8 Penyakit Kelamin Wanita, Ciri-Ciri dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 16 April 2020 19:43
8 Penyakit Kelamin Wanita, Ciri-Ciri dan Pengobatannya
Mulai dari yang bergejala ringan hingga yang membahayakan fertilitas..

Nggak cuman penyakit menular seksual, ada berbagai penyakit kelamin pada wanita yang harus diwaspadai. Misalnya, keputihan, atau kutil kelamin.

Sebagian besar wanita menderita masalah dengan hal ini dari waktu ke waktu. Kebanyakan sih penyakit kelamin wanita ini terjadi karena siklus mentruasi, penuaan, konsumsi obat-obatan tertentu hingga perubahan setelah kehamilan.

Gejalanya bisa ringan dan sembuh sendiri, atau cuman dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Tapi, waspadai juga kalau sudah menyangkut risiko kesuburan.

 

1 dari 3 halaman

Penyakit Kelamin pada Wanita

Ilustrasi Kanker Serviks

Umumnya penyakit kelamin wanita dimulai dengan gejala rasa nggak nyaman di area kewanitaan, atau bsia berupa keputihan yang nggak normal. Penyebabnya juga bervariasi, penularannya juga bisa dengan berbagai cara. Intip ulasannya yuk!

Keputihan Tidak Normal

Memang sih keputihan seringnya merupakan hal yang normal dan teratur. Namun ada saatnya juga di mana ada beberapa jenis keputihan yang dapat mengindikasikan infeksi dan penyakit kelamin wanita.

Normalnya, keputihan bakalan berwarna putih yang menandakan awal dan akhir sikuls menstruasi. Tapi kalau keputihan ini berwarna hijau atau kuning dan disertai dengan rasa gatal, ini adalah keputihan yang nggak normal dan membutuhkan perawatan. Bisa aja ini merupakan gejala penyakit kelamin wanita berupa infeksi, dan harus segera ditangani.

Kutil Kelamin

Seperti namanya, penyakit kelamin wanita ini merupakan kutil yang tumbuh di area kelamin. Keberadaan mereka membuat rasa sakit, nggak nyaman dan juga gatal-gatal.

Penyakit kelamin wanita berupa kutil ini disebabkan oleh strain human papillomavirus (HPV) dengan risiko bahaya yang rendah. Dan beda ini ya dengan jenis HPV yang berisiko tinggi, yang menjadi penyebab kanker serviks.

Kutu Kelamin

Kutu ini merupakan serangga yang sangat kecil dan menyerang area kewanitaan. Ada tiga jenis kutu yang menyerang manusia, diantaranya:

  • Pediculus humanus capitis: Kutu kepala
  • Pediculus humanus corporis: Kutu tubuh
  • Phthirus pubis: Kutu kemaluan

Kayak yang kita tahu, kutu memakan darah manusia dan menyebabkan gatal-gatal hebat di daerah yang terkena. Kutu kemaluan biasanya hidup dengan rambut kemaluan dan disebarkan melalui kontak seksual.

Meski jarang terjadi, kutu kemaluan ini ditemukan di bulu mata, rambut ketiak, dan rambut wajah. Ini karena kutu tersebut ukurannya lebih kecil ketimbang kutu tubuh dan kepala.

Herpes

Penyakit kelamin wanita herpes merupakan nfeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan virus herpes simpleks (HSV). Umunya herpes ditularkan melalui kontak seksual, baik oral, anal, atau kelamin.

Dikutip dari laman Healthline, 1 dari 6 orang di Amerika Serikat pernah mengalami penyakit kelamin wanita ini. Di sana, sekitar 776 ribu kasus baru dilaporkan per tahun.

Tenang aja, ada banyak kok yang bisa dilakukan untuk mengobati gejala dan mengkondisikan penyakit kelamin wanitaini sehingga penderita nggak terganggu.

Ilustrasi Kanker Serviks

Sipilis

Sipilis menrupakan penyakit kelamin wanita yang sangat menular, melalui kontak seksual. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini juga bisa dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi ke janin selama kehamilan atau ke bayi pada saat kelahiran.

Sipilis telah dideskripsikan selama berabad-abad. Penyakit kelamin wanita ini bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada berbagai organ kalau nggak dirawat dengan benar.

Salpingitis

Salpingitis merupakan jenis penyakit radang panggul, yang mengacu pada infeksi organ reproduksi. Ini muncul saat bakteri berbahaya masuk ke dalam organ reproduksi.

Salpingitis dan bentuk-bentuk penyakit radang panggul lainnya biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) yang melibatkan bakteri, seperti klamidia atau gonore.

Salpingitis menyebabkan peradangan pada saluran tuba. Peradangan akhirnya bisa menyebar dengan mudah dari satu tabung ke tabung lainnya, sehingga kedua tabung tersebut bisa terkena. Kalau nggak diobati, salpingitis dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks - bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Penyebabnya, karena virus jenis Human Pappiloma atau HPV. Ketika terkena HPV , sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah kerusakan tersebut. Sayangnya pada sebagian orang, virus tersebut bertahan selama bertahun-tahun yang pada akhirnya berkontribusi terhadap proses pembentukan sel penyakit kanker di leher rahim.

Gonore

Gonore merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri gonore paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain selama kontak seksual, termasuk hubungan seks oral, anal atau vagina. Nggak cuman penyakit kelamin wanita, gonore juga bisa mengincar pria.

Infeksi penyakit kelamin wanita ini kalau tidak diobati maka dapat naik ke saluran reproduksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan nyeri parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita.

Klamidia

Di Amerika Serikat, penyakit kelamin wanita klamidia ini sangat mudah menyebar. Ini terjadi karena seringnya tanpa menimbulkan gejala, sehingga tanpa sadar seorang penderita menularkan kepada pasangannya. Karena faktanya, sekitar 75 persen infeksi wanita dan 50 persen infeksi pada pria terjadi tanpa adanya gejala.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Kelamin pada Wanita

ilustrasi depresi

Ciri-ciri yang bisa menjadi pertanda seseorang sedang menderita penyakit kelamin wanita, yaitu:

Keputihan yang Tidak Normal

Bila keputihan yang normal ditandai dengan cairan yang berwarna bening, tidak berbau dan gatal, maka hal sebaliknya terjadi bila tidak normal. Bila warnanya coklat, biasanya merupakan pertanda dimulai atau berakhirnya menstruasi. Tapi bisa juga merupakan gejala kehamilan.

Keputihan yag berwarna kuning atau hijau, berbau, dan menyebkan gatal, bisa merupakan gejala penyakit kelamin wanita. 

Kutil Kelamin

Penyakit kelamin wanita ini ditularkan melalui aktivitas seksual, termasuk oral, vagina, serta anal. Setelah infeksi, ciri-ciri keberadaan kutil ini mungkin baru muncul beberapa minggu atau bulan.

Kutil kelamin ini sering nggak terlihat oleh mata manusia. Bisa aja bentuknya sangat kecil dan warnanya yang sedikit lebih gelap. Bagian atas kutil mungkin menyerupai kembang kol, trus terasa halus dan bergelombang saat disentuh. Kemunculannya bisa aja berkelompok atau cuman atu buah aja.

Pada penyakit kelamin wanita, kutil biasa muncul di

  • Di dalam vagina atau anus
  • Di luar vagina atau anus
  • Di leher rahim

Kutil penyakit kelamin wanita juga bisa muncul di bibir, mulut, atau lidah yang telah melakukan kontak seksual oral dengan seseorang yang terinfeksi virusnya. Dan walaupun kutil nggak terlihat, tapi masih akan menimbulkan gejala berupa

  • Keputihan
  • Gatal
  • Berdarah
  • Rasa terbakar

Kutu Kemaluan

Udah bisa nebak dong pasti gimana gejala yang muncul kalau kamu punya penyakit kemaluan wanita berupa kutu. Yup, pasti gatal-gatal semua. Gatal yang dirasakan bakalan lebih intens di malam hari. Ada gejala lain yang menguikuti diantaranya

  • Demam
  • Gampang marah
  • Kekurangan energi
  • Bintik-bintik kebiruan pucat di dekat gigitan

Herpes

Gejala penyakit kelamin wanita herpes biasanya terjadi sekitar 2 sampai 12 hari setelah muncul infeksi Ada dua fase yang muncul, yaitu fase laten dan prodrome.

