5 Manfaat Biji Mangga Yang Sering Kita Buang

Reporter : Sofi
Senin, 30 Desember 2019 17:02
5 Manfaat Biji Mangga Yang Sering Kita Buang
Kebanyakan orang setelah mendapatkan daging dari buah mangga akan membuang bijinya. Padahal, biji mangga mengandung khasiat untuk kesehatan. Berikut manfaat biji mangga untuk kesehatan.

Mungkin dari kalian ada yang menyukai buah mangga ini. Kebiasaan untuk memakan buah mangga adalah membuang kulit dan juga bijinya. Tapi tahukah kamu bahwa biji buah mangga juga mempunyai khasiat gizi?

Biji mangga berwarna putih krem ??dan permukaannya berserat dan berbulu. Benih terdiri dari lapisan keras yang menutupi inti biji buah ini. Inti biji mangga mengandung minyak, protein, kandungan abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium. Benih ini juga memiliki sejumlah senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan.

Biji mangga dapat dikonsumsi tetapi hanya dalam bentuk bubuk, minyak atau mentega. Dilansir dari boldsky.com (30/10/2019) berikut adalah 5 manfaat kesehatan dari biji mangga.

1 dari 5 halaman

1. Mengkontrol Diabetes

Konsumsi ekstrak biji mangga bermanfaat bagi penderita diabetes dan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes dan secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah.

2 dari 5 halaman

2. Menaikkan Kesehatan Jantung

ilustrasi periksa

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Ini karena aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga.

3 dari 5 halaman

3. Mengurangi Risiko Diare

Dalam pengobatan tradisional India, biji mangga telah digunakan untuk khasiat anti diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus.

4 dari 5 halaman

3. Menurunkan Berat Badan

ilustrasi menimbang badan

Dalam sebuah penelitian, ekstrak biji mangga meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid dan juga mengurangi obesitas. Asupan ekstrak biji mangga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

5 dari 5 halaman

5. Mencegah kanker

Biji mangga memiliki antioksidan, fitokimia dan asam galat. Sebuah penelitian menunjukkan efek antiproliferatif dari ekstrak etanol biji mangga pada sel kanker dan hasilnya positif dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Apakah kamu mengetahui khasiat dari bagian buah yang sering kita buang padahal berkhasiat lainnya? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar