C. Kombinasi vitamin C dan antioksidan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen lebih banyak sehingga kulit tetap terlihat kencang dan kenyal. Untuk meraih hasil maksimal, imbangi konsumsi infused water lemon ini dengan sejumlah asupan nutrisi lainnya yang berasal dari jenis buah dan sayuran lainnya juga.

Mencegah infeksi

Manfaat infused water lemon juga diperkaya dengan zat antibakteri. Dengan begitu, mengonsumsinya secara rutin bisa menghindari dari infeksi bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Anti dehidrasi

Selain air putih, kamu bisa mencoba manfaat infused water lemon sebagai alternatif untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini disetujui sejumlah ahli yang berpendapat kalau infused water mampu membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Cairan mengambil 60% dari total berat badan kita. Idealnya, manusia membutuhkan 8-12 gelas air putih per hari agar tubuh tetap sehat. Dengan adanya tambahan buah lemon pada infused water lemon, minum air putih akan lebih menyegarkan.

Penambah Energi

Selain mengonsumsi banyak makanan dan vitamin, minum infused water lemon juga bisa jadi alternatif lainnya guna mengembalikan energi yang hilang, pun memperbaiki mood. Minumlah infused water lemon setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah lemon menjadikan manfaat infused water lemon sebagai peningkat daya tahan tubuh. Jika selama ini kamu mudah terserang sejumlah penyakit seperti flu, sariawan, dan infeksi lainnya, cobalah rasakan manfaat infused water lemon yang satu ini.

 

6 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 Jez Timms on Unsplash

Untuk menambah rasa dan juga khasiatnya, lemon sering dikombinasikan dengan mentimun untuk infused water yang lebih segar. Seperti apa manfaat kedua bahan ini bila digabungkan?

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat infused water lemon dan timun yang pertama yaitu bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika kamu mengkonsumsi timun yang banyak mengandung air, maka akan mendorong produksi air seni sehingga ikut membuang racun hasil metabolisme tubuh.

Baik untuk Kesehatan Ginjal

Timun mengandung kalium, fluorin dan silikon yang bisa membantu kerja ginjal. Beberapa zat ini juga mampu membuang sisa hasil metabolisme tubuh dan membantu ginjal untuk membuang lemak yang ada pada tubuh

Mengandung zat anti tumor

Banyak orang yang belum tahu bahwa manfaat infused water lemon dan timun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dihambat oleh timun yaitu kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena timun megandung zat anti tumor.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat membuat kembung.

Manfaat infused water lemon dan timun ini juga ditengarai oleh minum banyak air dapat membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Mood dan Tingkat Energi

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala.

Satu studi mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 1,2 liter air per hari. Ketika mereka meningkatkan asupan air hingga 2,5 liter per hari, mereka lebih bahagia, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih tenang.

 

7 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 Joanna Kosinska on Unsplash

Yang nggak kalah populer nih, infused water lemon juga katanya punya manfaat untuk diet.

Membantu menurunkan berat badan

Air dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini berlaku juga sebagai manfaat infused water lemon. Air telah terbukti untuk sementara meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30% selama sekitar satu jam.

Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi infused water lemon dimaksudkan agar tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Jika cairan di dalam tubuh tercukupi, otomatis pencernaan pun menjadi lancar.Kamu bisa mengambil manfaat infused water lemon yang satu ini untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

8 dari 8 halaman

Manfaat Infused Water Lemon© 2024 Francesca Hotchin on Unsplash

Setelah membahas manfaat infused water lemon, berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan 2 buah lemon, cuci sampai bersih
  2. Iris lemon menjadi beberapa bagian, buang bijinya.
  3. Siapkan 1 liter air putih matang
  4. Masukkan seluruh potongan lemon ke dalam air.
  5. Kamu bisa menambahkan potongan timun, daun mint, atau buah lain sebagai penambah rasa.
  6. Diamkan air lemon minimal 1 jam dan maksimal 4 jam. Kamu bisa memasukkannya kedalam lemari pendingan agar lebih segar.
  7. Setelah 1 jam, infused water akan berasa asam yang berarti infused water sudah siap diminum.

Bagaimana menurut tentang manfaat infused water di atas? Mudah dan tentunya bagus untuk tubuh bukan? Semoga bermanfaat!

Penulis : Shofi Febri, Husnul Khotimah

 

Beri Komentar