4 Makanan dan Minuman Pengganti yang Lebih Sehat dari Makanan Sehari-hari

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Jumat, 3 Januari 2020 15:57
4 Makanan dan Minuman Pengganti yang Lebih Sehat dari Makanan Sehari-hari
Berbagai macam makanan yang sering dikonsumsi seperti soda, sereal, permen dan lain sebagainya ternyata bisa diganti dengan makanan lain yang lebih sehat dengan cita rasa serupa.

Sereal, krimer kopi, soda dan berbagai macam jenis permen merupakan contoh makanan dan minuman yang sering dikonsumsi orang setiap hari. Walaupun beberapa barang tersebut mudah dijumpai dipasaran dan rasanya yang enak, barang tersebut ternyata dapat membahayakan kesehatanmu jika dikonsumsi secara rutin.

Dilansir dari healthline.com, ada pengganti bahan makanan yang lebih sehat dari bahan-bahan tersebut yang pastinya mudah dibeli dan dapat dibuat dirumah. Berikut adalah 4 Makanan dan minuman pengganti yang lebih sehat

1 dari 4 halaman

Krimer Kopi

krimer kopi

Krimer kopi identik dengan rasa lembut dan manis. Pembuatan krimer ini biasa ditambahkan pemanis buatan dengan kadar yang tinggi dan juga pengental sehingga berbahaya untuk kesehatan.

Untuk kamu yang suka mengkonsumsi kopi dengan campuran krimer namun khawatir dengan kandungan krimer, kamu bisa mencoba resep berikut untuk menghasilkan krimer yang enak dan juga sehat

Bahan:

  • 1 Kaleng santan utuh (400 ml)
  • 1 sdm sirup maple (atau sesuai selera)
  • 1 sendok teh ekstrak vanili

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah, dan kocong dengan rata
  2. Simpan di kulkas maksimal selama satu minggu, atau bekukan di freezer utnuk penggunaan lebih lama.
  3. Pastikan kamu sudah mengocok krimer buatanmu dengan baik sebelum mengunakan

2 dari 4 halaman

Soda

soda

Efek negatif dari mengkonsumsi soda dengan rutin sudah tidak diragukan lagi. Mengkonsumsi soda terlalu banyak dapat menyebabkan diabetes, obesitas, hati berlemak, sindrom metabolik, tekanan darah tinggi dan juga kadar gula darah yang tinggi.

Meskipun belakangan ini banyak orang berpikir untuk beralih ke diet soda, namun minuman ini juga tidak sepenuhnya lebih baik dari soda biasa. Diet soda tetap meningkatkan risiko sindrom metabolik dan penyakit stroke. Jika kamu merupakan orang yang rutin minum soda, yuk pertimbangkan untuk mencoba minuman ini sebagai pengganti soda

Infused sparkling water

Kamu bisa memasukkan buah-buahan favoritmu ke dalam botol air mineral untuk pengganti soda. Rasa buah-buahan akan meresap ke air yang menyebabkan air beraroma dan lebih sehat.

Sparkling greentea

Jika kmau ingin kafein, kamu bisa mengkonsumsi minuman sparkling greentea yang ada di pasaran. Minuman ini memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada soda.

Namun, hal yang harus diingat, air mineral merupakan pilihan terbaik untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

Sereal

cereal

Sereal merupakan makanan pokok yang sering dikonsumsi saat sarapan, terutama pada anak-anak. Namun sayangnya, sebagain sereal mengandung kadar gula yang tinggi dan juga rendah nurtisi seperti protein dan serat. Untuk alternatif yang lebih sehat, kamu bisa mencoba beebrapa makanan tinggi nutrisi berikut.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sereal alami yang tinggi serat dan juga protein. Kamu bisa memasak oatmeal gandum dengan isian yang bergizi seperti buah-buahan beri, kacang, kelapa, dan lain sebagainya.

Puding chia

Chia merupakan biji-bijian yang kaya serat. Untuk makanan yang sedikit manis namun kaya serat dan ramah bagi anak-anak, kamu bisa mencoba membuat puding chia.

Yoghurt parfait

Kamu bisa melapisi seluruh bagian yoghur dengan buah-buahan segar, kelapa dan juga kacang almond yang dihancurkan untuk sarapan.

Selain beberpa resep diatas, kamu bisa mencari resep oatmeal yang enak lainnya dengan menambahkan berbagai macam buah kesukaanmu.

4 dari 4 halaman

Permen

Permen merupakan makanan yang sering kali dikonsumsi berlebihan tanpa sadar, terutama pada anak-anak. Mengkonsumsi makanan manis ini, dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan juga penyakit jantung. Untuk itu, yuk coba alternatif permen yang lebih sehat

Buah kering

Buah kering merupakan makanan dengan sumber rasa manis alami yang pastinya menyehatkan. Cobalah menukar permen dengan beberapa stroberi kering, mangga atau apel.

Buah dengan lapisan dark coklat

krimer kopi

Mencelupkan buaj manis alami seperti pisang, stroberi, atau buah lainnya ke dalam dark coklat yang kaya antioksidan dapat memuaskanmu ketika sangat ingin mengkonsumsi permen.

Smoothie, yoghurt, dan buah-buahan merupakan makanan sehat pilihan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi konsumsi permen.

Nah, makanan apa lagi yang kira-kira sering dikonsumsi dan butuh pengganti yang lebih sehat? tulis di kolom komentar ya!

 

 

Beri Komentar