Manfaat Jamur Shitake Buat Kesehatan, Sering Jadi Pengganti Daging Buat Menu Vegan

Reporter : Wuri Anggarini
Sabtu, 8 Februari 2020 18:21
Manfaat Jamur Shitake Buat Kesehatan, Sering Jadi Pengganti Daging Buat Menu Vegan
Cari tahu manfaatnya di sini, yuk!

Kini, makin banyak orang yang menjajal pola makan vegan dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, kacang dan umbi-umbian sebagai sumber tenaga dan nutrisi. Salah satu bahan makanan yang banyak ditemui dalam resep-resep vegetarian adalah jamur shitake. Memiliki tekstur yang meaty, jamur yang didominasi warna cokelat tua itu sering dipakai untuk menggantikan daging.

Banyak dibudidayakan di Jepang, Selma ratusan tahun jamur ini telah menjadi bahan makanan yang populer di Asia, terutama Jepang. Di Cina, jamur ini juga digunakan untuk pengobatan tradisional dan dikenal sebagai simbol Asia untuk umur yang panjang. Menjadi jamur kedua yang paling banyak dibudidayakan di dunia, bukan hanya terkait erat dengan citarasanya yang lezat, tapi juga manfaat jamur shitake untuk kesehatan. Apa saja?

1 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Gaya hidup masyarakat modern sedikit banyak mempengaruhi kesehatan, terutama jantung. Pola makan tinggi lemak dan kalori, gampang stres, dan kurang berolahraga bikin kadar kolesterol dalam tubuh tinggi dan berisiko mengalami penyakit jantung.

Manfaat jamur shitake dapat meningkatkan kesehatan jantung berkat 3 senyawa di dalamnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Seperti eritadenine yang menghambat enzim yang terlibat dalam memproduksi kolesterol, sterol yang menghambat penyerapan kolesterol, dan beta-glukan yang efektif menurunkan kolesterol. Jamur shitake juga mengandung fitobutrien kuat yang mencegah plak menempel di pembuluh darah, menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan sirkulasi darah.

2 dari 10 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

©Shutterstock

Banyaknya bakteri dan virus penyakit mengancam kekebalan tubuh. Selain mendukung daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat, pola makan yang sehat juga perlu dibiasakan. Salah satu bahan makanan yang bisa dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari adalah jamur shitake.

Jamur ini memuliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi banyak penyakit dengan cara menyediakan vitamin, mineral, dan enzim yang penting. Riset memperlihatkan konsumsi dua shitake kering setiap hari, dapat memperbaiki daya tahan dan mengurangi risiko peradangan. Efek kekebalan ini dipercaya disebabkan oleh salah satu polisakarida dalam jamur shiitake.

3 dari 10 halaman

Mencegah Kanker

Jamur dikenal memiliki potensi untuk dijadikan kanker berkat kandungan polisakarida di dalamnya. Manfaat jamur shitake untuk mencegah kanker berasal dari kandungan lentinan yang terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia. Bahkan di Cina dan Jepang, lentinan telah digunakan bersama dengan kemoterapi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

4 dari 10 halaman

Antibakteri dan Virus

©Shutterstock

Selain menjaga kekebalan tubuh, beberapa senyawa di shiitake memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Manfaat jamur shitake ini mulai dipelajari dalam berbagai penelitian, seiring dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap penolakan antibiotik oleh tubuh saat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

5 dari 10 halaman

Sumber Vitamin D

Mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, mempertahankan berat badan yang sehat, mempertahankan fungsi otak seiring bertambahnya usia, dan mengurangi risiko gangguan kesehatan pada tulang. Biasa didapatkan lewat salmon, susu dan telur, jamur pun menjadi sumber vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian.

Manfaat jamur shitake untuk menyediakan asupan vitamin D bisa didapat dari empat jamur kering shitake. Dalam satu porsi sekitar 15 gram, jamur shitake dapat memenuhi 6persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

6 dari 10 halaman

Mencegah Obesitas

©Shutterstock

Pola makan tinggi kalori, gula dan lemak disertai gaya hidup yang kurang aktif dapat meningkatkan risiko obesitas atau kelebihan berat badan. Bukan hanya mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri, kondisi ini juga mengancam kesehatan.

Sebelum terlambat, mulai dengan memperbaiki pola makan salah satunya dengan memasukkan manfaat jamur shitake. Komponen tertentu dari jamur shitake memiliki efek hipolipidemik atau kemampuan untuk mengurangi lemak, seperti eritadenine. Serat makanan larut ini juga ditemukan di barley, gandum hitam dan gandum. Selain itu, jamur shitake juga mengandung b-glukan yang dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan, dan mengurangi kadar lemak.

7 dari 10 halaman

Tingkatkan Energi dan Fungsi Otak

Jamur shitake adalah sumber vitamin B yang dapat memicu proses mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi yang bisa digunakan. Kadar vitamin B yang cukup juga membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan mempertahankan konsentrasi sepanjang hari, bahkan meningkatkan kinerja kognitif.

Menambahkan jamur shiitake ke dalam menu makanan sehari-hari dapat memberi tambahan vitamin B yang dibutuhkan. Dalam 4 jamur kering atau 15 gram, dapat memenuhi 33persen dari kebutuhan vitamin B5 dan 7 persen kebutuhan vitamin B6.

8 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

©Shutterstock

Kombinasi selenium, vitamin A dan C terbukti mampu mengurangi jerawat dan bekasnya. Dalam seratus gram jamur shitake mengandung 5,7 miligram selenium, yang merupakan 8 persen dari kebutuhan harian. Sementara kandungan kandungan zinc dalam jamur bukan hanya menjaga kekebalan tubuh tapi juga mempercepat penyembuhan kulit.

9 dari 10 halaman

Mempersiapkan Jamur Shitake

©Shutterstock

Termasuk bahan masakan yang serbaguna, jamur shitake mudah ditemukan di sebagian besar toko bahan makanan, baik dalam bentuk mentah, sudah matang atau dikeringkan. Saat membeli jamur ini, cari yang bertekstur padat dan hindari yang terlihat licin atau keriput.

Simpan dalam kantung atau wadah tertutup akan membuatnya segar selama sekitar seminggu. Apabila memilih jamur kering, simpan dalam kantung tertutup dan simpan di kulkas atau freezer agar tetap bisa digunakan hingga setahun.

Saat mempersiapkan jamur shitake, potong bagian batang karena terlalu berkayu untuk dimakan. Jangan dibuang, gunakan saja untuk membuat kaldu sayuran. Pastikan untuk membilas jamur secara menyeluruh dan dapatkan manfaat jamur shitake untuk kesehatanmu.

Untuk jamur kering, dan rendam dalam mangkuk berisi air panas selama 10 menit untuk menghilangkan residu dan bilas. Jamur shitake siap ditambahkan untuk berbagai hidangan berat maupun kudapan.

10 dari 10 halaman

Berbagai Ide Olah Jamur Shitake

©Shutterstock

Manfaat jamur shitake wajib dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk menjaga kesehatanmu. Untungnya, cara mempersiapkan maupun mengolahnya tidak terlalu sulit. Coba campurkan saat membuat telur dadar atau tambahkan ke dalam sup untuk tambahan nutrisi.

Buat nasi merah atau quinoa dengan tambahan jamur shitake, bawnag putih, parutan jeruk lemon dan minyak zaitun yang dapat menambah gizi sekaligus meningkatkan citarasanya. Ingin membuat salad lezat? Bisa banget cukup kombinasikan potongan jamur shitake dengan selada, potongan dada ayam panggang dan kacang almond atau kenari panggang untuk memberikan sensasi renyah.

Buat penyuka hidangan tumisan yang mudah dan lezat, masak jamur shitake, banyak sayuran dan sumber protein favoritmu seperti udang, ayam atau daging sapi. Tambahkan ke hidangan pasta atau panggang untuk lauk atau camilan yang renyaj. Jamur shitake akan memberikan rasa umami atau gurih yang unik sehingga dapat memberikan citarasa yang lezat tanpa penambahan terlalu banyak minyak atau lemak.

Ada begitu banyak manfaat jamur shitake yang baik buat kesehatanmu. Tidak ada salahnya mencontek ide-ide untuk mengolah jamur shitake dan mendapatkan khasiatnya bagi tubuh. (eth)

Beri Komentar