16 Cara Melangsingkan Badan secara Alami dengan Jeruk Nipis setelah Melahirkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 17 Januari 2020 16:01
16 Cara Melangsingkan Badan secara Alami dengan Jeruk Nipis setelah Melahirkan
Wajar kok kalau berat badan kamu nggak bisa langsung kembali seperti sebelum melahirkan. Tapi, mau samapi berapa lama?

Banyak perempuan mengira kalau setelah melahirkan, badan mereka akan kembali seperti semula. Namun faktanya, badan masih akan terlihat seperti sedang hamil enam bulan. Padahal kan bayi sudah lahir, kok bisa?

Gini, coba deh bayangkan perut kamu seperti balon yang perlahan-lahan menggembung saat mengandung bayi. Nah, fase melahirkan ini nggak sama seperti meletuskan balon tapi seperti membuka katupnya perlahan. Penurunan lingkar perut mungkin akan lambat, tapi tetap stabil.

Setelah bayi lahir, perubahan hormone akan membuat ukuran perut menurun. Tapi diperlukan waktu sampai emapt minggu sampai membuat Rahim kamu berkontraksi dengan ukuran seperti sebelum hamil. Meski begitu, kebanyakan ibu-ibu mengalami kesulitan untuk melangsingkan tubuhnya seperti sebelum kehamilan, meski sudah melahirkan dalam kurun waktu yang lama.

1 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Badan dengan Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan didapat dari kandungan antibakteri, antivirus dan antijamur. Jeruk nipis dapat meningkatkan konsumsi air, memperbaiki pola makan, memabntu pencernaan yang semuanya bisa menjadi cara melangsingkan berat badan.

Dalam satu buah jeruk nipis dengan diameter 2 senti hanya mengandung 20 kalori, 22 mg kalsium, 12 mg fosfor 68 mg potassium dan 19.5 mg vitamin C yang setara dengan 25 persen nilai konsumsi harian vitamin C orang dewasa.

Cara Melangsingkan Badan dengan Jeruk Nipis dan Air Hangat

Peras jeruk nipis dan campur dengan air hangat. Karena kamu akan melangsingkan badan, jadi batasi kalori dengan tidak menambahkan gula dalam gelas. Sebagai gantinya, usahakan untuk membautnya tidak terlalu asam.

Cara Melangsingkan Badan dengan Jeruk Nipis dan Jahe

Jahe dapat merangsang metabolisme dan membakar kalori dnegan lebih cepat. Buat sari jahe dengan mmelender lalu melarutkannya di air, kemudian saring ampasnya. Selanjutnya tambahkan perasan satu buah jeruk nipis.

2 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Badan secara Alami

Ilustrasi Sayuran

Beberapa cara melangsingkan badan dengan instan memang tersedia, seperti sedot lemak, pergi ke dokter atau konsumsi obat pelangsing. Semuanya bisa menjanjikan hasil yang sempurna, namun tetap harus diimbang dengan asupan makanan dan olahraga sebagai gaya hidup. Kedua cara tersebut sebenarnya juga cukup efektif menurunkan berat badan kamu asalkan dilakukan dengan penuh komitmen dan konsisten.

Perbanyak Serat

Serat bagaikan benda magis dalam cara melangsingkan badan. Kok bisa? Karena di dalam tubuh, serat dicerna lebih lambat, tinggal di perut lebih lama, sehingga punya efek mengenyangkan lebih lama. Artinya, kamu nggak bakalan gampang lapar dengan konsumsi banyak serat.

Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Dilansir dari healthline (17/01), bagian terpenting dalam melangsingkan tubuh yakni pada tingginya konsumsi karbohidrat. Namun penitng untuk diingat, kalaukamu sedang menyusui, maka batasi pengurangan kalori hanya pada angka 500 kalori per hari. Misalnya, 200 dari pengurangan makanan dan 300 dari pembakaran olharaga. Penelitian menyebut, memangkas 500 kalori per hari sebagai cara melangsingkan tubuh nggak akan berefek negatife pada penurunan ASI atau pertumbuhan bayi.

Jangan Makan Terlalu Malam

Jumlah makanan yang kamu makan mungkin tidak berubah setiap makan, tapi bisa berdampak berbeda pada tubuh tergantung pada waktu makan kamu. Saat makan terallu malam, misalnya, kalori akan cenderung menumpuk karena tidak melakukan aktivitas yang bisa melibatkan proses pembakaran kalori.

Perbanyak Protein, Lemak, dan Sayuran

Ganti asupan kalori kamu dengan konsumsi protein, lemak, dan sayuran sebagai cara melangsingkan badan. Saat kamu makan protein, misalnya, kamu bisa memperpanjang masa lapar dan Hasrat untuk ngemil hingga 60 persen, atau setara dengan pengurangan 441 kalori per hari.

