21 Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah dan Sebelum Tidur

Reporter : Sofi
Jumat, 10 Januari 2020 15:40
21 Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah dan Sebelum Tidur
Ada banyak manfaat air putih untuk tubuh dan kebutuhan harian kita. Apa sajakah itu? Berikut manfaat air putih yang harus kamu tahu.

Meminum air putih merupakan kebutuhan harian yang harus dipenuhi. Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Lalu manfaat apa saja yang didapat dengan meminum air putih?

Manfaat minum air putih tentu banyak dan sangat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Jumlah air yang dianjurkan untuk diminum dalam sehari adalah 8 gelas sehari. Berikut adalah manfaat minum air putih yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

ilustrasi wanita minum air putih

Dengan minum banyak air putih, tentu dapat membersihkan bagian dalam tubuh kita. Selain itu masih banyak manfaat lainnya jika kamu banyak minum air putih. Berikut manfaat banyak minum air putih yang harus kamu tahu.

1. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kamu yang mengonsumsi makanan dan minuman tentu akan menghasilkan ampas atau toksin dalam tubuh. Manfaat minum air putih ini akan membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut. Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat.

Tak hanya keringat, manfaat minum air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

2. Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Salah satu manfaat minum air putih yang sangat penting bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kekuatan otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak. Manfaat minum air putih bagi otak akan membuatmu lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.

Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat energi pada seluruh tubuh kamu. Manfaat minum air putih menyediakan energi sehingga kamu tidak akan merasakan dehidrasi. Kekurangan air putih bisa membuat otakmu dehidrasi.

3. Mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood dan meredakan sakit kepala

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Manfaat minum air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

Dehidrasi juga memengaruhi sakit kepala. Menurut Europea Journal of Neurology, konsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

4. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat minum air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebi kuat.

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat minum air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih.

5. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat minum air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

ilustrasi wanita bangun tidur

Ketika kamu bangun tidur, biasakan untuk minum air putih karena banyak manfaat yang dapat kamu peroleh ketika kamu minum air putih setelah bangun tidur. Berikut adalah manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

1. Mencegah penyakit batu ginjal

Manfaat minum air putih merupakan kunci utama untuk menipiskan zat dalam urine yang dapat menyebabkan batu ginjal. Memulai dengan segelas air di pagi hari setelah bangun dari tidur akan membuat usaha kamu mencukupi kebutuhan air dalam sehari jadi lebih mudah.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Ketika kamu mengonsumsi segelas air di pagi hari dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Asam ini dapat mengganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.

3. Mengubah metabolisme tubuh

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, meminum segelas air dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. Minum air satu gelas saat perut kosong dapat membuat pencernaan lebih efisien untuk memulai hari.

4. Menjadi kebiasaan baik

Mengisi perut yang kosong di pagi hari dengan segelas air memiliki banyak manfaat mulai dari mengatur pencernaan hingga memberikan semangat dalam beraktivitas. Dengan membiasakan minum segelas air di pagi hari, kamu bisa memiliki kebiasaan yang lebih baik setiap harinya.

5. Mengeluarkan racun dari tubuh

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur dapat menjaga usus kecil dari dehidrasi. Saat keseimbangan air dalam tubuh seimbang, maka sistem pencernaan akan semakin baik. Kamu akan buang air lebih sering karena asupan air yang cukup. Semakin sering buang air, racun di dalam tubuh terbuang lebih cepat bersama urine.

6. Mengurangi sakit kepala

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Meminum air di pagi hari merupakan langkah awal agar sakit kepala kamu tidak semakin parah. Sehingga tidak mengganggu performa kerja dan penampilan tentunya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

ilustrasi tidur

Tidak hanya ketika setelah bangun tidur, manfaat minum air putih dapat dirasakan ketika sebelum tidur. Berikut adalah manfaat minum air putih sebelum tidur yang harus kamu ketahui.

1. Melindungi tubuh dari dehidrasi dan memperlancar detoksifikasi

Minum air putih bisa melindungi tubuh dari dehidrasi. Saat kita minum air putih, tubuh akan menggunakan air tersebut untuk proses hidrasi setiap mekanisme eksternal dan internal tubuh. Tak hanya itu saja, minum segelas air saat tidur bisa membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin.

2. Membantu menurunkan berat badan

Minum satu gelas air hangat sebelum tidur, bisa sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Minum segelas air sebelum tidur dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Asupan air pada malam hari meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori ekstra dari dalam.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih Hangat

ilustrasi teh panas

Meminum air hangat dapat mengisi kembali cairan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, membuat lebih rileks, mengatasi sakit kepala, dan lain sebagainya. Air hangat akan lebih berkhasiat jika kamu menambah perasan lemon atau jeruk nipis karena akan menambah nutrisi dalam kandungan air hangat tersebut membantu mendetoks racun secara maksimal. Akan tetapi, kamu tidak boleh menambah gula atau pemanis buatan. Berikut adalah manfaat air putih hangat yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah penuaan dini

Setiap orang tentu pernah terkena paparan radikal bebas dan racun saat beraktivitas sehari-hari. Hal itu bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa terlihat tetap awet muda dengan hanya rutin meminum air hangat. Cara ini akan membantu memperbaiki sel-sel kulit rusak dan menghilangkan racun penyebab penuaan dini.

2. Mengatasi nyeri haid

Banyak wanita memiliki keluhan sakit ketika masa menstruasi. Sebenarnya nyeri haid bisa diatasi dengan hanya meminum air hangat sebanyak-banyaknya. Air hangat akan memberikan efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi. Manfaat minum air putih hangat juga dapat mengendurkan otot perut dan nyeri pada vagina yang tertekan karena kontraksi.

3. Meredakan sakit

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Air hangat akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Air hangat akan membantu mengatasi rasa nyeri dari sendi, otot, atau saraf yang sakit. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

4. Detoks racun

Selain mampu mengeluarkan sisa makanan, air hangat juga akan membantu mendetoks racun dari dalam tubuh. Ketika kamu minum atau mandi dengan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan membuat tubuh berkeringat. Dengan begitu, racun akan keluar melalui keringat. Selain itu, racun juga bisa keluar melalui urine ketika kamu buang air kecil.

5. Membantu menurunkan berat badan

Minum air hangat secara rutin akan membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Ketika tubuh mengkompensasi suhu dalam air hangat, maka dapat menurunkan suhu internal tubuh yang kemudian akan mengaktifkan sistem metabolisme. Air hangat juga membantu ususmu berkontraksi untuk membersihkan sisa makanan yang menyebabkan perut membesar.

6. Menenangkan sistem saraf pusat

Air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuhmu. Dengan begitu, saraf pusat kamu tidak tegang dan terhindar dari stres serta depresi. Selain itu, bagi seseorang yang menderita radang sendi mungkin mendapatkan manfaat tambahan dengan meminum air hangat karena mampu menenangkan sistem saraf pusat mereka.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat minum air hangat secara rutin dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagaimanapun juga, air adalah pelumas yang membuat pencernaanmu terus berjalan. Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah. Air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang telah kamu makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuhmu.

8. Meredakan hidung tersumbat

Semua orang tentu pernah mengalami hidung tersumbat ketika diserang penyakit flu atau pilek. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan meminum segelas air hangat. Suhu hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan meringankan sakit kepala akibat sinus. Air hangat juga dapat membantu menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan yang disebabkan penumpukan lendir.

Jadi tidak ragu lagi bukan untuk meminum air putih ini setelah tau begitu banyak manfaat yang terjadi pada tubuh? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar