16 Penyebab Telinga Berdengung Sebelah dalam Islam

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 5 Juni 2020 14:38
16 Penyebab Telinga Berdengung Sebelah dalam Islam
Ada beberapa penyebab telinga berdengung yang berbeda dalam dunia kesehatan dan Islam.

Penyebab telinga berdengung ini bisa dari aktivitas sehari-hari. Pasti pernah kan tiba-tiba telinga terasa berdengung? Dalam dunia medis, telinga berdengung biasa disebut tinnitus.

Bisa jadi penyebabnya juga karena penyakit loh! Telinga berdengung ini pun bisa dialami berbagai kalangan usia. Namun, memang biasanya sering terjadi pada lansia. Kadang hanya sebelah, tapi juga memungkinkan kedua telinga berdengung bersamaan.

1 dari 5 halaman

Apa Penyebab Telinga Berdengung

Penyebab Telinga Berdengung
Ada beberapa penyebab telinga berdengung yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Kotoran telinga yang tersumbat atau bisa disebut serumen prop akibat iritasi pada gendang telinga bisa jadi penyebabnya. Penting buat kita rutin membersihkan telinga.

2. Suara yang kencang atau bising memiliki sebutan noise-induced hearing loss. Terkena paparan suara yang kencang terus-menerus nggak bisa disepelekan begitu saja guys. Misalnya, mendengarkan musik, pilot, kuli bangunan ataupun musisi. Sebab hal ini bisa jadi penyebab telinga berdengung.

2 dari 5 halaman

3. Penyebab kuping berdengung selanjutnya bisa karena terjadi infeksi di bagian tengah atau biasa disebut otitis media. Kalau infeksinya sudah sembuh, maka telinga tidak akan berdengung kembali. Jadi, memang perlu mendapatkan perawatan dokter.

4. Penyakit tertentu seperti penyakit jantung, pembuluh darah, tumor jinak pada saraf pendengaran, gangguan tulang pendengaran, meniere, hipertensi bahkan gangguan pada leher atau kepala bisa menyebabkan telinga berdengung.

5. Faktor usia juga turut mempengaruhi. Biasanya memang telinga berdengung terjadi pada orang-orang tua, apalagi di usia 60 tahun ke atas. Kemampuan pendengaran akan berkurang dan kuping berdengung.

3 dari 5 halaman

Penyebab Telingan Berdengung Sebelah

Penyebab Telinga Berdengung
Kadang, nggak kedua telinga yang berdengung, bisa hanya salah satu. Penyebab telinga berdengung sebelah ini bisa dikarenakan beberapa hal ringan sampai penyakit yang serius.

1. Adanya penumpukan cairan di dalam telinga.

2. Gangguan pada gendang telinga.

3. Adanya kotoran dalam telinga yang tersumbat.

4. Etosklerosi atau adanya spertumbuhan tulang abnormal di bagian dalam telinga.

5. Mengalami kejang otot di sekitar telinga.

4 dari 5 halaman

6. Kena pengaruh obat-obatan tertentu, misalnya aspirin dalam dosis tinggo, obat antimalaria, antibiotik tertentu.

7. Memakai obat-obatan kanker, seperti kemoterapi.

8. Memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Penyakit kolesterol

10. Mengalami cedera di kepala dan leher.

5 dari 5 halaman

Penyebab Telinga Berdengung dalam Islam

Itu tadi beberapa faktor yang bisa jadi penyebab kuping berdengung dalam dunia medis. Ada pula arti tersendiri telinga berdengung dalam Islam loh guys!

Masalah telinga berdengung ini sudah dari dulu ada. Bahkan pernah dibahas Nabi Muhammad SAW pada 1400 tahun yang lalu. Nabi saat itu membaca shalawat dalam perkumpulan yang tertinggi di dunia ruh agar ingat pada Rasullullah SAW.

Telinga berdengung ini ternyata dalam islam memiliki arti yang bagus guys. Ada hadist dasarnya yang berbunyi:

" Jika telinga salah seorang diantara kalian berdengung, maka hendaknya ia mengingatkan (Rasulullah SAW) dan membaca shalawat kepadaku dan mengucapkan: dzakarallahu man dzakarani bi khairin (Semoga Allah SWT mengingat orang yang mengingatkan dengan kebaikan)" . (H.R. al-Hakim, Ibn as-Sinni, at-Thabarani).

Wah ada banyak hal yang jadi penyebab telinga berdengung ya guys? Semoga penjelasannya bisa dipahami dan diambil hikmahnya.

Beri Komentar