Pound Fit Malang Ajak Masyarakat Konsisten Olahraga untuk Jaga Kesehatan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 12 Agustus 2024 08:59
Pound Fit Malang Ajak Masyarakat Konsisten Olahraga untuk Jaga Kesehatan
Olahraga Pound Fit kini memang sedang banyak digandrungi semua kalangan. Seperti apa olahraga ini? Yuk kita cari tahu di Komunitas Pound Fit Malang!

Pound Fit jadi salah satu olahraga baru yang cukup ngetrend saat ini. Bahkan di beberapa kota sudah ada komunitas Pound Fit yang ingin mengenalkan kepada masyarakat seperti apa olahraga ini.

Salah satunya adalah komunitas Pound Fit Malang. Komunitas yang berbasis di Kota Malang ini sukses mengajak masyarakat kota Malang untuk melek olahraga sekaligus mengenalkan apa itu Pound Fit.

Nah, bagi diazens yang belum begitu paham apa itu Pound Fit, yuk kita kenalan dulu.

1 dari 7 halaman

Tentang Pound Fit

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Pound Fit sendiri merupakan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT). Gerakan yang mencolok dan membuatnya berbeda dengan olahraga lain adalah menggunakan alat pukul seperti stik drum yang Pound Fit mania menyebutnya dengan Ripstix.

Gerakan memukul inilah yang akan menggerakan seluruh bagian tubuh sehingga hampir semua otot akan terlatih. Tentu saja dengan gerakan intensitas tinggi akan menyehatkan badan.

2 dari 7 halaman

Pound Fit Malang

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Pound Fit Malang pertama kali berdiri pada September 2023. Awalnya, Ajeng Inas Safitri, founder dari Pound Fit Malang, dikenalkan oleh temannya yang hendak mengambil lisensi untuk menjadi Pound Pro atau instruktur Pound.

Melihat olahraga ini cukup menarik, tercetuslah ide untuk mengenalkannya kepada Masyarakat Malang. Setelah temannya mendapat lisensi Pound Pro, Ajeng akhirnya membuat Komunitas Pound Fit Malang.

Setelah komunitas ini terbentuk dan mulai melakukan latihan reguler, Ajeng cukup kaget karena ternyata antusias warga Malang terhadap Pound Fit begitu besar. Itulah yang membuat Ajeng dan temannya semangat dan akhirnya bisa membangun Pound Fit Malang dan bertahan hingga sekarang. Bahkan, saat ini anggota dari Pound Fit Malang sudah ada sebanyak 792 member.

3 dari 7 halaman

Kegiatan Rutin Komunitas Pound Fit Malang

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Sebagai sebuah komunitas, Pound Fit Malang memiliki kegiatan rutin. Salah satunya adalah latihan rutin yang mereka lakukan setiap hari Rabu Malam pukul 19.00 dan juga Sabtu pagi pukul 07.00.

Selain dari latihan rutin, Pound Fit Malang juga memiliki agenda seperti event yang mereka lakukan di hari-hari lain. Kegiatan event ini pun melibatkan banyak orang gak hanya member tetapi juga orang lain bahkan menggandeng sponsor.

Meskipun Pound Fit Malang merupakan komunitas yang masih terbilang baru, namun antusiasme peserta bisa dibilang cukup banyak. Ajeng mengatakan bahwa dalam setiap sesi latihan bisa diikuti oleh 50-80 peserta.

4 dari 7 halaman

Selalu Memberi Kejutan Kepada Member

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Salah satu hal yang menjadi pembeda Pound Fit Malang dengan komunitas olahraga lain tentu saja adalah Pound Fit itu sendiri. Olahraga Pound yang terbilang baru dan cukup unik ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan badan. Gerakannya yang berbeda dari olahraga pada umumnya tentu akan memberikan pengalaman baru bagi para anggotanya.

Selain itu, Pound Fit Malang juga memiliki perbedaan dengan komunitas-komunitas lain. Selain ingin memberikan manfaat kesehatan untuk para member, mereka juga selalu ingin memberikan benefit berupa gift untuk para member. Dengan begitu, para member Pound Fit Malang akan lebih nyaman bergabung dengan komunitas.

" Kita lebih banyak mencari sponsor agar bisa memberikan benefit kepada para peserta Pound Fit Malang. Setiap sesi latihan, Pound Fit Malang mengusahakan untuk memberikan gift kepada member berupa voucher atau souvenir-souvenir menarik sesuai dengan sponsor yang support acara," terang Ajeng.

5 dari 7 halaman

Cerita Memorable

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Ajeng mengatakan bahwa setiap ada acara Pound Fit selalu ada hal yang menarik. Bahkan, setiap latihan yang mana ia bisa mendatangkan 50-80 orang, ia merasa takjub ternyata Pound Fit cukup banyak digemari dan kesadaran masyarakat akan kesehatan masih besar.

" Pas aku lihat 50 orang berkumpul untuk olahraga, aku tuh kayak kok bisa ya, orang-orang ngumpul di satu tempat untuk olahraga. Jadi hampir setiap sesi latihan, aku selalu merasa kagum," ungkap lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang itu.

Dan yang paling membuat Ajeng takjub adalah ketika berhasil mendatangkan sekitar 100 lebih peserta Pound Fit padahal saat itu hanya latihan reguler. Semangat orang-orang dalam berolahraga itu ternyata yang membuatnya tetap semangat dalam mengurus komunitas ini.

" Saat itu ada 125 peserta yang hadir itu seperti " wow" banget. Ternyata orang-orang seantusias ini sama olahraga Pound Fit," tambahnya.

6 dari 7 halaman

Pound Fit Olahraga untuk Semua Orang, Bukan untuk Cewek Aja!

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Komunitas Pound Fit Malang memiliki harapan agar antusiasme warga Malang untuk Pound FIt ini gak selesai sampai di sini aja, tetapi bisa terus berlanjut agar masyarakat bisa terus melek akan kesehatan.

" Aku berharap masyarakat tetap antusias, ya. Gak cuma waktu hype aja, atau cuma buat konten aja, setelah itu selesai. Harapanku orang-orang masih stay dan konsisten di olahraga ini," ungkapnya.

Selain itu, Ajeng dan Pound Fit Malang juga punya keinginan untuk bisa menggaet masyarakat lebih luas lagi, khususnya untuk laki-laki. Ke depannya, mereka ingin membuat project Pound For Men dengan tujuan ingin memberitahu masyarakat bahwa Pound Fit itu olahraga untuk semua kalangan, gak cuma cewek aja.

" Aku melihat karena banyak cowok yang penasaran terhadap Pound Fit, tapi karena mereka malu isinya cewek semua, akhirnya aku ingin bikinkan project Pound Fit tapi khusus cowok aja," jelas Ajeng.

7 dari 7 halaman

Yuk Gabung Pound Fit Malang!

Pound Fit Malang© dok. Pound Fit Malang

Nah, bagi Diazens yang kebetulan lagi berada di Malang, bisa banget nih gabung dengan Pound Fit Malang. Gak ada syarat khusus untuk bisa join. Siapa aja boleh ikut.

Kamu cukup kepoin instagram @poundfitmlg lalu bisa lihat link di bio instagram. Setelah itu, kamu bisa mengisi google form dan kamu akan terdaftar di Pound Fit Malang.

Untuk jadwal latihan reguler setiap Rabu jam 19.00 di UB Sport Center Malaang, dan Sabtu pukul 07.00 pagi di Apartement Soekartno Hatta Malang. Jadwal latihan dan lokasi bisa berubah sewaktu-waktu, untuk itu, gak usah sungkan kepoin instagram @poundfitmlg untuk info lebih lanjut.

Saat latihan, kamu cukup bawa kartu identitas untuk nanti ditukarkan dengan Rpistix. Jangan lupa untuk bawa air minum dan juga matras sendiri, ya!

Gimana diazens? Tertarik? Yuk join!

Beri Komentar