9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Lama Di Wajah Secara Alami

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 30 Desember 2019 16:28
9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Lama Di Wajah Secara Alami
Bekas luka bakar yang ada dikulit dapat dihilangkan dengan cara menghilangkan bekas luka bakar berikut ini lho.

Setiap orang menginginkan kulit wajah yang bersih dan mulus tanpa ada luka sedikitpun. Namun nyatanya hal tersebut sulit untuk dilakukan dan terkadang tidak dapat dihindari. Memang tidak menyenangkan memiliki bekas luka, terlebih jika berada di wajah. 

Bekas luka di wajah bisa diakibatkan karena jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, atau efek dari pascaoperasi. Bekas luka berupa jaringan parut merupakan hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka.

Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian dari kita menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya. Namun kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami ini sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk initip gimana cara menghilangkan bekas luka di wajah berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

oat milk

Sebenarnya memang telah banyak obat luka bakar yang beredar di pasaran. Namun kamu tetap perlu mewaspadai karena tidak semuanya aman. Beberapa kandungan bahan kimia yang ada didalamnya justru dapat menjadi penyebab kulit rusak. Untuk itu kamu dapat melakukan cara menghilangkan bekas luka di wajah berikut ini.

Minyak Wijen

Minyak wijen dapat membantu melembapkan kulit serta menyerap sisa panas pada luka bakar sehingga penyembuhan pun berjalan lebih cepat. Bahan alami ini juga bisa mencegah timbulnya bekas luka. Caranya pijat bagian luka bakar menggunakan minyak wijen ini. Lakukan hal ini setiap sebelum tidur hingga luka memudar.

Putih Telur

Putih telur sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Putih telur yang berasal dari telur ayam kampung dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan bekas luka, tapi jika kamu kesulitan menemukan telur ayam kampung, kamu bisa menggunakan telur ayam biasa. Cara menghilangkan bekas luka di wajah:

1. Campurkan sedikit perasan jeruk lemon dengan 1 sendok makan madu dan 1 putih telur.

2. Campur dalam mangkok kecil dengan ukuran yang sama, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering. Kelupas masker dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

Masker Oatmeal

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi oatmeal juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang ada di wajah.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan oatmeal adalah buatlah masker dari campuran oatmeal dan beberapa bahan berikut ini sebagai cara menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat di wajah.

Campurkan 1 gelas air, setengah gelas oatmeal, 2 tetes perasan lemon dan 1 sendok makan bubuk kayu manis. pada satu wadah, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Timun


Bekas luka bakar biasanya memang hilang lebih lama dibanding bekas lainnya seperti jerawat. Oleh karena itu pada bekas luka bakar, kamu perlu melakukan perawatan khusus agar dapat menghilangkannya. Berikut adalah caranya:

Mengkudu dan Timun

Baik mengkudu maupun mentimun juga ampuh digunakan untuk cara mengobati bekas luka di wajah atau yang lainnya. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan mengkudu dan timun adalah berikut ini:

1. Ambil buah timun atau mengkudu, lalu dihaluskan dan balutkan pada bekas luka. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit dan kemudian dibersihkan dengan air.

2. Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini bisa kamu lakukan saat malam hari dan dibiarkan hingga fajar tiba atau bangun tidur. Agar tidak berceceran, kamu bisa membalutnya menggunakan kain bersih atau perban. Lakukanlah secara rutin agar bekas luka segera tersamarkan.

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Cara menghilangkan bekas luka dengan jeruk nipis adalah dengan membelah jeruk menjadi 2 bagian, kemudian digosokkan pada bekas luka. Tunggu beberapa saat setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini memang sedikit lebih perih ketimbang dengan cara yang lainnya sehingga kamu harus sedikit menahan rasa pedihnya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Ilustrasi Lidah Buaya


Selain menggunakan salep atau obat lainnya yang dapat dibeli di apotik. Kamu juga dapat menggunakan beberapa bahan alami yang juga ampuh untuk mengembalikan kulitmu seperti semula. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka secara alami:

Madu

Kandungan madu yang luar biasa ternyata juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Madu memiiki sifat anti radang dan anti bakteri. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengoleskan madu pada luka bisa membantu menyembuhkan dan membersihkan area yang terluka, mengurangi rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti ligmin dan asam amino sehingga mampu menumbuhkan kulit baru di bagian wajah. Berkat kandungan tersebut lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan alami cara menghilangkan bekas luka di wajah.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama

Ilustrasi Cuka Apel

Beberapa luka yang ada pada wajah memang lebih sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu kamu membutuhkan kesabarann khusus dan treatment lebih dalam menanganinya. Jika kamu terus menerus merawatnya, maka dapat dipastikan jika bekas luka lama tersebut pasti akan pudar. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka lama yang dapat kamu lakukan:

Cuka Apel

Kini mulai banyak yang mengetahui jika cuka apel memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, salah satunya adalah bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas luka karena kandungannya. Berikut adalah caranya:

1. Buat campuran antara air dan cuka apel dengan perbandingan 1 : 1

2. Cuci wajah dengan menggunakan campuran tersebut. Pastikan campuran tersebut tidak masuk ke bagian-bagian sensitif pada tubuh seperti mulut dan juga mata.

3. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

4. Langkah kedua penggunaan dari cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan membasahi kapas dengan menggunakan cuka apel. Kapas yang sudah dibasahi tersebut kemudian d totolkan pada kulit yang bermasalah.

5. Diamkan sampai 10 menit hingga kering

6. Cuci dengan menggunakan air dan keringkan dengan menggunakan handuk kering.

7. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakannya setiap 1 hari sekali.

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan analgesik dan juga anti peradangan yang sangat kuat, oleh karena itulah minyak kelapa dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka lama.

1. Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Ketika minyak sudah mulai hangat balurkan minyak ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

2. Pijat lembut wajah anda setelah menggunakan minyak kelapa ini lalu diamkan.

3. Pastikan setelah menggunakan minyak anda tidak membasuhnya.

4. Lakukan perawatan ini sebelum tidur.

Cara menghilangkan bekas luka kayak yang udah Diadona share barusan ini nggak akan berhasil hanya dalam satu atau dua kali oles melalainkan harus konsisten dalam waktu yang lama. Semoga bekas lukanya segera hilang ya!

Beri Komentar