  • Fase laten, yaitu saat infeksi udah terjaid tapi nggak ada gejala yang muncul
  • Fase Prodrome, dimana gejala penyakit kelamin wanita ini terasa ringan. Kalau nggak ditangani, gejala bisa bertambah parah.

Gejala yang muncul diantaranya:

Gatal ringan atau kesemutan di skeitar alat kelamin, atau adanya benjolan kecil, merah atau putih yang nggak rata. Benjolan ini juga bisa terasa gatal atau nyeri. Kalau digaruk, maka benjolan bisa terbuka mengeluarkan cairan putih.

Pada akhirnya ini bsia meninggalkan borok yang bikin sakit saat teriritasi oleh pakaian dan bahan lain saat bersentuhan.

Sipilis

Gejala penyakit kelamin sipilis tergantung pada jenis tahapan yang sedang dilalui penderitanya. Misalnya di 10 hari sampai 3 buan infeksi, penderita mungkin mengalami pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha. Tanda sifilis pertama yang terlihat adalah luka kecil yang nggak sakit, yang muncul di mana bakteri masuk dalam tubuh.

Lalu 2 sampai 10 minggu kemudian, gejala yang terlihat biasanya berupa:

  • Ruam kulit berwarna coklat yang kemerahan berukuran kecil
  • Luka di mulut , vagina , atau anus Anda
  • Demam
  • Kelenjar bengkak
  • Penurunan berat badan
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala
  • Kelelahan ekstrim ( kelelahan )
  • Nyeri otot

Salpingitis

Nggak semua yang mengalami penyakit kelamin wanita ini mengalami gejala. Tapi kalau muncul, maka biasanya berupa:

  • Keputihan yang berbau
  • Keputihan kuning
  • Rasa sakit saat ovulasi, menstruasi, atau seks
  • Bercak yang terajdi antara fase menstruasi
  • Nyeri punggung bawah yang tumpul
  • Sakit perut
  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Sering buang air kecil

Kanker Serviks

Gejal akanker serviks sering kali nggak jelas, bahkan mungkin nggak ada gejala sama sekali sampai mencapai stadium lanjut.

Itulah kenapa penting banget untuk melakukan pencegahan dan skrining kesehatan secara rutin dan menyeluruh. kalau muncul, penyakit kelamin wanita menunjukkan gejala yaitu:

  • Pendarahan yang Tidak Biasa
  • Pada kebanyakan kasus, gejala kanker serviks yang pertama selalu ditandai dengan pendarahan yang abnormal pada vagina.

Pendarahan sebagai gejala kanker serviks tersebut termasuk diantaranya terjadi pada,

  • Selama atau setelah berhubungan seks
  • Selama masa menstruasi
  • Setelah mengalami menopause

Untuk meningkatkan kewaspadaan, nggak ada salahnya untuk melakukan kunjungan ke dokter kalau kamu mendapati mendapati pendarahan tersebut.

Gonore

Banyak wanita yag nggak mengalami gejala penyaki kelamin wanita gonore dengan jelas. Kalaupun terlihat, biasanya cenderung ringan dan mirip dengan infeksi lainnya, makanya jadi dulit buat teridentifikasi.

Gejala penyakit gonore pada wanita meliputi:

  • Keluar cairan dari vagina, dengan tekstur berair, krem atau agak hijau
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Mentsruasi yang lebih berat dan keluarnya bercak
  • Sakit tenggorokan
  • Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Nyeri tajam di perut bagian bawah
  • Demam

Klamidia

Sulit untuk tahu apakah seseorang terinfeksi penyakit kelamin wanita ini ikarean gejala yang nggak cukup jelas. Tapi saat terjadi, geala biasanya muncul dalams atu sampai tiga minggu setelah adanya kontak

Gejala penyakit klamidia berupa:

  • Keputihan abnormal yang berbauPendarahan yang terjadi di antar waktu menstrausi
  • Menstrausi yang menyakitkan
  • Nyeri perut dan demam
  • Rasa sakit saat berhubungan seks
  • Gatal atau terbakar di dalam atau di sekitar vagina
  • Nyeri saat buang air kecil

3 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Kelamin dan Pengobatannya

Ilustrasi Wanita Sedih

Nggak perlu takut, dengan perawatan yang tepat maka penyakit kelamin wanita bisa disembuhkan.

