17 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha, Bokong, Perut dan Betis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Januari 2020 20:00
17 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha, Bokong, Perut dan Betis
Hampir semua orang punya selulit, dan hampir semuanya ingin menghilangkannya.

Selulit terbentuk ketika jaringan lemak yang terletak jauh di dalam jaringan kulit, terdorong keluar. Makanya, bentuknya terlihat bergelombang karena selulit mendorong jaringan ikat pada kulit.

Hingga saat ini diperkirakan lebih dari 85 persen wanita di atas 21 tahun punya selulit. Tapi, selulit nggak biasa terjadi pada pria. Selulit memang bukanlah penyakit. Tapi siapa sih yang pengen punya selulit. Karena diderita oleh banyak kaum wanita, ini menghalangi mereka untuk memakai baju tertentu.

Meski bukan kondisi medis yang darurat, selulit tetap saja sulit dihilangkan. Tapi jangan nyerah dong, ada beberapa cara menghilangkan selullit yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya dalam ulasana Didona berikut:

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit di Paha

Ilustrasi Wanita Olahraga


Secara alami, selulit biasa muncul di paha karena paha memiliki lebih banyak jaringan lemak. Faktor risiko lain diantaranya usia, usia, kadar estrogen, keturunan, , peradangan jaringan, dan peningkatan jaringan lemak yang disebabkan oleh penambahan berat badan.

Minum Banyak AIr

Air merupakan pilihan yang murah dalam cara menghilangkan selulit. Nggak cuma membuat kamu tetap terhidrasi, tetapi air juga membantu menghilangkan racun yang dapat menyebabkan penumpukan lemak. Air juga dapat membantu mendorong sirkulasi dan aliran limfatik.

Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan juga dapat membantu beberapa orang yang memiliki selulit, tetapi hanya jika Anda secara medis dianggap kelebihan berat badan. Kehilangan lemak tubuh yang berlebihan secara alami dapat mengurangi tampilan selulit.

Latihan Glute

Latihan glute tertentu dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar daerah paha, yang secara lebih lanjut bisa menjadi cara menghilangkan selulit. Memang sih, olahraga nggak akan bisa secara langsung sebagai cara menghilangkan selulit, tetapi otot yang lebih kuat dan kulit yang lebih kencang dapat mengurangi penampilan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit di Bokong

Ilustrasi Squats

Menurut American Council on Exercise, cara menghilangkan selulit yang paling efektif yakni dengan melakukan latihan kardiovaskular yang membakar lemak setiap hari. Latihan ini dikombinasikan dengan dua hingga tiga latihan beban per minggu.

Selain itu, masih ada banyak cara menghilangkan selulit, diantaranya:

Makan Serat dan Sayur

Alih-alih makan tinggi kalori, sebagai cara menghilangkan selulit usahakan untuk makana banyak serat dan sayuran. Kedua makanan ini akan mereduksi lemak, terutama di daerah yang rawan selulit

Berhenti Merokok

Setiap kepulan asap rokok yang kamu keluarkan akan mempengaruhi suplai darah ke kulit kamu. Semakin banyak kamu merokok, maka kulit akan semakin tipis dan cenderung melorot. Hal ini nih yang membuat selulit di tubuh jadi lebih terlihat.

Scrub Kopi

Zat methylxanthines misalnya kafein dapat menjadi cara menghilangkan selulit dan bekerja dengan teori merangsang lipolisis atau pemecahan lemak. Ada penelitian yang menunujukkan adanya perbaikan selulit jika scrub kopu diterapkan dua kali sehari selama enam minggu. Sayangnya, belum ada bukti peningkatan yang signifikan secara klinis.

Squats

Squats bisa menjadi cara menghilangkan selulit yang efektif, karena berfokus pada pada dan otot glutes. Semakin rendah posisi kamu saat melakukan gerakan squats, maka semakin baik untuk melawan selulit.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit di Perut

Ilustrasi Perut


Selulit umumnya ada di sekitar pinggul dan paha. Tapi nggak menutup kemungkinan bisa ditemukan di area lain juga, salah satunya perut. Selulit nggak terbatas pada jenis tubuh tertentu. Bahkan, selulit bisa menyerang orang dari segala bentuk dan berat tubuh.

Sedot Lemak

Sedot lemak merupakan cara menghilangkan selulit yan paling cepat. Mesk,i begitu, sebuah penelitian membuktikan kalau selulit bisa hadir lagi di tempat yang berbeda dari sebelumnya, hanay setahun setelah prosedur bedah. Mengapa? Ternyata, itu karena mereka tidak mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, dan tidak mau olahraga.

Pijat

Salah satu cara menghilangkan selulit yang banyak dikenal, yakni pemijatan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, atau dilakukan oleh pemijat profesional. Pijat dapat sebagai cara menghilangkan selulit dengan memperbaiki drainase limfatik. Ini juga dapat membantu meregangkan jaringan kulit sekaligus membantu meregangkan selulit.

Krim Antioksidan

Dilansir dari laman Health.com (24/01), krim antioksidan bisa menjadi cara menghilangkan selulit. Alasannya, karena kandungan antioksidannya dapat menurunkan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Produk yang Mengandung Retinol
Retinol telahd ikenal luas sebagai penghambat penuaan dini, namun juga bisa menjadi cara menghilangkan selulit. Retinol membantu membentuk kolagen baru, yang pada akhirnya membuat kulit lebih tebal dan selulit kurang terlihat.

Terapi Gelombang Akustik

Menurut sebuah laporandi tahun 2007, terapi gelombang akustik (AWT) adalah salah satu cara menghilangkan selulit yang paling menjanjikan. Dalam studi ini, para peserta dilaporkan kehilangan beberapa senti selulit di pinggul. Terapi akustik sebagai cara menghilangkan selulit diappang aman dan tanpa efek samping.

AWT terdiri dari serangkaian " gelombang kejut" yang membantu mengganggu jaringan yang membentuk selulit. Pada gilirannya, gelombang energi tinggi juga dapat meningkatkan kolagen dan elastisitas.

Menyikat Kulit

Prkatek menyikat kulit ini diklaim bisa membantu mengelupas kulit dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam kulit.

Bedah Cellulaze

Bedeah cellulaze ini telah disetujui oleh FDA sebagai cara menghilangkan selulit. cellulaze mengecilkan sel-sel lemak, memotong benjolan selulit, dan mengentalkan ke bagian kulit kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit di Betis

Ilustrasi Kaki Indah


Ada beberapa faktor utama yang berkontribusi terhadap pembentukan dan penyebaran selulit, diantaranya diet yang buruk, retensi cairan, dehidrasi, kurangnya sirkulasi, struktur kolagen yang lemah, kelebihan berat badan, perubahan hormon maupun berkurangnya aktivitas fisik.

Selain ketiga bagian tubuh di atas, betis juga rawan terserang selulit. 

Flaxseed

Konsumsi flaxseed bisa sebagai cara menghilangkan selulit. Ini karena flaxseed sangat bagus untuk kesehatan kulit, bisa menurunkan berat badan karena memodulasi kadar estrogen dan juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Makanan Tinggi Protein

Seperti yang ditulis di laman draxe.com, makanan berprotein yang berkualitas tinggi seperti daging sapi yang diberi makan rumput, telur kampung, ikan yang ditangkap liar dan bubuk protein organik dapat meningkatkan metabolisme dan bisa sebagai cara menghilangkan selulit.

Pakai Stoking

Stoking nggak cuman membuat kamu terlihat modis, tapi pemakaian stoking juga bisa menjadi cara menghilangkan selulit. Saat kamu sering memakai stoking, maka kulit kamu akan terlihat lebih halus karena membantu mencegah selulit menyimpan cairan.

Steps Up

Gerakan ini dilakukan seperti ada saat kita melangkah menaiki tangga, sehingga memerlukan alat bantu berupa bangku atau lainnya. Untuk melakukan steps up sebagai cara menghilangkan selulit, Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur sebagai lanjutan dari gerakan squat dan lunge.

Beri Komentar