23 Manfaat Rebusan Kayu Manis dan Madu Untuk Kesehatan dan Wajah

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 16:13
23 Manfaat Rebusan Kayu Manis dan Madu Untuk Kesehatan dan Wajah
Tentu kamu sudah tidak asing dengan kayu manis. Bau harum dan rasanya yang khas mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

Kayu manis berasal dari bagian dalam kulit kayu manis. Pohon ini banyak ditemukan di selatan India, meskipun telah dipanen juga di Myanmar, Sri Lanka dan Amerika Selatan. Sejak awal abad ke-18, kayu manis telah tumbuh di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia.

Selain sifat obatnya, kayu manis juga merupakan afrodisiak, berfungsi untuk meningkatkan libido dan menangkal disfungsi ereksi. Tidak hanya itu, manfaat kayu manis juga dapat berkhasiat untuk masalah kesehatan lainnya, hingga untuk kecantikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kayu manis untuk masalah kesehatan dan kecantikan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat

Kayu manis adalah rempah yang sangat lezat. Telah dihargai karena sifat obatnya selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern sekarang telah mengkonfirmasi apa yang diketahui orang sejak lama. Terutama pada manfaat kayu manis untuk kesehatan seperti berikut.

1. Kayu manis mengandung antioksidan

Kayu manis mengandung sejumlah besar antioksidan polifenol yang sangat kuat. Dalam sebuah studi yang membandingkan aktivitas antioksidan dari rempah-rempah, kayu manis akhirnya menjadi pemenang, bahkan mengungguli " makanan super" seperti bawang putih dan oregano.

2. Kayu manis memiliki sifat antiinflamasi

Antioksidan dalam kayu manis memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit Anda.

3. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat kayu manis dapat menurunkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit jantung, termasuk kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Sebuah studi review besar menyimpulkan bahwa dosis kayu manis hanya 120 mg per hari dapat memiliki efek ini. Dalam studi ini, kayu manis juga meningkatkan kadar kolesterol HDL " baik" .

4. Dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah dapat secara dramatis mengurangi resistensi insulin, membantu hormon penting ini melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Menurunkan kadar gula darah dan meiliki efek anti diabetes yang kuat

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis, menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan kadar gula darah puasa sebesar 10-29%. Dosis efektif biasanya 1–6 gram atau sekitar 0,5-2 sendok teh kayu manis per hari.

6. Dapat memiliki efek menguntungkan pada penyakit Neurodegenerative

Dua senyawa yang ditemukan dalam kayu manis tampaknya menghambat penumpukan protein yang disebut tau di otak, yang merupakan salah satu ciri khas penyakit Alzheimer. Dalam sebuah studi pada tikus dengan penyakit Parkinson, kayu manis membantu melindungi neuron, tingkat neurotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik.

7. Dapat melindungi terhadap risiko kanker

Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa kayu manis adalah aktivator ampuh dari enzim detoksifikasi di usus besar, melindungi terhadap pertumbuhan kanker lebih lanjut. Temuan ini didukung oleh percobaan tabung, yang menunjukkan bahwa kayu manis mengaktifkan respon antioksidan pelindung dalam sel usus manusia.

8. Membantu memerangi infeksi bakteri dan jamur

Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama kayu manis, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Efek antimikroba kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut

9. Dapat membantu memerangi virus HIV

Kayu manis yang diekstraksi dari varietas Cassia diduga membantu memerangi HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia. Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan paling efektif dari semua tanaman obat yang diteliti.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu

kayu manis dan madu

Sudah diketahui bahwa kayu manis adalah rempah-rempah dengan manfaat yang besar. Khasiat ini akan bertambah jika ditambah dengan madu yang mempunyai manfaat yang banyak juga. Manfaat kayu manis dan madu yang dapat didapat antara lain.

1. Meningkatkan imunitas

Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan.

2. Meringankan kram menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Sebabnya, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

3. Mengobati infeksi saluran kemih

Manfaat kayu manis dan madu selanjutnya adalah mengobati infeksi saluran kemih. Kayu manis bersifat anti bakteri yang berarti juga bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih (ISK) secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan madu ke dalam segelas air hangat dan kemudian diminum secara rutin.

4. Meredakan sakit gigi

Manfaat kayu manis dan madu yang berikutnya adalah dengan meredakan rasa nyeri di gigi. Kamu pun bisa mengobatinya dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.

5. Meningkatkan pendengaran

Manfaat kayu manis dan madu yang dapat digunakan para manula adalah bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

6. Mengobati flu

Flu dan pilek adalah penyakit ringan yang bisa diobati dengan air hangat yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis dan madu. Manfaat kayu manis dan madu ini membasmi virus penyebab flu dan meluruhkan lendir-lendir di saluran pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Rebusan Kayu Manis

teh kayu manis

Kayu manis merupakan sumber potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. Salah satu cara memanfaatkan kayu manis ini adalah dengan merebusnya guna mendapatkan manfaat sehat. Berikut adalah manfaat rebusan kayu manis.

1. Meningkatkan imunitas

Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu manfaat kayu manis ini jika direbus juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan.

2. Menurunkan berat badan

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan.

3. Meringankan kram menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Karena itu, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

4. Meredakan sakit gigi

Manfaat kayu manis berikutnya adalah dapat mengobati sakit gigi dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.

5. Mengurangi efek buruk PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik, adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista yang berkembang di sisi luar. Minum air rebusan kayu manis diketahui bisa mengurangi efek buruk PCOS dan menurunkan resistensi insulin pada wanita yang sedang menderita PCOS.

6. Meningkatkan fungsi otak

Menurut penelitian, air kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

7. Mencegah kanker

Kayu manis mengandung senyawa anti karsinogenik yang terbukti bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

8. Mencegah diabetes

Senyawa polifenol dan antioksidan di dalam kayu manis juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah sehingga bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2.

9. Mempercantik kulit

Kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi.

10. Meningkatkan pendengaran

Para manula bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis Untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Cantik

Salah satu manfaat kayu manis adalah untuk mengatasi masalah pada wajah. Kayu manis memiliki sifat anti mikroba dan anti biotik yang dapat mencegah kulit dari masalah infeksi, reaksi alergi, iritasi, dan ruam. Manfaat kayu manis untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskan minyak esensial jika kulitmu mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Selain itu, mencampur bubuk kayu manis dengan madu juga berguna untuk mencegah jerawat atau gangguan kulit lainnya.

Jadi makin senang kan untuk menambahkan kayu manis ke dalam masakan atau minuman kamu. Selain aroma dan rasanya yang enak, kayu manis ini memang diperkaya dengan segudang manfaatnya jika dikonsumsi sewajarnya. Jadi makanan atau minuman apa yang kalian suka jika ditambah dengan kayu manis ini? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar