Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi dan Anak secara Alami dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 7 Februari 2020 17:07
Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi dan Anak secara Alami dengan Cepat
Salah satu akibat dari sakit mata, yakni kamu harus pake kacamata hitam kemana mana.

Biasanya sakit mata ini gampang banget menular dan kamu bisa saja sakit mata karena ditularkan dari orang lain. Datangnya pun juga tiba-tiba banget, misalnya saat kamu bangun di pagi hari dan merasa mata kamu jadi lebih berat. Pas ngaca, waduh, mata kamu terlihat merah.

Nah sebelum mencari cara mengobati sakit mata, ada baiknya kamu mengerti kenapa sih sakit mata ini bisa terjadi. Sakit mata kemungkinan besar terjadi karena virus, bakteri, alergi, maupun karena iritasi mata.

Namun virus adalah penyebab yang paling umum, dan diikuti oleh bakteri. Sama halnya seperti flu, namun terjadi di mata, sakit mata ini biasanya diikuti dengan infeksi saluran pernapasan atas atau flu.

Sakit mata merah yang disebabkan oleh bakteri biasanya sering terjadi bersamaan dengan infeksi telinga atau radang. Nah, biasanya bikin mata jadi sering mengelurkan lendir dan jumlahnya cukup banyak dibandingkan dengan penyebab sakit mata lainnya.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat

Ilustrasi Mata

Sakit mata yang bikin mata merah nggak bisa ditutupi dengan mudah layaknya jerawat. Masak kamu mau menghadiri acara penting dnegan pakai kacamata hitam di malam hari? Oke, berarti kamu butuh cara mengobati sakit mata dnegan cepat.

Berobat ke Dokter

Kalau sakit mata kamu terjadi karena bakteri, maka cara mengobati sakit mata yang tercepat yakni dengan berobat ke dokter. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik tetes mata. Menurut ulasan dari Cochrane Database of Systematic Reviews, menggunakan obat tetes mata antibiotik sebagai cara mengobati sakit mata ternyata dapat mempersingkat durasi mata merah muda.

Sebagai catatan penting dalam cara mengobati sakit mata, yakni mata merah kamu tersebut mungkin akan hilang dengan sendirinya, bahkan jika itu bakteri.

Tetes Mata Antibiotik

Obat tetes mata ini sebaga cara mengobati sakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Kamu bisa mendapatkan lewat kunjungan ke dokter atau dengan membelinya di apotek. Sayangnya, obat ini nggak akan bisa jadi cara mengobati sakit mata kalau sakit tersebut disebabkan oleh virus, alergi, atau iritasi.

Tenangkan Mata

Saat sedang mengalami sakit mata, penting untuk menenangkan mata kamu sebagai cara mengobati sakit mata dan biar nggak menginfeksi mata yang satunyaa.

Jauhkan apapun yang kamu pakai di mata yang sakit, berada dekat dengan mata yang masih sehat. Selanjutnya untuk cara mengobati sakit mata, penting banget untuk cuci tangan kamu sebanyak mungkin, terutama setelah kamu menyentuh mata yang sakit.

Dilansir dari healthline.com, berikut langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengobati sakit mata dan membuatnay terasa lebih baik:

  • Letakkan waslap yang hangat dan lembab di atas mata yang sakit. Biarkan selama beberapa menit. Cara mengobati sakit mata berikut akan membantu melonggarkan lendir yang tersangkut dari mata sehingga kamu bsia membuka mata kamu
  • Cuci tangan dan gunakan kain lap basah yang baru di mata yang lain jika kedua mata terpengaruh.
  • Oleskan obat tetes mata, biasanya diberi label " air mata buatan," untuk setiap mata. Agar cara mengobati sakit mata lebih optimal, jangan biarkan ujung pipet menyentuh mata. Kalau sampai terjadi, buang pipet tersebut karena sudah terkontaminasi.
  • Cuci tangan kamu setelah menggunakan tetes mata.
  • Kalau sakit mata kamu juga diselingi dengan nyeri atau yang lainnya, maka sebagai cara mengobati sakit mata, ambil penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Nah, langkah-langkah tersbut masuk dalam cara mengobati sakit mata karena membantu meminimalkan iritasi. Artinya, kamu membantu tubuh kamu untuk berjuang melawan penyebab sakit mata ini.

Jangan Sampai Menulari Orang Lain

Sakit mata ini memang sangat menular. Kamu bisa menulari orang lain, atau bahkan tertular oleh orang lain sebelumnya. Nah kalau ada orang terdekat kamu sedang mengalami sakit mata, penting untuk kamu menjaga biar nggak tertular. Caranya?

  • Pakai handuk bersih setiap hari
  • Cuci tangan setelah bersentuhan dengan barang-barang yang berpotensi terkontaminasi dan setelah kamu menyentuh mata kamu.
  • Aduk lensa kontak yang mungkin bersentuhan dengan mata saat mata kamu mulai terasa sakit.
  • Aduk maskara dan bersihkan kuas riasan mata dengan sabun dan air untuk mencegah kontaminasi ulang.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak

Ilustrasi Anak Menangis

Sakit mata biasanya memang tidak berbahaya, walaupun mudah banget menular. Meski begitu kalau anak sudah mulai mengeluhkan sakit parah, perubahan penglihatan, pembengkakan di sekitar mata, atau sensitivitas terhadap cahaya, maka harus segera diperiksa

Mungkin memang sulit mmeberikan obat tetes mata ke anak. Kalau kamu kesulitan, cara mengobati sakit mata pada anak dengan obat tetes bisa kamu lakukan dengan meletakkan tetesan di sudut dalam mata tertutup.

Nahs saat si anak membuka mata, obat akan mengalir ke dalamnya. Namun kalau cara mengobati sakit mata dengan cara tersebut masih susah untuk dia, kamu bisa meminta rekomendasi obat tentang salep antibiotik, yang dapat ditempatkan di lapisan tipis tempat bertemu kelopak mata, dan akan meleleh dan masuk ke mata.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

Ilustrasi Sayuran

Banyak sekali informasi mengenai cara mengobati sakit mata dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sayangnya, hal ini sebaiknya nggak kamu lakukan karena nggak steril dan nggak ada acuan medisnya. Tapi kalau dokter mata kamu secara khusus sudah mengetahui langkah-langkah tersebut sebagai cara mengobati sakit mata, maka lakukan secara aman dan bertanggung jawab.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi

Ilustrasi Bayi

Jangan dikira kalau sakit mata hanya terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, karena bayi pun juga bisa mengalaminya. Bayi baru lahir bisa mengalami skait mata ini lho, biasanya antara 1 hari hingga 2 minggu setelah lahir. Kadang-kadang, ini karena penyebab luar seperti infeksi atau saluran air mata yang tersumbat.

Meski begitu, nggak jarang pula seorang ibu mungkin secara tidak sengaja memaparkan bayinya pada bakteri atau virus ketika bayi melewati saluran kelahirannya.

Saat bayi mengalamis akit mata, penting banget untuk segera membawanya ke dokter sebagai cara mengobati sakit mata. Biasanya dokter akan melakukan perawatan sebagai berikut:

  1. Oleskan Antibiotik atau Salep Mata
  2. Oleskan kompres hangat ke mata untuk mengurangi pembengkakan
  3. Basuh mata dengan larutan garam untuk mengurangi kelebihan lendir dan penumpukan nanah

Nah, kamu mungkin pernah mendengar di berbagai forum kalau ASI dapat diteteskan sebagai cara mengobati sakit mata pada bayi. Big No, ya! Sampai saat ini belum ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Cara mengobati sakit mata dengan ASI bahkan justru jauh lebih berbahaya. Karena mata bisa sangat sensitif untuk bayi, maka jangan menunda menemui dokter atau hanya mengandalkan cara mengobatis akit mata secara tradisional.

Orang yang merekomendasikan ASI untuk cara mengobati sakit mata bayi mengatakan kalau zat dalam ASI bisa menyembuhkan infeksi dan meredakan peradangan. Apakah ini benar? Nyatanya, sebuh penelitian menyebut kalau ASI ngak bsai sebagai cara mengobatis akit mata karena nggak bisa menyembuhkan infeksi, dan bahkan malah bsia memasukkan bakteri baru ke dalam mata.

Beri Komentar