Apa Sih Perbedaan Batuk Pilek Berdahak dan Kering pada Anak? Yuk Cari Tahu Lebih Dalam lagi Moms!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 5 Juli 2024 20:58
Apa Sih Perbedaan Batuk Pilek Berdahak dan Kering pada Anak? Yuk Cari Tahu Lebih Dalam lagi Moms!
Meskipun tidak selalu mengindikasikan masalah serius, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memahami perbedaan antara batuk berdahak dan batuk kering apalagi disertai yang pilek

Memiliki seorang anak membuat kita sebagai orang tua perlu memperhatikan kesehatan pada anak secara lebih lanjut. Apalagi anak seringkali terserang penyakit seperti flu dan batuk pilek. Batuk dan pilek pada anak seringkali membuat mereka tidak nyaman, terutama saat beraktivitas atau tidur.

Meskipun tidak selalu mengindikasikan masalah serius, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memahami perbedaan antara batuk berdahak dan batuk kering apalagi disertai yang pilek. Hal ini berguna bagi orang tua untuk dapat segera memberikan perawatan sesuai dengan jenis penyakit yang sedang dialami oleh si kecil.

Nggak pinginkan jika si kecil mengalami batuk disertai pilek secara terus-menerus yang tak kunjung sembuh. Kita sebagai orang tua pasti akan sedih jika melihat si kecil yang kesakitan. Maka dari itu bagi orang tua perlu untuk memahami dua jenis batu pilek yaitu batuk pilek berdahak dan batuk pilek kering. Apa saja bedanya? SImak baik-baik, ya!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Batuk Pilek Berdahak dan Kering© Freepik.com

Apa Itu Batuk?

Batuk adalah respon alami tubuh untuk melindungi saluran napas. Ketika ada benda asing, lendir, atau iritasi yang mengganggu, tubuh akan merespons dengan mengeluarkan zat-zat tersebut melalui batuk.

Jadi secara umum, batuk adalah refleks tubuh untuk melindungi saluran napas dan melawan infeksi. Lalu, yang paling umum batuk sendiri terbagi menjadi dua yaitu batuk berdahak dan dan juga kering.

Perbedaan Batuk Pilek Berdahak dan Batuk Pilek Kering

Mengenai batuk pada anak, ada dua jenis batuk yang sering dialami si kecil. Pertama ada batuk pilek berdahak dan juga batuk pilek kering. Untuk detailnya mari simak penjelasannya di bawah ini

Batuk Pilek Berdahak

Pada jenis batuk ini, tenggorokan anak mengeluarkan lendir atau dahak melalui batuk. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada sistem pernapasan, seperti flu, pilek, atau pneumonia. Jangan khawatir, karena ini adalah cara tubuh melawan infeksi dan membersihkan saluran napas.

Batuk Pilek Kering

Pada jenis batuk ini, anak tidak akan mengeluarkan lendir atau dahak yang keluar. Tenggorokan terasa gatal dan kering. Batuk kering bisa terjadi karena iritasi pada saluran pernapasan atas, seperti setelah flu atau pilek. Beberapa orang juga mengalami batuk kering karena sisa lendir yang terakumulasi di hidung atau tenggorokan.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Batuk Pilek Berdahak dan Kering© Freepik.com

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Mengalami Batuk?

Pengobatan batuk pada anak tentu saja tergantung pada jenis batuk yang diderita anak. Namun, jika kamu tidak yakin dengan kondisi si Kecil, langsung saja konsultasikan terkait batuk yang dialami si Kecil dengan dokter.

Kemudian, kamu bisa mencoba melakukan cara langkah meredakan batuk pada si Kecil berikut ini.

Gunakan Obat Batuk yang Sesuai

Ada berbagai jenis obat batuk, termasuk yang mengandung ekspektoran (untuk membantu mengeluarkan lendir) dan antitusif (untuk meredakan batuk kering). Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk memilih obat yang sesuai dengan kondisi anak.

Istirahat dan Minum Banyak Air

Istirahat yang cukup membantu tubuh mempercepat proses penyembuhan. Ajak anak untuk minum banyak air agar dapat membantu melonggarkan lendir dan menjaga saluran napas tetap lembab.

3 dari 5 halaman

Tips Mengatasi Batuk Pilek Berdahak pada Anak

Batuk pilek berdahak pada anak seringkali membuat mereka tidak nyaman. Namun, jangan khawatir! Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meredakan batuk pilek berdahak pada si kecil:

Berikan Obat Sirup Batuk Berdahak

Hufagripp Batuk Pilek Berdahak

Berikan obat sirup batuk pilek berdahak yang direkomendasikan, seperti HUFAGRIPPP BP Berdahak Syrup. Obat ini membantu meredakan batuk berdahak dan melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek.

Posisi Tidur yang Tepat

Saat si Kecil hendak tidur, tinggikan posisi bantal. Hal ini membantu mengurangi risiko lendir turun ke tenggorokan (postnasal drip), yang bisa menyebabkan batuk dan iritasi tenggorokan.

Pasang Humidifier di Ruang Tidur

Humidifier membantu meningkatkan kelembaban ruangan. Tenggorokan si Kecil akan tetap lembab dan dahak lebih mudah dikeluarkan.

Perbanyak Minum Air Putih

Pastikan si Kecil minum banyak air putih untuk menjaga hidrasi tubuh. Makanan berkuah dan hangat, seperti sup, juga membantu mengencerkan lendir di tenggorokan.

4 dari 5 halaman

Tips Mengatasi Batuk Pilek Kering pada Anak

Untuk mengatasi batuk pilek kering juga butuh perlakukan yang khusus buat anak ya Diazens. Kamu bisa mengikuti beberapa penanganan seperti di bawah ini ya:

Obat Sirup Batuk Kering

Batuk Kering dan Pilek

Berikan pada anak obat sirup khusus untuk batuk pilek kering, seperti HUFAGRIPP BP Batuk Kering & Pilek Syrup. Obat ini membantu meredakan batuk tanpa lendir dan juga mengurangi gejala pilek.

Pasang Humidifier

Gunakan humidifier di ruangan tidur. Humidifier akan meningkatkan kelembapan udara, sehingga tenggorokan dan saluran hidung anak akan lebih nyaman.

Air Madu untuk Tenggorokan

Berikan air madu untuk melegakan tenggorokan yang teriritasi. Madu memiliki sifat anti inflamasi dan membantu meredakan peradangan. Madu sendiri adalah minuman yang akan disukai oleh si kecil karena rasanya manis dan enak.

Berkumur dengan Air Garam

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat. Berkumur dengan air garam ini membantu membersihkan tenggorokan dan meredakan iritasi.

Hindari Aktivitas Fisik Berat

Istirahat yang cukup dan hindari aktivitas fisik yang berat. Ini akan membantu tubuh pada anak fokus pada proses penyembuhan.

5 dari 5 halaman

Jadi itu ya Diazens cara mengobati batuk pilek berdahak dan kering pada anak. Pastikan memberikan sirup obat batuk pilek yang sesuai dengan jenis batuk pilek yang dialami anak. Selain itu, selalu perhatikan aturan pakai sebelum memberikan obat batuk pilek pada anak.

Jika batuk pilek tidak mereda dan berlangsung lebih dari tiga minggu, segera periksakan anak ke dokter. Batuk pilek yang berlangsung lama dapat menyebabkan infeksi dada yang serius.

Beri Komentar