Proses Pembentukan Urine pada Manusia dan Mengenal Sistem Kemih

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 17 Juli 2020 17:23
Proses Pembentukan Urine pada Manusia dan Mengenal Sistem Kemih
Setiap orang pasti mengalami proses pembentukan urine untuk dikeluarkan.

Proses pembentukan urine dialami semua manusia setiap harinya yang mana untuk membuang zat-zat sisa metabolisme. Urine sendiri merupakan hasil sisa metabolisme yang diekskresikan atau dikeluarkan oleh ginjal dari tubuh manusia melalui perkemihan atau urinaria.

Urine ini mengandung zat-zat yang sudah tidak dipakai atau tidak lagi dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu perlu dikeluarkan karena bisa meracuni tubuh. Nah, proses pembentukan urine ini merupakan salah satu cara alami untuk mengeluarkan racun serta kelebihan air demi memelihara kesehatan tubuh.

1 dari 6 halaman

Proses Pembentukan Urine pada Manusia

Proses Pembentukan Urine pada Manusia
Proses pembentukan urune terbentuk dari hasil sisa metabolisme tubuh yang diekskresikan oleh ginjal dalam tubuh manusia. Ginjal yang ada di sistem kemih manusia ada dua. Selain itu juga ada ureter, satu uretra dan satu kandung kemih.

Energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia diserap dan disaring nutrisinya. Sedangkan sisanya yang berupa limbah dibuang oleh sistem kemih manusia juga menjaga bahan kimia yang masih diperlukan tubuh.

Untuk saluran ureter memiliki peran menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Nah, di kandung kemih inilah tempat menyimpan urine yang nantinya dikeluarkan melalui uretra.

2 dari 6 halaman

Nah, proses pembentukan urine pada manusia itu ada tiga tahap, yaitu:

Proses Filtrasi

Proses Pembentukan Urine
Filtrasi atau penyaringan merupakan tahap pertama proses pembentukan urine dengan menyaring darah dari zat-zat metabolisme tubuh. Zat-zat tersebut antara lain, urea, air dan klorin yang bisa menjadi racun. Oleh sebab itu harus dikeluarkan dari tubuh, salah satunya melalui urine.

Proses filtrasi ini terjadi di badan malphigi yang mana terdapat glomerulus dan kapsula bowman. Kedua bagian ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri guys.

Glomerulus berfungsi sebagai tempat penyaringan garam, air, glukosa, urea dan asam amino. Sedangkan kapsula bowman tempat selanjutnya penyaringan yang menghasilkan urine prime.

3 dari 6 halaman

Proses Reabsorpsi


Reabsorpsi atau penyerapan kembali merupakan tahap selanjutnya setelah penyaringan yang terjadi di tubulus kontortus proksimal. Urine primer tadi nggak semuanya dibuang, melainkan menuju proses penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna untuk tubuh, misalnya glukosa, asam amino, air, dan sebagainya.

Hasil dari proses pembentukan urine reabsorpsi ini merupakan urine sekunder yang mengandung sisa nitrogen, urea dan air. Kemudian akan masuk ke lengkung henle untuk tahap osmosis air. Sehingga kadar urine nantinya akan berkurang dan warnanya menjadi lebih pekat.

4 dari 6 halaman

Proses Augmentasi


Tahap yang terakhir dari proses pembentukan urine yaitu augmentasi atau pengendapan. Di sini, urine akan menjadi lebih pekat lagi. Kemudian terjadi pengendapan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh untuk dialirkan melalui pelvis renalis, ureter dan vesica urinaria untuk menampung sementara.

Setelahnya hasil dari proses pengendapan ini adalah urine sesungguhnya dengan kandungan urea, asam urine, amonia, sisa pembongkaran protein dan zat-zat yang berlebih dalam darah. Misalnya saja seperti vitamin, hormon, garam mineral dan obat-obatan yang harus dibuang.

5 dari 6 halaman

Proses Pembentukan Urine pada Ginjal

Proses Pembentukan Urine pada Ginjal
Selain ada tiga tahapan proses pembentukan urine pada manusia, berikut ini organ yang bekerja dalam sistem kemih manusia.

Ginjal


Organ yang berbentuk seperti kacang merah ini terdapat dua buah dalam tubuh manusia. Letaknya ada di kedua sisi tulang belakang di bawah tulang iga. Nah, di dalam ginjal seenggaknya ada satu juta nefron yang berperan menyaring darah dan menghasilkan limbah berbentuk urine.

Kandung Kemih


Di kandung kemih, urine ditampung yang melalui ureter dari ginjal. Bentuk kandung kemih menyerupai balon yang mana sifatnya elastis. Ia bisa mengecil saat tidak ada urine dan bisa membesar sampai bisa menampung 400-600 mL urine.

6 dari 6 halaman

Ureter


Nah kalau organ berbentuk tabung ini yang berperan menghubungkan ginjal dengan kedua sisi kandung kemih. Panjang di tubuh orang dewasa bisa mencapai 25-30 cm loh!

Uretra


Uretra merupakan saluran kemih seperti tabung yang jumlahnya ada satu. Di sinilah nantinya urine keluar. Letaknya ada di bagian ujung penis pada pria, sedangkan wanita di antara klitoris dan vagina.


Ukuran pada perempuan dan laki-laki juga bebreda loh. Uretra pada perempuan memiliki panjang 4 cm. Sedangkan pada tubuh laki-laki panjangnya bisa mencapai 15-25 cm.

Jadi, itu tadi proses pembentukan urine pada manusia beserta organ-organ yang berperan di dalamnya.

Beri Komentar