Pilih Protein Sehat

Protein yang kamu konsumsi dapat menjadi cara melangsingkan tubuh karena bisa meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan serta mengurangi asupan kalori. Selain itu, jenis protein juga punyapengaruh lho. Misalnya, untuk protein sehat seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, dan kacang-kacangan, memiliki efek termal yang lebih besar dibandingkan dengan nutrisi yang lainnya. Artinya, dalam setiap proses pencernaannya akan dibutuhkan energi yang lebih besar, sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

Hindari Makanan Olahan Tinggi

Makanan seperti kue, keripik, dan makanan yang dipanggang, permen dan makanan siap saji bisa menghancurkan cara-cara melangsingkan tubuh yang sudah kamu alami selama ini. Selain tinggi lemak, kalori dan garam, makanan olahan cenderung bersifat adiktif sehingga bisa membuat kamu nggak berhenti makan.

Minum Teh Hijau

Katherine Zeratsky, R.D.N., L.D, instruktur nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, teh hijau mampu mempercepat laju metabolisme tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi sebanyak dua gelas per hari, dengan tetap membatasi jumlah gula untuk mendampingi rasa teh. Namun ingat, yang paling utama dalam cara melangsingkan tubuh yakni menjaga asupan makanan dan olahraga.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Melangsingkan Badan setelah Melahirkan

ilustrasi ibu dan bayi

Kunci untuk menurunkan berat badan yakni kesabaran. Ingat, butuh waktu seembilan bulan bagi tubuh kamu untuk mengakomodasi bayi yang besar, jadi akan sangat masuk akal kalau juga butuh waktu yang lama untuk mengencangkannya lagi seperti semula.

Menyusui

Selain untuk eksehatan bayi, menyusui bisa menjadi cara melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Sebuah studi yang melibatkan 4922 ibu baru membuktikan, merek yang menyusui akan kehilangan berat badan lebih tinggi disbanding mereka yang tidak menyusui. Tapi hasilnya baru bisa kamu lihat setelah enam bulan melahirkan.

Banyak Minum Air Putih

Minum air putih sebelum makan bisa jadi cara melangsingkan tubuh lho. Karena setelah kamu minum, maka lambung akan terisi dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk makanan. Akibatnya, kamu hanya akan makan sedikit makanan. Kalau kamu bosan dengan air putih, kamu bisa tambahkan irisan buah segar untuk menunjang rasa. Tapi ingat, hindari menggunakan gula karena hanya akan menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Banyak Berjalan Kaki

Sebagai ibu baru tentu kamu bakalan disibukkan dengan rutinitas mengurus buah hati. Melelahkan memang, namun usahakan untuk olahraga sebentar agar badan tetap segar. Salah satu yang bisa kamu lakukan sebagai cara melangsingkan badan adalah dengan berjalan kaki sebentar. Berjalan kali selama 20 menit memang nggak akan membakar kalori kamu dalam jumlah yang banyak, tapi anggap saja sebagai permulaan yang bagus.

Jangan Stres

Banyak orang yang kehilangan berat badan karena stress. Namun hal ini juga bisa terjadi sebaliknya. Saat kamu stres, produksi hormon kartisol akan meningkat selama masa-masa tersebut, lalu kadar insulin jadi meningkat, sementara gula darah menurun. Hal ini membuat kamu jadi ngerasa ingin makan-makanan yang manis dan berlemak. Stres di masa setelah melahirkan juga akan berpengaruh pada produksi ASI, lho.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Melangsingkan Badan

Ilustrasi Lari

Beragam produk pelangsing badan memberikan klaim bisa melangsingkan dengan cepat. Tapi, apakah aman? Padahal ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat berat badan kamu berkurang dalam waktu singkat dan cepat.

Puasa Berselang

Kalau kamu benar-benar membutuhkan cara cepat menurunkan berat badan, nggak ada salahnya mencoba dengan puasa berselang. Selama puasa ini, kamu dipaksa untuk benar-benar mengurangi kalori yang masuk ke tubuh karena waktu makan yang pendek.

Berlari di Tanjakan

Menurut Jill Penfold, pelatih pribadi yang berbasis di Los Angeles, ternyata olahraga berlari di tanjakan bisa membakar kalori 50 persen lebih banyak dibanding berlari biasa. Kalau 

Sit-Up dan Push-Up

Olahraga sit-up dan push-up memang berat, namun punya hasil yang sangat berdampak dalam cara melangsingkan badan. Laukan rutin untuk hasil yang optimal. Di awal latihan, lakukan hanya 10 kali ulangan untuk masing-masing gerakan, dan tambah frekuensi di setiap latihan.

 

 

Beri Komentar