Belum Tahu Apa Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan? Rugi Banget, Ini Daftar Lengkapnya!

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 7 Februari 2020 14:00
Belum Tahu Apa Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan? Rugi Banget, Ini Daftar Lengkapnya!
Bukan hanya jadi bahan penting di dapur, yuk ulik apa manfaat bawang bombay untuk menjaga kesehatan.

Selama ini, kamu mungkin hanya menganggap bawang bombay sebagai salah satu bahan masakan yang mampu memberikan citarasa yang gurih dan aroma yang lezat pada berbagai hidangan. Tapi tahukah apa manfaat bawang bombay untuk kesehatan?

Faktanya, khasiat bawang bombay bukan hanya dimanfaatkan di dapur tapi telah dikenal sejak zaman kuno untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung dan sariawan. Bahkan, anggota genus Allium ini disembah di Mesir kuno karena bentuk dan lapisan dalamnya yang melambangkan keabadian. Sedangkan di abad pertengahan, bawang bombay digunakan sebagai hadiah bagi bangsawan dan alat pembayaran karena memiliki nilai yang tinggi.

Bukan hanya jadi bahan penting di dapur, yuk ulik apa manfaat bawang bombay untuk menjaga kesehatan.

1 dari 11 halaman

Padat Nutrisi

©Shutterstock

Bawang bombay dikenal rendah kalori tapi kaya vitamin dan mineral. Satu bawang bombay hanya mengandung 44 kalori tapi memiliki dosis vitamin, mineral dan serat yang cukup besar. Menyediakan 20% dari kebutuhan vitamin C harian, nutrisi ini membantu menjaga kekebalan tubuh, memicu produksi kolagen, memperbaiki jaringan sel dan membantu penyerapan zat besi. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bawang bombay juga kaya akan vitamin B, termasuk B9 atau folat dan B6 yang memainkan peran penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah dan fungsi saraf. Last but not least, bawang bombay menjadi sumber kalsium yang menjaga sistem kerja saraf, fungsi ginjal dan kontraksi otot.

2 dari 11 halaman

Pencegahan kanker

Apa manfaat bawang bombay yang cukup penting buat menjaga kesehatan? Ya, para peneliti telah meneliti semua jenis bawang terkait dengan kanker dan menemukan mereka yang secara rutin mengonsumsi bawang bombay dapat menurunkan risiko kanker. Khasiat luar biasa ini disumbang senyawa penting dalam bawang bombay yang dapat mencegah kanker, salah satunya vitamin C yang melawan pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

3 dari 11 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

©Shutterstock

Kebanyakan masih menganggap konsumsi susu dan produk olahan merupakan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan tulang. Ternyata, ada hubungan antara konsumsi bawang bombay dan kesehatan tulang, terutama untuk perempuan. Mereka yang memakan bawang bombay dalam frekuensi yang lebih sering akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Selain itu, risiko patah tulang pinggul menurun lebih dari 20% dibandingkan dengan mereka yang jarang memakan bawang bombay.

4 dari 11 halaman

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Bawang bombay juga mendukung sistem pencernaan yang sehat karena kaya akan inulin, serat yang bertindak sebagai prebiotik. Berfungsi sebagai makanan untuk bakteri probiotik, mikroba menguntungkan dapat berkembang dengan baik dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Inulin juga membantu mencegah sembelit, membantu pengaturan gula darah, meningkatkan penyerapan nutrisi, hingga membantu penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

5 dari 11 halaman

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

©Shutterstock

Kandungan antioksidan dalam bawang bombay memang memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Salah satunya quercetin yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan melawan peradangan, menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah.

6 dari 11 halaman

Merawat Kesehatan Mulut

Bawang bombay sering digunakan untuk mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunyah bawang bombay mentah selama 2-3 menit untuk membunuh kuman yang ada di mulut. Bawang bombay memang telah terbukti memiliki sifat antibakteri berkat kandungan quercetin di dalamnya.

7 dari 11 halaman

Perawatan Kulit

©Shutterstock

Enggan memanfaatkan bawang bombay karena aromanya yang menempel pada tangan dan sulit dihilangkan? Kamu mungkin nggak akan menyangka jika ekstrak bawang bisa digunakan untuk melakukan perawatan kulit.

