7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kamu Wanita Hamil

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 16:40
7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kamu Wanita Hamil
Saat hamil, ketika kamu menjaga kesehatan diri, itu juga berarti menjaga kesehatan sang buah hati, bukan?

Kehamilan bukanlah sebuah kondisi yang biasa. Bagi kamu yang sedang hamil, selamat, kamu akan memikirkan banyak hal. Salah satunya adalah di samping harus menjaga kesehatanmu sendiri, kamu juga harus menjamin bayi lahir dengan keadaan sehat.

Untuk itu, penting teruntuk kondisimu saat ini menjaga kualitas makanan yang kamu konsumsi. Perlu dipastikan bahwa tubuhmu dan si bayi cukup nutrisi, vitamin, dan mineral. Sebaliknya, diet yang kekurangan nutrisi bisa jadi akan berdampak negatif akan perkembangan si bayi.

Dirangkum dari What to Expect (03/12), berikut 7 makanan yang bagus untukmu wahai wanita hamil.

1 dari 7 halaman

1. Daging Tak Berlemak

Ilustrasi Salmon

Daging tanpa lemak memiliki sumber protein yang tinggi. Di dalamnya terdapat asam amino yang merupakan unsur pembangun setiap sel dalam tubuhmu dan bayimu. Selain juga menstabilkan gula darahmu, makanan berprotein tinggu sangat bagi untuk mengembangkan suplai sel darah merahmu dan bayimu karena banyaknya kandungan zat besi. Sehingga, kamu akan terhindar dari risiko anemia yang umum terjadi pada wanita hamil.

2 dari 7 halaman

2. Miju-Miju

Ilustrasi Miju-miju

Kandungan yang dimiliki jenis kacang-kacangan ini yaitu vitamin B yang disebut folat sangatlah baik untuk wanita hamil. Folat ini sangat baik untuk pembentukan sistem otak dan sarah bayimu. Di samping itu, kandungan folat juga dapat mencegah spina bifida, yaitu cacat lahir yang ditandai celah atau defek di tulang belakang bayi.

3 dari 7 halaman

3. Salmon

Ilustrasi salmon

Ikan ini memiliki jenis lemak yang sangat bagus untuk bayimu yaitu lemak omega-3. Kandungan ini baik dalam pembentukan tubuh bayimu yang membantu memetabolisme vitamin A dan E. Selain itu, memakan salmon juga dapat membantumu agar nggak terjadi depresi selama kehamilan, dan yang paling penting salmon sangat baik untuk perkembangan mata dan bayimu.

4 dari 7 halaman

4. Yoghurt

Yoghurt

Yogurt memiiliki kandungan kalsuim yang bagus. Hal ini sangat untuk pertumbuhan bayimu, menjaga kekuatanmu, fungsi saraf dan otot-otot. Bakteri baik yang ada pada kandungan yogurt juga baik untuk mencegah gangguan pada perutmu.

5 dari 7 halaman

5. Avokad

alpukat

Avokad kaya akan folat, potasium, vitamin C dan vitamin B6. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk perkembangan jaringan dan otak bayi. Selain itu, kalau kamu sering mual-mual di pagi hari, memakan buah buah ini dapat meredakannya.

6 dari 7 halaman

6. Wortel dan Paprika

wortel

 

Wortel dan paprika memiliki kandung beta-karoten, yang lalu akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A. Hal ini tentunya penting sekali untuk perkembangan mata, kulit, dan organ bayimu.

7 dari 7 halaman

7. Air Putih

Air putih

Yang terakhir ini memang bukan termasuk ke dalam golongan makanan, tapi air putih sangatlah penting untuk kesehatan secara keseluruhan, baik untukmu maupun bayimu. Entah itu membangun sel-sel baru, memberi nutrisi, membuang racun, dan banyak lagi.

 

Nah, itulah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi selama masa kehamilan. Kamu punya rekomendasi makanan lain yang bagus dimakan saat hamil? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar