Cara Menyikat Gigi Behel pada Anak dengan Baik dan Benar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 1 Februari 2020 12:24
Cara Menyikat Gigi Behel pada Anak dengan Baik dan Benar
Nggak cuman asal sikat doang, cara menyikat gigi harus kamu lakukan dengan benar biar terhindar dari segala masalah gigi dan gusi.

Mengapa sih sikat gigi doang banyak aturannya? Jadi begini. Saat kamu makan, sisa makanan yang ada di dalam mulut, lalu membusuk dan menyebabkan bakteri terbentuk di mulut dan gigi.

Jika bakteri ini terus ada di sana, maka akan terbentuklah plak. Plak akan perlahan mengikis gigi, ketika bersarang di antara gigi dan di bawah garis gusi, maka dapat menyebabkan penyakit gusi. Penyakit gusi pada akhirnya akan menyebabkan keropos tulang di sekitar gigi dan hilangnya gigi itu sendiri. 

Dengan cara menyikat gigi yang benar, artinya kamu memberikan pembersihan optimal untuk gigi kamu sehinga kamu akan terbebas dari penyakit gigi tersebut. Lalu, apa aja sih cara menyikat gigi yang benar itu?

1 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Ilustrasi sikat gigi

Begini lho cara menyikat gigi yang benar tuh..

Menggunakan Bulu Sikat yang Lembut

Dalam cara menyikat gigi yang benar, penting banget untuk memastikan kalau kamu menggunakan sikat gigi yang tepat. Kimberly Harms, seorang dokter gigi dari Farmington, MN, cara menyikat gigi yang benar dimulai dari pemilihan bulu sikat yang lembut.

" Bulu-bulu harus bisa ditekuk, untuk mendapatkan fleksibilitas untuk menjangkau area-area yang penting," ujarnya. Ditambah, bulu yang lembut akan membersihkan sangat efektif, lebih dari bulu keras. Bulu yang keras sebenarnya bisa merusak struktur gigi kamu.

Ukuran Sikat yang Sesuai dengan Mulut

Ukuran kepala sikat juga penting banget sebagai cara menyikat gigi yang benar. Ini harus kamu perhatikan terutama kalau kamu punya ukuran mulut yang kecil. Kuas juga memiliki berbagai ukuran pegangan dan sudut yang berbeda di mana beberapa lebih fleksibel daripada yang lain.

Jangan Menyikat Terlalu Keras

Karena gigi kamu bukan ubin lantai yang keras, jadi cara menyikat gigi yang benar bukan dengan menggosoknya kuat-kuat. Ini karena plak bersifat lunak dan longgar, jadi kamu nggak perlu ngoyo banget tiap menggosok gigi.

Menurut Matt Messina, seorang dokter gigi dari Fairview Park, OH, mengatakan, nggak ada salhanya mengganti kata 'menyikat gigi' dengan 'memijat gigi' untuk menghilangkan mental bahwa cara menyikat gigi yang benar yakni dengan benar-benar menyikatnya.

Jangan Terburu-Buru

Cara menyikat gigi yang benar dilakukan dengan minimal dua menit setiap kali menyikat gigi, minimal dua kali sehari.

Ilustrasi Sikat Gigi

 

Bulu Sikat yang Sudah Rusak

Terlalu cinta sama sikat gigi juga nggak bagus lho. Kamu perlu menggantinya dengan yang baru saat bentuk bulunya sudah bengkok, usang, atau kotor, sebagai cara menyikat gigi yang benar.

Ini karena bulu-bulu tersebut sudah kehilangan kekuatannya ketika bulu menjadi usang. Jadi buang sikat gigi kamu setidaknya setiap 3 hingga 4 bulan.

Melupakan Garis Gusi

Saat menyikat gigi kamu sering kali melupakan area garis antara gigi dengan gusi, padahal bakteri sering nongkrong di tempat ini.

Inilah mengapa dalam cara menyikat gigi yang benar, bulu harus bisa ditekuk. Karena area tersebut cuman ada di antara satu atau dua milimeter antara gigi dan gusi.

Membersihkan Lidah

Nggak terlalu banyak orang yang tahu kalau cara menyikat gigi yang benar itu berarti nggak boleh melupakan bagian lidah.

Jangan Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan

Banyak orang yang ingin sikat gigi setelah makan, padahal dalam cara menyikat gigi yang benar, kamu harus menunggu sekitar 15- 20 menit terlebih dulu.

Kenapa? Ini untuk memberikan waktu kepada air liur untuk membantu proses pencernaan makanan.

2 dari 4 halaman

sikat gigi

Nah, biar cara menyikat gigi kamu dilakukan dengan benar, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Persiapkan Sikat Gigi

Basahi sikat lalu beri pasta gigi. Kamu bisa menggunakan apa saja merek pasta gigi yang sesui dengan preferesni pribadimu.

Mulai dari Gigi Belakang

Mulailah dengan geraham atas, atau gigi belakang, di satu sisi mulut kamu dan kerjakan searah jarum jam. Arahkan bulu ke arah garis gusi dengan membentukkan sikat dengan sudut 45 derajat. Sikat menggunakan gerakan melingkar pendek selama sekitar 20 detik.

Pindah ke Gigi

Setelah 20 detik, pindahkan sikat ke gigi sehingga bulu-bulu menyapu permukaan gigi, menghilangkan plak dan partikel makanan.

sikat gigi

Searah Jarum Jam

Cara menggososik gigi yang benar yakni dengan menggosoknya atas bawah searah dengan jarum jam. Ulangi langkah dua dan tiga untuk di dalam permukaan geraham atas dan bawah.

Sikat di Balik Gigi Depan Atas

Sebagi cara menyikat gigi yang benar, jangan lupakan sisi gigi yang ini ya. Arahkan bulu ke arah garis gusi dan gunakan gerakan menjentikkan ke permukaan gigi. Ulangi ini dua atau tiga kali untuk pembersihan yang lebih menyeluruh.

Sikat di Balik Gigi Depan Bawah

Arahkan bulu ujung sikat gigi ke arah garis gusi dan jentikkan bulu ke atas dan menjauh dari garis gusi dengan gerakan menyapu. Ulangi langkah ini dua atau tiga kali lagi.

Sikat Permukaan Atas

Selanjutnya dalam cara menyikat gigi, sikat bagian atas, permukaan gigitan gigi molar atas dan bawah menggunakan gerakan melingkar.

3 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi Behel yang Benar

Kawat Gigi

Behel dikaitkan dengan tujuan kesehatan dan kecantikan. Tapi kalau cara menyikat gigi behel tidak kamu lakukan dengan benar, hal ini justru akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kamu.

Gunakan Sikat Gigi Khusus

Memakai behel membuat beberapa area gigi jadi lebih sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa. Makanya dalam cara menyikat gigi yang benar, kamu harus menggunakan sikat gigi khusus.

Biasanya sikat gigi ini kecil dengan bulu halus. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor untuk mencegah kerusakan dan pemutihan gigi untuk mencegah gigi menguning.

Pembersihan Optimal dengan Kawat

Selain menyikat gigi, sebagai cara menyikat gigi biasanya dokter gigi akan menyarankan kamu untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini untuk menghindari plak dan karang gigi.

Obat Kumur

Tutup cara mengikat gigi dengan obat kumur untuk memastikan kebersihan gigi dan mulut lengkap.

4 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Benar pada Anak

ilustrasi anak sikat gigi

Kamu sudah bisa mengenalkan sikat gigi pada anak dengan sikat gigi yang lembut, saat usianya mulai 12 bulan atau lebih. Kamu bisa tahu kalau cara menyikat gigi tidak dilakukan dengan benar saat terjadi gusi merah dan bengkak
dan lapisan putih berbulu di atas gigi.

Berikut langkah dan cara menyikat gigi yang benar bagi anak untuk usia 18 bulan sampai 6 tahun.

Oleskan pasta gigi khusus anak seukuran kacang polong ke sikat gigi anak-anak yang lembut.

Selanjutnya, dudukkan anak di pangkuan, atau berdidi di belakang anak. Miringkan kepala anak sehingga kamu dapat melihat semua permukaan gigi.

Arahkan bulu sikat gigi ke arah gusi. Gerakkan kuas dalam lingkaran lembut untuk membersihkan sisi luar gigi dan gusi.

Gosokkan dengan lembit dalam gerakan melingkar di bagian dalam gigi dan gusi.

Selanjutnya dalam cara menyikat gigi, Sikat ke belakang dan ke depan pada permukaan gigi geraham.

Setelah selesai, arahkan dia untuk berkumur.

 

Beri Komentar