Campuran sari bawang bombay dengan madu atau minyak zaitun disebut sebagai metode terbaik untuk mengobati jerawat. Selain itu, manfaat antiinflamasi yang ada di dalam bawang bombay juga dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit.

8 dari 11 halaman

Meringankan Sakit Perut

Bawang bombay memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri sehingga dapat meredakan sakit perut dan sindrom lambung. Senyawa saponin di dalamnya bertanggungjawab menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan meredakan gangguan lambung dan memastikan sistem kerja usus berfungsi dengan lancar.

9 dari 11 halaman

Meningkatkan Manfaat Tomat

©Shutterstock

Ada beberapa bahan makanan yang jika digabungkan akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar. Salah satunya bawang bombay yang dapat meningkatkan nutrisi dalam tomat.

Para ilmuwan percaya senyawa belerang dalam bawang bombay meningkatkan penyerapan lycopene, antioksidan dalam tomat yang melindungi kanker dan jantung hingga menjaga kesehatan kulit. Untungnya, tomat dan bawang bombay mampu memberikan kombinasi lezat dalam telur dadar, salad, sup hingga tumisan.

10 dari 11 halaman

Trik Persiapkan Bawang Bombay

©Shutterstock

Apa manfaat bawang bombay yang ingin dibuktikan? Butuh dikonsumsi secara rutin, cara mempersiapkannya terkadang membuatmu kesulitan karena sering berhadapan dengan mata yang pedih. Zat kimia bernama syn-Propanethial-S-oxide bertindak sebagai agen lachrymatory yang bikin mata pedih dan memicu keluarnya air mata.

Jangan biarkan dirimu tersiksa gara-gara bawang bombay, jajal beberapa trik yang terbukti ampuh menguragi keluarnya air mata saat memotongnya. Mulai dengan mendinginkan bawang selama 30 menit baru kemudian potong bagian atasnya. Lanjutkan dengan mengupas lapisan luar dari bawang dan biarkan akarnya utuh karena bagian ini yang memiliki konsentrasi tertinggi gas pemicu air mata.

Selain itu, memotong bawang bombay di bawah aliran air atau dekat ventilasi udara yang dapat membantu mencegah sebagian gas mengenai mata. Hindari juga untuk menyentuh mata setelah menyentuh bawang untuk mencegah mata jadi perih, berair dan memerah.

11 dari 11 halaman

Cara Memanfaatkan Bawang Bombay

©Shutterstock

Bawang bombay menjadi bahan makanan pokok di dapur dan melengkapi sebagian besar hidangan. Memberikan rasa untuk hidangan gurih dan dapat dinikmati baik dalam kondisi mentah maupun matang, bawang bombay dapat dengan mudah meningkatkan asupan serat, vitamin dan mineral dalam pola makan sehari-hari.

Kebanyakan menggunakannya dalam kondisi mentah dalam isian sandwich atau sebagai topping salad. Selain itu, bawang bombay juga menjadi tambahan lezat untuk membuat salsa atau saus celup seperti guacamole ala Meksiko. Cara lainnya, coba tambahkan bawang yang sudah dimasak sebelumnya ke sajian telur seperti omelet, frittata atau quiche.

Irisan tipis bawang bombay yang dimasak hingga kecokelatan dan terkaramelisasi juga akan menambahkan rasa yang unik pada baked goods untuk mengimbangi citarasa yang gurih. Bisa juga memadukan bawang bombay dan bawang putih sebagai dasar untuk kaldu dan sup, menambahkan ke resep cabai untuk meningkatkan citarasa atau campurkan cacahan bawang bombay mentah dengan cuka dan minyak zaitun untuk salad dressing yang lezat.

Siapa bilang hidup sehat itu sulit atau butuh biaya besar? Mudah ditemukan, harga terjangkau dan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, tidak ada salahnya meningkatkan konsumsi bawang bombay. Baik dalam kondisi mentah atau dimasak, manfaatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk menjaga tubuh tetap sehat, bahkan merawat kecantikan kulit dan rambut. (eth)

Beri Komentar