Keputihan yang Nggak Normal

Untuk mencegah infeksi, praktikkan kebersihan yang baik dan kenakan celana dalam katun yang bisa bernapas. Juga, praktikkan seks aman dan gunakan perlindungan untuk menghindari IMS.

Kutil Kelamin

Penyakit kelamin wanita berupa kutil mungkin akan terlihat hilang seiring waktu, tapi virusnya masih ada di sel kulit. Artinya, penderita bakalan tetap membawanya seumur hidup.

Pengobatan kutil penyakit kelamin wanita nggak bisa dilakukan dengan obat-obatan OTC atau yang bisa dibeli secara bebas. Penderita biasanya bakalan dikasih resep oleh dokter.

Kalau kutil ini nggak bisa hilang, mungkin diperlukan operasi kecil untuk mengangkatnya.

Kutu Kemaluan

Perawatan untuk penyakit kelamin wanita ini terdiri dari dekontaminasi diri, pakaian, dan tempat tidur.

Ada lotion atau shampoo yang digunakan untuk menghilangkan kutu. Atau kalau infeksinya cukup ringan, cukup dengan mencuci rambut kemaluan. Setelah perawatannya berhasil, beberapa telur kutu mungkin masih tertinggal di rambut kemaluan. Maka, hilagkan dnegan menggunakan pinset.

Obat rumahan atau mencukur serta mandi dengan air panas ternyata nggak efektif untuk menghilangkan penyakit kelamin wanita ini.

Herpes Genital

Gimana cara mengobati penyakit kelamin wanita ini? Sayangnya, herpes nggak bsia disembuhkan seutuhnya. Tapi ada banyak kok perawatan yang untukpencegahan infeksi, atau setidaknya mengurangi berapa banyak herpes yang ada di dalam tubuh penderitanya.

Obat antivirus adalah bentuk pengobatan yang paling umum untuk infeksi herpes genital.

Perawatan antivirus dapat menghentikan penyebaran virus di dalam tubuh , menurunkan kemungkinan infeksi akan penyebaran penyakit kelamin wanita ini. Antivirus juga dapat membantu mencegah penularan virus kepada siapa pun yang berhubungan seks dengan penderita.

Sipilis

Penisilin merupakan pengobatan untuk penyakit sipilis pada semua tahap. Tapi, walaupun bisa membunuh bakteri dan mencegah kerusakan organ lebih lanjut, tapi penisilin tidak akan membalikkan kerusakan pada organ yang telah terjadi. Perawatan dengan penisilin aman selama kehamilan.

Salpingitis

Mengobati penyakit kelamin wanita salpingitis bisa dilakukan dokter dengan meresepkan antibiotik oral atau intravena untuk membersihkan infeksi bakteri. Ini juga berlaku untuk pasangan seksual penderita.

Kanker Serviks

Pengobatan peyakit kelamin wanita kanker serviks biasanya dilakukan sesuai dengan stadium yang diderita pasien. Selain itu juga ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, uati letak sel kanker, jenis kanker, usia, kesehatan serta rencana untuk punya anak lagi atau tidak.

Gonore

Penyakit gonore biasanya disembuhkan dengan suntikan antibiotik Ceftriaxone atau satu dosis Azithromycin. Pemberian ini harus dilakukan oleh tenaga medis. Selain itu, undang-undang juga mengharuskan petugas medis buat melaporkan adanya infeksi penyakit gonore ini ke departemen kesehatan.

Maka dari itu, penting buat mempraktekkan kebersihan organ kewanitaan dan juga membatasi jumlah pasangan berhubungan seksual.

 

Beri Komentar